Cara Menggunakan Google Analytics untuk Strategi Marketing Anda

Google Analytics

Sebagai pelaku marketing digital, Anda pasti sedikit atau banyak pernah mendengar atau menggunakan Google Analytics. Alat yang bernaung di bawah search engine Google ini merupakan alat pengukur dan pelacak berbagai hasil dari kegiatan marketing online yang sudah Anda lakukan, menyediakan data akurat mengenai performa yang ada pada website Anda. Google Analytics memiliki sistem pendataan serta pelaporan yang lengkap serta akurat, dan tidak hanya dapat membantu Anda mengetahui berapa banyak orang yang sudah mengunjungi atau membaca artikel di dalam website Anda.

Jika ini merupakan kali pertama Anda menggunakan Google Analytics dalam strategi marketing dan sales Anda, atau Anda ingin kembali aktif menggunakan Google Analytics setelah sebelumnya jarang memakai fasilitasnya, Anda perlu mengetahui lima hal yang bisa Anda lakukan lewat Google Analytics untuk meningkatkan jumlah sales yang Anda cetak bagi bisnis Anda.

  1. Google Analytics memiliki advanced visitor data

Kegunaan dari advanced visitor data antara lain untuk memilih cara yang paling sesuai dengan Anda dan bisnis Anda untuk mengetahui mengenai latar belakang dan data demografis dari mereka yang mengunjungi dan mengeksplorasi situs Anda. Anda dapat melihat bukan hanya jumlah klik dan view yang diterima oleh sebuah halaman, namun juga lokasi, data demografis, sistem operasi yang digunakan serta lama waktu yang dihabiskan masing-masing visitor web Anda. Dari situ, Anda dapat menyediakan konten marketing yang lebih tertarget lagi demi mencetak sales.

  1. Kegunaan fitur Intelligence Events

Jika Anda berhalangan mengecek data analitik di Google Analytics secara teratur setiap harinya, Anda dapat memanfaatkan fitur Intelligence Events yang memang disediakan oleh Google untuk orang-orang dengan masalah yang sama dengan Anda. Anda dapat meneripa update dan notifikasi mengenai performa website Anda tanpa harus sign in dan mengecek secara manual ke Google Analytics. Mudah, dan menghemat waktu Anda untuk lebih fokus pada strategi marketing dan penjualan.

Google Analytics
Sumber gambar: www.import.io
  1. Sortir data dari yang paling penting

Google Analytics dapat membantu Anda memilah data dan informasi mana yang paling Anda butuhkan. Dengan fitur sorting-nya, Anda dapat membuat daftar informasi dari yang paling penting dan relevan untuk pekerjaan sales Anda sehingga Anda dapat bekerja lebih efisien dalam mengumpulkan informasi.

  1. Google Analytics dapat digunakan untuk mengukur SEO dan aktivitas dalam media sosial

Pelaksanaan marketing online zaman sekarang pasti melibatkan juga usaha memasarkan via media sosial. Google Analytics juga menyediakan data yang dapat Anda akses soal aktivitas dan interaksi yang diterima dari media sosial dengan opsi Advanced Segments. Fitur ini juga akan memampukan Anda untuk mengatur SEO dan data media sosial yang ingin dimonitor. Temukan ranking kata kunci dan performanya, sehingga Anda juga dapat mengetahui kata kunci apa yang paling banyak mendatangkan trafik. Analisa jugalah bagaimana profil brand Anda secara sosial begitu pula dengan profil pengunjung website Anda dalam satu fitur ini.

Google Analytics
Sumber gambar: simonepuorto.com
  1. Google Analytics dapat pula digunakan untuk menerima kabar terkini mengenai benchmarks dari brand Anda serta pencapaian yang diraih oleh brand Anda.

Berbagai pencapaian yang dapat diukur lewat Google Analytics ini meliputi jumlah klik terbanyak yang pernah diterima dan masih banyak pencapaian brand Anda secara pribadi lainnya, yang layak untuk dirayakan sekaligus menjadi informasi terkini yang bisa Anda jual pada prospek.

Jangan tunda lagi penggunaan Google Analytics dalam strategi dan pelaporan marketing serta penjualan Anda!

 

You may also like

0 comments