Mengenal Algoritma Terkini Twitter dan Memanfaatkannya untuk Penjualan

Twitter Algorithm

Baru-baru ini, muncul banyak berita yang bersirkulasi di sekitar ambisi social media Twitter untuk mulai memakai algoritma demi memperbaiki interaksi para penggunanya dan untuk meningkatkan pertumbuhan penggunanya yang mulai melambat beberapa tahun terakhir ini. Kini, Twitter ingin membuat timeline-nya berdasarkan algoritma yang akan menyusun agar tweets yang muncul adalah tweets yang memang ingin Anda lihat, dan tidak lagi berdasarkan susunan sesuai kronologis.

Twitter yang menjadi platform penyampai berita singkat memang memiliki jumlah interaksi harian yang lebih rendah dibandingkan dengan Facebook atau Instagram. Karenanya, dari segi bisnis, Twitter memiliki kekurangan karena banyaknya tweet yang tampil setiap kali pengguna melakukan log in, sehingga apapun yang dipostingkan brand belum tentu terlihat oleh target market Anda. Algoritma yang baru ingin mengatasi hal ini dan membuat brand yang memasang iklan dapat diprioritaskan dan menyajikan kontennya tepat ke pengguna Twitter yang memang termasuk target market brand tersebut.

Twitter Algorithm
Sumber gambar: heavy.com

Nantinya, algoritma baru Twitter ini akan menampilkan tweet dari akun-akun yang sudah difollow sebelumnya, tweets yang rankingnya berdasarkan engagement organik serta tweet yang memang berbayar dan merupakan iklan. Semakin sering interaksi dengan akun tertentu terjadi, semakin sering muncul tweet tersebut. Tweet-tweet serupa juga akan dimunculkan sesuai ketertarikan pengguna, begitu juga trending topic.

Bagi para digital marketer dan digital salesperson, berbagai penyesuaian perlu dilakukan untuk menyongsongera algoritma Twitter yang baru ini, dengan tips-tips berikut:

  1. Di tahap awal seperti ini, social media marketer dan para digital salesperson perlu menunggu dengan awas dan terus melakukan riset dalam mempelajari algoritma Twitter yang terbaru ini.

Dengan demikian, saat algoritma benar-benar mulai naik dau di Twitter, Anda sudah siap dengan hal ini serta dapat mulai memasukkannya sebagai salah satu strategi pemasaran brand Anda. Menjadi early adapters dalam hal ini akan menjadi keuntungan bagi brand Anda.

Twitter Algorithm
Sumber gambar: milkstreetmarketing.com
  1. Teruslah memproduksi konten yang baik

Konten Anda harus terus menanjak kualitasnya dan harus lebih banyak bereksperimen dalam menghadirkan sesuatu yang orisinil demi menanjaknya trafik dan prospek bagi brand Anda. Jika konten yang dihadirkan oleh brand Anda membantu menjawab permasalahan prospek, maka tidak sulit bagi Anda untuk menambah trafik lewat pemanfaatan algoritma Twitter yang baru. Anda dapat bersiap secara organik sebelum menambah interaksi lewat boosting konten di Twitter.

Bagaimana tanggapan Anda dan apa rencana Anda dengan adanya sistem algoritma Twitter yang terbaru ini?

You may also like

0 comments