Bagaimana Corporate Social Responsibility Membantu Menaikkan Sales Sebuah Brand

CSR

Bagi Anda yang bernaung di bawah perusahaan yang sudah lama berdiri dan dikenal, maka Anda pasti familiar dengan Corporate Social Responsibility atau CSR. Kebanyakan perusahaan besar mengadakan, bahkan menyediakan satu departemen khusus mengurus hal ini karena pentingnya CSR. CSR sendiri merupakan penyesuaian sebuah bisnis untuk membuat perubahan atau pergeseran menjadi lebih bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. CSR merupakan keputusan secara sadar sebuah brand atau perusahaan untuk mau lebih terlibat di masyarakat dengan tujuan untuk lebih memperbaiki kualitas hidup bersama.

Perusahaan yang mengadakan CSR secara rutin dan mencurahkan waktu serta perhatiannya untuk membangun CSR sering sekali malah semakin mendapatkan keuntungan secara sales yang berlipat kali ganda. Jadi, sesuai dengan ungkapan yang menyatakan bahwa tidak ada orang yang memberi lantas menjadi kekurangan, CSR bisa dibilang adalah salah satu cara yang baik untuk mengembalikan ke masyarakat sekaligus mendapatkan keuntungan berupa brand image yang lebih positif di mata masyarakat dan sales yang meningkat.

Bagaimana sebenarnya memberi dan menyumbang secara rutin demi pembangunan di masyarakat dapat meningkatkan penjualan bagi bisnis Anda? Berikut beberapa manfaat CSR bagi penjualan bisnis:

  1. Membuat nama brand semakin dikenal

Terkadang, gerakan sosial atau lingkungan yang dilakukan oleh sebuah brand malah berhasil membuat brand lebih dikenal dari sebelumnya. Hal ini membuat calon customer memiliki asosiasi alam bawah sadar dengan brand, terutama jika isu yang didukung ternyata di-support penuh oleh brand yang bersangkutan.

  1. Memperbaiki reputasi brand di mata customer

Lewat media sosial, brand Anda dapat dishare dan memperoleh user generated content, salah satu elemen marketing online yang paling powerful saat ini. Dengan memberi kembali ke masyarakat, terdapat banyak konten sosial yang menarik untuk didiskusikan dan dapat berdampak pada jumlah share yang otomatis meningkat serta komentar positif langsung dari customer yang mendukung gerakan CSR brand Anda, memoles reputasi brand di mata customer.

CSR
Sumber gambar: inboundly.com.au
  1. CSR dapat membantu Anda merekrut dan mempertahankan karyawan yang terbaik bagi perusahaan Anda

CSR dapat menjadi salah satu daya tarik utama bagi orang-orang yang berdedikasi dengan karakter baik dan loyalitas yang tinggi, yang mungkin akan terkesan dengan isu yang dipedulikan dan didukung penuh oleh brand Anda sehingga mereka ingin menjadi bagian dari brand Anda sebagai karyawan dan pendukung isu CSR Anda.

CSR
Sumber gambar: btg-btl.com
  1. CSR memungkinkan terjadinya perbaikan kualitas kehidupan komunitas yang paling sering bersinggungan dengan bisnis yang diadakan brand Anda

Bukan hanya mendatangkan sales dengan platform yang positif, CSR juga benar-benar dapat memperbaiki kehidupan masyarakat yang dibantu oleh brand Anda. Semakin besar pertolongan yang diberikan oleh suatu brand bagi khalayak, maka semakin banyak pendapatan yang dapat tercipta karena adanya perbaikan ekonomi masyarakat setempat sehingga bisa terjadi pembelian.

Sudahkah brand yang Anda pasarkan memiliki rencana CSR yang matang?

You may also like

0 comments