Pentingnya Memiliki Kepemimpinan Dalam Sales

Sales Leadership

Manajemen sales yang efektif akan tampak pada cara sebuah departemen penjualan terorganisir dan tim sales yang hanya berusaha untuk sekedar bertahan. Sebagai seorang salesperson, terutama jika Anda adalah manajer dari sebuah tim penjualan, Anda memerlukan dasar-dasar yang kuat di bidang kepemimpinan atau kualitas leadership yang baik.

Meski tampak sepele, namun leadership yang kurang baik dan menyeluruh dapat mengorbankan seluruh performa sales brand yang Anda dan tim wakili. Tidak cukup hanya memiliki karisma untuk menjadi pemimpin sebuah tim sales saja, Anda perlu memiliki kemampuan untuk memimpin seseorang agar mengambil sebuah keputusan atau mau terlibat karena keinginan mereka sendiri. Itulah ciri kepemimpinan dalam dunia sales yang dapat disebut berhasil, baik dalam internal sebuah tim sales maupun dalam melakukan follow up atau mempersuasi prospek Anda.

Berikut ini poin-poin kepemimpinan dalam dunia sales dan marketing yang perlu dimiliki.

  1. Pemimpin di bidang sales akan mengambil keputusan berdasarkan data akurat

Kesuksesan penjualan dapat diukur dari hasil yang diperoleh. Seberapa banyak prospek yang berubah menjadi customer, apakah lebih dari quarter yang lalu? Apakah terdapat peningkatan pendapatan secara keseluruhan? Jika jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut masih belum bernada positif, maka usaha leadership yang dilakukan selama ini masih belum mencukupi. Pemimpin sejati dalam bidang sales akan berpatokan pada data demi performa yang lebih efektif dan lebih kuat dengan keputusan bijak berdasarkan fakta analitik.

Sales Leadership

Sumber gambar: salesforcesearch.com

  1. Pemimpin sales seharusnya memiliki visi yang jelas

Jika menyangkut urusan manajemen, diperlukan kepemimpinan dengan visi yang jelas, terutama mengenai apa yang ingin dicapai, gambaran yang lebih besar dan arahan yang akan ditempuh. Kepemimpinan sales juga demikian, membutuhkan strategi dan visi yang sesuai dengan budaya dari sales sebuah perusahaan atau brand. Pemimpin sales-lah yang bertanggung jawab merencanakan, mendefinisikan dan mengkomunikasikan proses penjualan dan efektivitas strategi hingga mencapai target.

 Sales Leadership

Sumber gambar: thinksales.co.za

  1. Pemimpin sales dapat memberikan motivasi yang diperlukan

Seperti layaknya seorang pemimpin, pemimpin sales juga harus mampu memotivasi manajer dan salesperson yang ada di dalam timnya untuk meraih kesuksesan. Sebagai pemimpin, seorang salesperson bukan harus mengambil alih peran manajer, namun harus lebih banyak terlibat dalam eksekusi dari hari ke hari dan menyediakan pelatihan dan evaluasi bagi tim agar dapat melakukan penjualan secara lebih efektif.

Seorang pemimpin di bidang sales harus mengantongi kepercayaan serta komitmen dari anggota timnya, sampai pada titik di mana anggota tim cukup terinspirasi untuk mengikuti jejak pemimpinnya dan percaya penuh pada visi dan arahan strategi penjualan sang pemimpin. Sudahkah Anda ada di titik ini?

You may also like

0 comments