Tanpa Pengalaman Pun, Inilah yang Menjadikan Salesperson Sukses

Sales Job

Kebanyakan lowongan kerja di bidang sales menuntut Anda untuk memiliki pengalaman bekerja sebagai seorang sales sebelumnya. Jika Anda tidak memilikinya, Anda cenderung akan patah semangat terlebih dahulu dan memutuskan untuk tidak mencoba sama sekali. Sebenarnya, Anda bisa membuat diri Anda diterima untuk posisi sales yang Anda inginkan meski pengalaman Anda nol.

Kesuksesan seseorang untuk terpilih menjadi representatif sales dari sebuah perusahaan sebenarnya tidak selalu mengharuskan adanya pengalaman selama bertahun-tahun. Tanpa segudang pengalaman pun, Anda dapat memberikan performa yang baik bagi posisi sales tersebut dan meyakinkan orang yang membuka lowongan tersebut dengan cara-cara berikut.

  1. Antusiaslah terhadap pekerjaan sales Anda

Rasa antusiasme yang tulus akan mengalahkan apapun, termasuk terbatasnya pengalaman sekalipun. Anda harus menunjukkan pengetahuan yang cukup terhadap brand atau produk yang nantinya akan Anda jual, dan sebaiknya brand tersebut adalah brand yang memang Anda percayai kredibilitasnya.

  1. Percaya dirilah

Seorang salesperson yang sukses harus mengetahui apa yang menjadi kelebihan, kekurangan dan apa yang menjadi kesukaannya, termasuk Anda. Temukan apa saja kekuatan karakter Anda, kemampuan special yang dimiliki, ketertarikan Anda dan nilai-nilai budaya yang Anda pegang. Kemudian, tunjukkan hal ini pada orang yang akan memperkerjakan Anda seakan Anda sedang berinteraksi dengan customer potensial.

Sales Job
Sumber gambar: jobmail.co.za
  1. Bersikaplah persuasif

Anda harus memiliki pemahaman terhadap emosi target market dari penjualan yang nantinya akan Anda lakukan, dan yakinkan orang yang akan memperkerjakan Anda mengapa Anda tepat untuk posisi tersebut secara persuasif. Tunjukkan potensi Anda yang bisa berguna bagi posisi sales tersebut yang didukung dengan keberhasilan yang pernah Anda capai.

  1. Lakukan riset mengenai dunia sales brand yang bersangkutan

Hal ini termasuk mengenai customer utama brand yang bersangkutan, teknik sales yang pernah sukses dilakukan oleh brand tersebut sebelumnya, serta tren sales berikutnya yang dapat membantu meningkatkan penjualan bagi brand.

Sales Job
Sumber gambar: themuse.com
  1. Banyaklah mendengar dan berinteraksi

Jangan bersikap pasif. Sikap yang aktif mendengarkan dan memberikan respon adalah kunci kesuksesan sales. Hadirlah dalam percakapan maupun di dunia online, dan hal ini akan menjadi nilai plus bagi Anda di mata calon perusahaan yang akan menerima Anda ini. Sebelum maju ke ‘medan pertempuran’ sales, banyaklah membangun koneksi dengan orang-orang yang ada di industri sales dan pemimpin atau platform industri yang sering melakukan share pengetahuan sales. Bergabunglah dalam grup-grup di media sosial demi memperkaya diri Anda sendiri dengan pengetahuan dan koneksi.

  1. Berikan manfaat

Tunjukkan pada calon orang yang akan memperkerjakan Anda keuntungan apa saja yang akan mereka rasakan jika memilih Anda. Sama halnya dengan ketika berhadapan dengan calon customer, memberikan nilai lebih pada produk serta jasa yang Anda tawarkan dapat membantu mereka untuk menjatuhkan pilihan karena Anda menjawab kebutuhan dan mengatasi masalah mereka.

Inilah enam kunci kesuksesan seorang salesperson, meski tanpa pengalaman sekalipun. Sudahkah Anda mengimplementasikannya?

You may also like

0 comments