Ini Dia Konten Word of Mouth yang Efektif Bagi Marketing Bisnis Anda

User Generated Content

Sebuah konten dalam tindakan inbound marketing akan dianggap berhasil saat terdapat interaksi serta testimoni nyata dari pembacanya, atau dengan kata lain, dari prospek yang merupakan target customer dari bisnis Anda. Hal ini dapat diwujudkan dengan adanya strategi SEO untuk meningkatkan ranking penemuan website Anda di Google search atau serach engine sejenisnya. Strategi SEO ini tidak bisa hanya berpatokan pada kata kunci yang sesuai serta permainan backlink yang konsisten. Sebaliknya, ranking SEO bisnis Anda di dunia maya juga akan semakin baik saat Anda memperoleh apa yang disebut sebagai user generated content atau konten word of mouth dari orang yang mengunjungi situs, membaca konten maupun yang pernah menggunakan produk Anda, yang dibedakan menjadi tiga jenis:

  1. Review dari customer

Salah satu yang memegang pengaruh besar dalam ranking bisnis Anda di search engine adalah adanya reviews terpercaya dan nyata, berupa testimoni dari orang-orang yang memang pernah menggunakan produk Anda. Anda dapat pula memanfaatkan situs yang khusus menampung review customer seperti Google Review atau Yelp. Selalu minta feedback dari customer Anda untuk menambah ranking SEO Anda setelah Anda memberikan servis yang layak dan baik bagi nama brand Anda.

User Generated Content
Sumber gambar: insitesoft.com
  1. Via postingan social media

Anda tentu sudah tahu, berapa banyak trafik yang didatangkan oleh media sosial yang diakses dan digunakan hampir setiap detik oleh jutaan orang di berbagai bagian dunia. Dengan merancang konten yang dapat memicu terjadinya diskusi antar orang-orang yang ada di media sosial, otomatis nama brand bisnis Anda akan dikenal. Untuk menyambut trafik tersebut, bisnis Anda perlu memiliki platform dan keberadaan yang nyata dalam media sosial resmi. Sediakan sumber daya yang akan berperan sebagai penjawab dan persepon bagi customer yang sudah datang ke media sosial Anda demi menjaga hubungan baik dan agar tidak melewatkan kemungkinan terjadinya pembelian via media sosial.

User Generated Content
Sumber gambar: jeffbullas.com
  1. Melalui konten yang memicu pembaca untuk melakukan share

Konten yang memiliki pemicu kuat bagi orang yang menemukannya untuk melakukan share biasanya akan hadir dalam bentuk video, foto atau artikel yang menarik. Semakin sering konten yang mengatasnamakan brand Anda mendapatkan jumlah share, maka semakin banyak link yang tercipta dan terarah ke situs bisnis Anda, semakin tinggi ranking situs Anda di search engine serta keywords yang memunculkan situs atau postingan bisnis Anda. Karenanya, untuk memungkinkan terjadinya hal ini, selalulah berupaya menghasilkan konten yang sekiranya menarik bagi orang-orang untuk memilih tombol share dan melakukan promosi untuk brand Anda.

Sebagai pelaku marketing dan sales, Anda tidak bisa mengabaikan pentingnya SEO bagi situs bisnis Anda. Semakin tinggi ranking yang Anda peroleh di search engine ketika orang yang memerlukan jasa atau produk Anda memasukkan keywords, maka semakin mungkin Anda menjadi pilihan calon customer Anda.

You may also like

0 comments