Headline Penjualan yang Efektif Menghasilkan

Sales Headlines

Apakah Anda seorang sales atau marketer yang juga menulis? Jika ya, selamat datang di dunia copywriting dan trik penjualan via internet yang berakar kuat pada content marketing. Untuk dapat meningkatkan efektivitas penjualan, copywriting yang baik di dunia online sangat bergantung kepada headline alias judul, atau bagian pertama yang pasti dilihat dan memotivasi orang yang menemukan konten Anda untuk melakukan klik.

Dalam riset yang pernah diungkapkan oleh pendiri Ogilvy Advertising, David Ogilvy, sebanyak lima orang membaca artikel hanya dari headline-nya saja. Kesulitan yang sering dialami oleh sales maupun marketer adalah menentukan sales headline yang benar-benar mewakili sekaligus menjual produk tanpa membuat pembaca merasa ‘ditodong’ atau ‘dipaksa membeli’. Begitu pentingnya sebuah headline, sekitar 80% performa sebuah konten datang secara eksklusif dari headline yang baik.

Bagaimana cara Anda membuat headline yang menguntungkan dan memungkinkan untuk menangkap perhatian mereka yang membacanya? Fokus utama Anda pertama-tama harus ada pada headline yang benar-benar membuat orang yang membaca berhenti untuk mengklik, dan melanjutkan untuk membaca sampai habis. Untuk membantu Anda membuat headline yang terbaik, berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang harus Anda jawab:

  1. Siapa yang akan peduli pada headline ini?

Pertanyaan ini harus Anda tanyakan untuk dapat benar-benar mengetahui secara spesifik siapakah target audiens yang ingin Anda jangkau. Kira-kira, siapa yang akan peduli akan isi dari konten Anda, berusia berapa tahun dan akan memberikan manfaat apa bagi mereka? Jawab dahulu pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk menghasilkan konten menarik dengan headline yang tepat sasaran

  1. Apa yang akan membuat calon customer Anda merasa senang atau menjawab kesenangannya?

Biasanya, pertanyaan ini akan menuntun Anda pada jawaban berupa konten yang berisikan inspirasi, pencapaian, keberhasilan secara fisik maupun finansial, kemampuan untuk menghemat waktu atau uang dan mendapatkan keuntungan-keuntungan lainnya, yang pada akhirnya dapat dikaitkan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sales Headlines
Sumber gambar: webds.com
  1. Apakah rasa sakit atau ketidaknyamanan yang ingin diatasi oleh customer Anda?

Headline yang menargetkan rasa sakit customer ini biasanya akan dijawab dengan konten yang berisikan cara mengatasi hal-hal yang tidak diinginkan untuk terjadi, cara menghindarinya, baik itu berupa rasa sakit, rasa malu atau rasa ketidaknyamanan secara emosional, finansial maupun akibat kebosanan. Headline yang bisa mensolusikan rasa sakit yang dialami merupakan headline yang cukup kuat untuk menarik perhatian customer dan melakukan pembelian.

  1. Cobalah hal-hal berikut ketika Anda buntu menulis headline yang menjual:
  • Headline yang memicu munculnya rasa penasaran terhadap isinya.
  • Headline yang menjanjikan suatu keuntungan yang bukan omong kosong belaka.
  • Headline yang memberikan jaminan untuk menghadirkan solusi yang dibutuhkan customer Anda.
  • Headline yang mewakili adanya cerita untuk disampaikan dan cukup menarik bagi target audiens Anda.
  • Headline yang membahas mengenai seseorang yang cukup dikenal atau acara yang terkenal. Headline yang seperti ini cocok untuk momen-momen acara besar yang ingin Anda jadikan kendaraan untuk memasarkan produk.
  • Sebutkan di dalam headline, kata kunci soal produk Anda yang dapat menarik audiens Anda.
  • Jadikan headline yang Anda tulis sebagai pengumuman penting yang tidak boleh dilewatkan oleh audiens Anda.
Sales Headlines
Sumber gambar: flyingpointdigital.com

Mana yang paling dapat Anda aplikasikan pada sales Anda?

You may also like

0 comments