Kesalahan Pemula dalam Sales yang Harus Dihindari

Rookie Mistake

Entah Anda adalah seorang pemula atau sudah malang melintang di dunia sales dan marketing, kesalahan-kesalahan di dunia sales ini sangat mungkin Anda alami. Sebenarnya, kesalaha-kesalahan ini lebih sering dialami oleh mereka yang baru saja berkecimpung  di dunia sales, namun masih dapat terjadi tanpa disengaja saat seseorang sudah memiliki jam terbang yang tinggi sekalipun.

Menjual memiliki seni tersendiri, dan kesalahan dan ketidaksempurnaan kadang masih juga terjadi. Namun, ada yang bisa Anda lakukan untuk setidaknya meminimalisir kesalahan dengan mengenal empat kesalahan pemula dalam sales ini dan berusaha menghindarinya.

  1. Bertemu prospek tanpa ada persiapan matang

Tidak mempersiapkan diri pasti merupakan kesalahan utama semua sales yang kadang luput dari perhatian. Jangan pernah datang ke presentasi sales tanpa mempersiapkan diri. Kenali produk yang akan Anda tawarkan dan kenali prospek yang akan Anda temui. Dengan mengetahui kedua sisi ini, Anda dapat menyesuaikan agar bahasa Anda dalam menjelaskan produk dapat menjawab kebutuhan prospek Anda untuk melakukan deal dengan Anda. Jangan pernah terlihat mencari-cari informasi dan bekali diri Anda dengan berbagai kemungkinan pertanyaan yang dapat muncul. Miliki presentasi cadangan dalam format yang berbeda kalau-kalau presentasi yang pertama mengalami error.

  1. Bingung dalam membedakan penjualan dan hiburan

Anda memang harus menunjukkan pribadi yang ramah dan mudah disukai oleh prospek Anda, tapi jangan terbawa perasaan dan situasi hingga Anda melupakan bahwa tujuan pertemuan Anda adalah untuk melakukan penjualan. Ingat bahwa tugas utama Anda adalah untuk menginformasikan mengenai produk Anda dan meyakinkan prospek akan manfaat produk Anda. Anda boleh menghibur prospek agar mereka tertarik dan mau menghabiskan waktu dengan Anda, namun jangan lupa untuk mencapai goal utama Anda.

Rookie Mistake
Sumber gambar: labs.openviewpartners.com
  1. Membiarkan pikiran negatif menguasai Anda

Dalam pertemuan sales, Anda dapat menghadapi penolakan yang negatif dari prospek, dan hal ini dapat dengan mudah mempengaruhi Anda. Tidak jarang, saat sedang berusaha menawarkan produk pada prospek, Anda kelepasan berbicara mengenai keburukan kompetitor atau kegagalan yang pernah terjadi di masa lalu pada produk Anda, namun Anda menyalahkan pihak lain. Menunjukkan sisi negatif malah akan merugikan brand Anda dan reputasi Anda sebagai seorang sales. Pastikan presentasi Anda selalu bernada positif dan bersemangat, berfokus pada tujuan utama dan masa depan. Saat muncul masalah ketika Anda melakukan presentasi pada prospek Anda, bersikaplah penuh tanggung jawab tanpa mengendurkan keyakinan Anda pada hal yang akan Anda presentasikan agar prospek lebih menghargai Anda.

Rookie Mistake
Sumber gambar: smallbiztrends.com
  1. Menunda terjadinya deal

Kesalahan berikutnya adalah menunda-nunda terjadinya deal pembelian dari prospek. Setelah Anda mempresentasikan manfaat dari produk yang Anda wakili serta menjawab pertanyaan dari klien, jangan menunda untuk langsung masuk ke penawaran untuk terjadinya pembelian. Berikan kesempatan bagi prospek Anda untuk membuat keputusan, dan jika hasilnya adalah deal, segeralah lengkapi surat-surat atau kebutuhan lainnya untuk membantu customer. Jangan sampai memperpanjang proses ini sehingga membuat customer merasa tidak nyaman dan memiliki kesempatan untuk berubah pikiran.

 

Terakhir, ingatlah untuk selalu bersikap profesional. Anda memang tidak sempurna, namun bukan menjadi alasan bagi Anda untuk tidak mencapai kesuksesan dalam karir sales Anda.

You may also like

0 comments