Menemukan Niche Market Anda

Niche Market

Dalam melakukan aktivitas sales dan marketing, pemahaman terhadap apa yang menjadi niche atau spesifikasi dari market yang sesuai dengan brand yang Anda wakili. Sebelum dapat memahami niche seperti apa yang menjadi fokus dan tujuan utama bisnis yang Anda wakili dan pasarkan, Anda perlu menemukan terlebih dahulu apa yang menjadi niche yang paling sesuai untuk ditargetkan sebelum Anda bisa menyusun strategi marketing dan penjualan yang sukses menciptakan deal baru. Berikut ini beberapa trik yang dapat Anda implementasikan dalam menemukan niche bisnis Anda.

  1. Browsing ide keywords atau kata kunci yang dapat menjadi niche Anda di pasaran online

Anda dapat menggunakan Google’s External Keyword Tool, sebuah tool gratis yang memungkinkan Anda melihat ada berapa banyak pencarian terjadi di ranah lokal dan internasional untuk kata kunci niche Anda serta kata-kata yang berkaitan dengan niche bisnis Anda. Anda juga dapat menganalis seberapa kompetitif kata kunci ini.

Untuk mengetahui yang mana yang merupakan kata kunci yang dapat menjadi niche baru Anda, cobalah mengetikkan kata dan bereksperimen dengan alternatifnya hingga Anda menemukan kata kunci yang setidaknya dicari minimum 1,000 kali lebih per bulannya. Pastikan juga bahwa kata kunci ini tidak terlalu kompetitif, alias terlalu banyak pesaing yang juga bergerak dalam niche yang sama.

Niche Market
Sumber gambar: coachingacademyblog.com
  1. Jangan lupa untuk melakukan crosscheck terhadap kadar kompetitif kata kunci Anda

Setelah Anda puas mencari dan menemukan niche market dalam bentuk kata kunci yang ingin Anda eksplorasi dan fokuskan, sekarang saatnya untuk melihat seberapa banyak pesaing yang Anda miliki dengan kata kunci tersebut. Kunjungi Google.com dan ketikkan kata kunci niche pilihan Anda.  Anda kemudian akan melihat daftar halaman lain yang memiliki kata kunci yang sama dan ada di halaman pertama, berikut dengan saingan pay per click Anda. Carilah juga di section video dan image di Google dengna kata kunci yang sama untuk melihat seperti apa tipe saingan Anda dalam mengembangkan kata kunci yang serupa.

Niche Market
Sumber gambar: magpiegemstones.com
  1. Buat keputusan mengenai apakah Anda akan menggunakan kata kunci niche tersebut atau tidak

Setelah menganalisa kadar saingan dari kata kunci tersebut, saatnya memutuskan apakah Anda sebaiknya melanjutkan menggunakan kata kunci tersebut atau tidak. Jika hanya ada sedikit saja jumlah saingan yang muncul di halaman pertama Google dengan kata kunci serupa dengan jumlah ads yang juga terbatas, maka semakin menjanjikan kata kunci tersebut bagi bisnis Anda untuk menonjol dan menjadi satu-satunya.

Setelah Anda tahu manakah niche yang ingin Anda eksplor, saatnya untuk mencari domain nama website yang menjadi platform Anda untuk melakukan inbound marketing sesuai dengan niche market Anda tersebut!

You may also like

0 comments