Agar Partnership Bisnis Anda Menguntungkan

Business Partnership

Membangun partnership dalam bisnis Anda bisa menjadi sesuatu yang rumit dan bertele-tele, dengan hasil yang belum tentu menguntungkan. Kompleksnya jalinan serta bangunan bisnis serta cepat dan dinamisnya perubahan dalam dunia bisnis membuat pemilihan atau pengambilan keputusan sehubungan dengan partnership dalam bidang bisnis menjadi terkena dampaknya sehingga bertambah rumit juga.

Dalam memutuskan partnership yang tepat bagi bisnis Anda, memiliki jaringan yang kuat merupakan keuntungan yang sebaiknya terus diasah dan dikembangkan. Jaringan yang kuat dan database partner potensial yang luas dapat menjamin kemampuan bisnis Anda untuk mendatangkan sales dan mengeksplor market-market baru. Setelah memiliki partner yang bervisi serupa dengan Anda dan memang berasal dari orang dalam jaringan Anda, Anda dapat dengan mudah menaklukkan market, wilayah dan industri yang bisnis Anda tekuni sehingga memaksimalkan terjadinya pertumbuhan.

Partner yang tepat untuk berkolaborasi sendiri sebaiknya memiliki hal-hal berikut ini:

  1. Memiliki pemahaman terhadap sales dan data analitiknya

Partner yang tepat adalah partner bisnis yang paham akan arahan sales bisnis Anda dan dapat menganalisa data yang tersedia untuk melihat market mana yang perlu dimaksimalkan dan area mana yang perlu diperbaiki performanya.

  1. Memiliki pemahaman yang baik soal produk dan jasa yang bisnis Anda tawarkan

Sosok yang pantas dijadikan partner bisnis Anda haruslah mereka yang tahu betul apa saja yang bisnis Anda tawarkan dan menguasai berbagai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki produk dan jasa yang ditawarkan bisnis Anda. Dengan demikian, tidak lagi diperlukan waktu penyesuaian untuk partner baru Anda karena tahapan ini sudah dilewati.

Business Partnership
Sumber Gambar: bizsetup.wordpress.com
  1. Adanya komunikasi yang sudah terjalin dengan baik antara Anda dengan partner Anda

Salah satu kekuatan dari partner yang baik haruslah berupa keberadaan jalinan komunikasi yang sudah kuat, terutama jika partner bisnis Anda juga membawa serta bisnisnya untuk merger dengan bisnis Anda. Komunikasi yang terbuka dan transparan antara kedua belah pihak akan menjamin terjadinya partnership yang menguntungkan satu sama lain.

  1. Adanya sinkronisasi dalam hal CRM atau Customer Relationship Management sehingga penjualan yang diusahakan oleh kedua belah pihak dapat berjalan dengan lebih lancar

Integrasi dan sinkronisasi CRM membutuhkan data yang saling di-share antara kedua partner sehingga adanya keselarasan dan pemerataan data customer, sehingga persetujuan lead serta manajemen dan distribusi dalam bisnis Anda dapat lebih dimaksimalkan sambil meminimalisir konflik.

Business Partnership
Sumber Gambar: successconnections.com
  1. Adanya berbagai budget yang diatur secara transparan satu dengan yang lainnya

Berbagai manajemen yang berhubungan dengan budget dan pendapatan haruslah diatur secara transparan antara kedua belah pihak. Hanya dengan cara inilah tracking dan pemantauan oleh kedua belah pihak dapat dimaksimalkan dan kampanye dapat dianalisa efektivitasnya sehubungan dengan budget marketing.

Selain kelima hal di atas, hal lain yang juga penting dimiliki oleh partner yang tepat bagi bisnis Anda adalah adanya akses ke para ahli, akses ke pusat konten untuk marketing bisnis Anda, data analitik, dan adanya keamanan database dan kenyamanan dalam mengaksesnya, sehingga semua yang berhubungan dengan kerjasama kedua belah pihak dapat bersinergi untuk keuntungan bersama.

You may also like

0 comments