Kesalahan dalam Marketing yang Mungkin Sedang Anda Lakukan

Marketing Mistakes

Menyusun strategi marketing untuk keperluan promosi bisnis serta mendapatkan dan meng-gol-kan penjualan adalah hal yang tidak bisa disepelekan. Dalam sebuah bisnis, marketing dan sales ibarat kaki yang berjalan beriringan untuk membawa pikiran atau suatu ide ke tujuan akhirnya, dalam hal ini adalah penjualan dan keuntungan. Tidak jarang, fungsi utama dari marketing dan sales ini mengalami pergeseran akibat kesalahan-kesalahan yang mungkin bahkan masih dilakukan, seperti:

  1. Marketing tanpa adanya penyusunan strategi yang matang

Adanya kepercayaan penuh terhadap produk yang bagus dan pasti akan laku dengan sendirinya adalah kesalahan yang umum terjadi, diikuti dengan kepercayaan bahwa target market Anda pasti memiliki uang untuk dibelanjakan serta keyakinan bahwa Anda tidak memiliki kompetitor. Jika hal ini masih Anda lakukan, maka Anda tengah membatasi kesempatan yang mungkin bisa dicapai  dengan membatasi target market Anda. Pastikan Anda memiliki strategi mengenai segmentasi market Anda dan relevansi produk Anda. Ingat, meski produk Anda yang terbaik, Anda bukan satu-satunya pilihan.

  1. Tidak konsisten dengan brand Anda

Di zaman sekarang, branding adalah segalanya. Jangan pernah mengubah posisi brand perusahaan yang Anda wakili karena tipe audiens yang berbeda-beda, tools marketing yang digunakan mengalami pergantian atau lewat presentasi Anda. Hal ini akan membuat brand Anda dianggap tidak memiliki konsistensi. Samakan versi yang Anda pahami mengenai brand Anda dengan versi asli dan pesan yang ingin disampaikan oleh brand Anda agar calon customer tidak kebingungan.

Marketing Mistakes
Sumber gambar: blog.mindjet.com

 

  1. Marketing yang tidak terintegrasi dengan usaha penjualan

Memiliki program atau materi marketing yang jempolan tanpa adanya keterkaitan dengan proses penjualan dan ritme pekerjaan tim sales adalah kesalahan lain yang umum dilakukan oleh para marketer. Usaha dan budget yang dikerahkan untuk membuat program marketing terkadang menjadi sia-sia karena tidak adanya komunikasi dengan tim sales mengenai cara penjualan yang ingin diimplementasikan. Jangan pernah memutuskan tanpa membiarkan pihak yang Anda butuhkan tahu apa yang Anda lakukan.

 

  1. Memasarkan sesuatu yang tidak Anda wujudkan atau Anda coba terlebih dahulu

Melakukan promosi secara gencar tanpa pernah mencoba sendiri produk atau jasa yang Anda pasarkan, atau memarketkan sesuatu yang belum tersedia sebenarnya termasuk ke dalam kesalahan mendasar dalam marketing. Kampanye marketing yang sukses akhirnya akan berlalu dengan percuma karena tidak sejalan dengan operasi yang menampung serta memenuhi permintaan yang mulai berdatangan, entah itu dari segi karyawan yang tidak memenuhi kualifikasi maupun produk yang belum tersedia. Customer akan kehilangan kepercayaan pada Anda dan nama brand serta kredibilitas marketing dan sales menjadi buruk.

Marketing Mistakes
Sumber gambar: smallbiztrends.com

 

  1. Tidak menggunakan marketing mix secara efektif

Terlalu berfokus hanya pada satu kendaraan marketing untuk melakukan promosi hanya akan mendatangkan sedikit prospek menjanjikan. Berbeda dengan jika Anda mengimplementasikan marketing mix, memanfaatkan berbagai cara marketing yang tersedia untuk membuka kesempatan lebih banyak dalam mendatangkan prospek, Anda sedang menghadapi kemungkinan terjadinya penjualan dalam jumlah yang lebih besar. Tanpa hal ini, Anda membatasi perspektif customer mengenai brand Anda serta perpektif Anda sendiri mengenai jenis marketing apa yang paling sesuai dengan brand Anda. Hindarilah hal ini.

Kesalahan yang manakah yang sedang menjebak brand Anda?

 

You may also like

0 comments