Perlukah Anda Melakukan Outsource untuk Tenaga Social Media yang Optimal?

Social Media Outsource

Social media di zaman serba teknologi merupakan bagian yang krusial bagi bisnis online Anda. Tidak bisa dipungkiri, jika ingin bisnis Anda berkembang dan dikenal oleh banyak orang, Anda perlu memiliki keberadaan yang nyata di platform-platform online ini. Terkadang, untuk menjaga konsistensi dalam melakukan update konten social media setiap harinya dibutuhkan usaha lebih dan banyak yang memerlukan bantuan khusus di area ini. Jika hal ini terjadi, maka Anda dapat merugikan bisnis Anda.

Salah satu jalan keluar yang dapat Anda manfaatkan adalah dengan melakukan outsource untuk enaga Social Media Management yang membuat konten yang dishare di laman bisnis Anda tetap terjaga kualitas dan konsistensinya. Berikut ini hal-hal yang harus Anda pertimbangkan jika Anda ingin melakukan outsourcing untuk manajemen media sosial bisnis Anda.

  1. Konten yang berkualitas dan selalu konsisten diproduksi

Nilai bisnis Anda dan keberadaannya di media sosial tergantung sepenuhnya pada konten yang Anda hasilkan. Semakin konten Anda banyak dibaca dan dibagikan, maka semakin banyak calon customer potensial yang akan mengenal dan menjadi followers page Anda di social media pilihan Anda. Hal ini juga akan menjadi penghantar trafik ke dalam website utama Anda dan memberikan Anda followers yang berpotensi menjadi customer tetap serta loyal. Karena banyaknya effort dan waktu yang harus dicurahkan, jika hal ini tidak mungkin Anda lakukan, maka sebaiknya Anda melakukan outsourcing untuk hal ini.

Social Media Outsource
Sumber gambar: m2mediamanagement.com
  1. Pertimbangkan apakah outsource tenaga social media merupakan keputusan penggunaan biaya perusahaan yang bijaksana

Mempekerjakan tenaga tetap dapat menghabiskan banyak biaya, mulai dari proses perekrutan, penyambutan karyawan baru, pelatihan, asuransi kesehatan serta pajak yang semuanya menumpuk dan menghabiskan banyak biaya. Meskipun manajer media sosial yang khusus mengerjakan bisnis Anda adalah sesuatu yang ideal, namun jika bisnis Anda bukanlah bisnis yang sudah stabil dengan pendapatan tetap dan besar, maka Anda mungkin harus menunda ide tersebut. Karenanya, pertimbangkanlah hal tersebut dalam melakukan outsourcing.

  1. Bagaimana dengan pengalaman dan akuntabilitas yang diperlukan bisnis Anda untuk kegiatan media sosial?

Agensi yang menyediakan jasa social media sudah memiliki orang-orang terlatih dan berpengalaman menangani berbagai akun dan data analitik yang akan dilacak di media sosial, begitu pula dengan tools-tools dan kemampuan untuk menciptakan konten yang menarik. Pembuatan konsep dan implementasi tenaga yang khusus menangani media sosial dapat membuat bisnis Anda mendapatkan hasil yang lebih cepat, terukur dan jelas untuk bisnis Anda. Agensi yang lebih kecil bahkan dapat lebih focus menangani bisnis Anda.

Social Media Outsource
Sumber gambar: verticalresponse.com
  1. Apakah Anda kekurangan waktu dan dana?

Para pemilik bisnis seringkali tidak bisa membagi perhatian untuk hal-hal yang sifatnya dieksekusi hingga detailnya seperti social media marketing dan manajemen. Karena itulah, waktu yang berharga tersebut sebaiknya digunakan untuk fokus pada pengembangan bisnis dengan melakukan delegasi pekerjaan pada social media manager yang berasal dari pihak luar yang sudah terpercaya. Pengembangan bisnis pun dapat lebih terfokus dan efektif dengan cara ini.

Terkadang, outsource social media management memang diperlukan demi membangun keberadaan  media sosial Anda di dunia internet dengan persaingan ketat serta membuat bisnis Anda lebih dikenal karena adanya strategi terstruktur dan terfokus. Pertimbangkanlah sekarang untuk melakukan outsourcing bagi bisnis Anda!

You may also like

0 comments