Cara Mencapai Target Pendapatan Akhir Tahun Secara Lebih Realistis

Achieving Sales Target

Menjelang akhir tahun, banyak bisnis harus mempersiapkan laporan akhir tahun sales yang terkadang dapat membuat mereka yang bertanggung jawab atas hal ini menjadi stres dengan jadwal yang sangat padat. Menjelang akhir tahun inilah semua performa dan usaha mereka untuk mendapatkan deal akan mendapatkan penilaian, apakah target yang ditetapkan berhasil dicapai dan apakah kontribusi terhadap organisasi sudah maksimal.

Meski setiap perusahaan dan bisnis pasti memiliki ide dan strategi yang berbeda-beda, namun berikut ini strategi mengakhiri Q4 alias Quarter ke-4 atau quarter terakhir dari sebuah proyek dengan sukses.

  1. Pahami customer Anda di akhir tahun

Akhir tahun atau quarter ke-4 merupakan saat di mana para pembeli dan customer Anda memiliki kecenderungan yang berbeda dibandingkan dengan quarter-quarter sebelumnya. Biasanya, dengan memberikan kebijakan berbisnis atau bertransaksi seperti cuci gudang atau penghabisan akhir tahun akan memotivasi prospek bisnis Anda untuk melakukan deal dan transaksi karena adanya urgensi yang meningkat dan takut kelewatan penawaran spesial Anda. Hasilnya, dapat timbul sekitar lima kali lipat pendapatan dibandingkan dengan pendapatan biasanya. Pikirkan kembali strategi promosi akhir tahun Anda. Anda pun harus mengerahkan tim Anda untuk menjadi lebih responsif terhadap prospek Anda di akhir tahun serta memberikan manfaat lebih untuk mereka. Cek kembali data-data yang Anda miliki, testimoni, studi kasus, review produk hingga kasus-kasus Return of Investment atau ROI agar Anda memahami benar-benar kecenderungan calon customer Anda dan efektif mendorong mereka mengambil keputusan yang menguntungkan Anda.

Achieving Sales Target
Sumber Gambar: linkedin.com
  1. Fokuslah membangun pengalaman menarik bagi customer

Prospek Anda di akhir tahun pasti memiliki urgensi yang tinggi dan memang ingin memaksimalkan budget bisnis mereka di akhir tahun sebelum membuka lembaran baru. Karenanya, dengan menawarkan pengalaman pembelian yang berbeda, Anda dapat dengan mudah memancing mereka untuk bertransaksi. Hati-hati, jangan memaksa untuk melakukan deal sebelum memahami apa kebutuhan customer Anda dan masalah mereka. Memang benar prospek Anda sangat antusias membelanjakan budget yang tersisa, namun jangan lupa mencocokkan kebutuhan mereka dengan solusi yang Anda sediakan. Pastikan proses sales yang disepakati menjawab kebutuhan mereka dan ada relasi terjalin dengan baik, serta jangan sampai kehilangan kesempatan untuk menonjol di antara kompetitor Anda di penghujung tahun. Pesan marketing Anda haruslah jelas dan padat, dapat ditangkap dengan mudah dan tidak bertele-tele.

  1. Prioritaskan kualitas dibandingkan kuantitas

Dalam waktu yang penting seperti penghujung tahun ini, Anda harus memastikan fokus Anda ada pada kualitas dari produk dan pesan marketing yang Anda sampaikan, dan tidak hanya pada berapa banyaknya pesan marketing yang Anda keluarkan. Dengan membuat hal ini menjadi prioritas, Anda dapat dengan lebih mudah menjangkau customer yang memang sejak awal sudah tertarik dan hanya menunggu momen akhir tahun untuk melakukan deal. Pikirkan juga strategi cross-selling dan up-selling yang menguntungkan customer Anda.

Achieving Sales Target
Sumber Gambar: blog.hubspot.com
  1. Tentukan goal yang realistis

Dalam quarter terakhir di penghujung tahun ini, Anda perlu menentukan ekspektasi yang masuk akal dan dapat dipenuhi hingga sisa hari sebelum menutup tahun. Kenali mana saja pencapaian terbaik Anda dan analisa apa saja hal yang perlu Anda capai sebelum tahun berakhir secara realistis. Buatlah action plan dengan tugas-tugas harian dan mingguan untuk membantu Anda fokus.

Saatnya memaksimalkan bulan Desember Anda!

You may also like

0 comments