11 Tips Mudah dan Cepat untuk Closing Sales

Closing Sales

Terdapat banyak cara untuk memastikan target sales tercapai, dan cara-cara tersebut dapat dibedakan menjadi cara rumit atau cara sederhana. Saat Anda berharap bisa mencapai target dengan cara yang lebih sederhana, Anda perlu merubah taktik penawaran Anda. Ambillah contoh dari mereka yang sudah sukses, lewat 11 tips sales yang cepat dan mudah, serta berpengaruh. Praktekkan tips berikut dan lihat perkembangan taktik sales Anda yang semakin banyak membuahkan hasil.

1. Turunkan antusiasme Anda

Terlalu antusias hanya akan membuat orang merasa Anda tidak bisa dipercaya. Untuk mendapatkan rasa percaya dari prospek Anda, turunkan keantusiasan Anda dan gunakan nada bicara yang tulus untuk mendapatkan sales yang berkualitas.

2. Fokus pada prospek Anda

Tips yang satu ini tentunya sudah jelas dan pasti Anda lakukan, namun karena sudah jelas, banyak orang cenderung meremehkan hal ini. Hanya dengan fokus kepada kebutuhan prospek sajalah proses sales dapat menunjukkan kepeduliannya terhadap customer dan fokus produk yang adalah memecahkan masalah customer. Produk Anda pun dapat disesuaikan dan diperbaiki kualitasnya untuk kepentingan customer Anda.

  1. Bagikan praktek yang terbaik

Sebagai seorang salesperson, Anda seharusnya menjadi orang yang memahami betul industri di mana prospek berkecimpung sehingga tahu betul apa yang dibutuhkan oleh prospek. Dengan perspektif tersebut, bagikan praktek terbaik kepada prospek Anda dan dengan memposisikan diri Anda secara tepat, prospek akan datang sendiri mencari Anda dan berusaha belajar dari Anda. Di sinilah Anda dapat memasukkan produk dan jasa yang Anda tawarkan dengan lebih mulus dan efektif.

Closing Sales
Sumber Gambar: blog.vanillasoft.com
  1. Tanyakanlah pertanyaan mengenai tantangan dan masalah yang dihadapi oleh prospek

Jangan melewatkan kesempatan untuk bertanya dan memahami sudut pandang dari prospek Anda mengenai tantangan dan masalah yang mereka hadapi. Cobalah tanyakan apa yang menjadi tantangan terbesar mereka dan biarkan mereka membuka diri untuk berbagi kepada Anda, dan Anda pun bisa menjawab dengan solusi menggunakan produk dan jasa yang bisnis Anda tawarkan.

  1. Pelajari biaya yang dibutuhkan bagi tantangan yang dihadapi prospek tersebut

Jika prospek Anda sanggup menyatakan dan menjelaskan tantangan yang memakan biaya dari pihak mereka, Anda dengan segera dapat menciptakan nilai yang mereka butuhkan dari produk dan jasa yang Anda sediakan. Tampilkan solusi dengan biaya yang jauh lebih ekonomis bagi prospek Anda.

  1. Tentukan budget

Setelah prospek Anda menyatakan tantangan yang sering merugikan mereka, giliran Anda untuk bertanya apa yang rela mereka investasikan demi menyelesaikan tantangan tersebut. Ketika mereka memberikan kesempatan bagi prospek untuk menyatakan sendiri apa yang mau mereka investasikan, Anda menghindari kesempatan mereka menolak Anda karena alasan harga.

Closing Sales
Sumber Gambar: leads.plus
  1. Punyailah kemauan untuk melepas prospek

Jangan menahan dan memaksakan kehendak dan objektif sales Anda pada prospek karena faktanya, 50% dari prospek yang Anda temui bukanlah customer yang akan bertransaksi dengan Anda. Kemungkinannya ada banyak, mungkin mereka tidak menghadapi tantangan yang bisnis tawaran Anda solusikan, atau mungkin mereka tidak memiliki biaya sebesar yang Anda pasang. Tidak apa-apa, Anda dapat melepas mereka yang tidak ideal.

  1. Pastikan prospek berkomitmen sebelum Anda mempresentasikan

Jika prospek Anda tidak mau berkomitmen dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi, tidak ada gunanya mempresentasikan solusi yang Anda tawarkan. Fokuslah hanya pada prospek yang memang berkomitmen dan ingin menyelesaikan masalahnya.

  1. Berikan tiga pilihan di setiap proposal

Mengapa? Jika Anda hanya mempresentasikan satu saja pilihan yang bisa dipilih oleh prospek, Anda jelas berpotensi lebih besar untuk kehilangan kesempatan dealing. Makanya, berilah setidaknya tiga pilihan di setiap penawaran, mulai dari solusi termudah dan termurah hingga opsi premium dengan semua kenyamanan dan fasilitas terbaik. Memberikan opsi yang lebih banyak memiliki dua keunggulan, di mana Anda dapat memperoleh deal premium secara lebih banyak dan memberikan konteks dalam keputusan pembelian sehingga prospek tidak lagi merasa perlu melihat-lihat kompetitor untuk membandingkan harga.

  1. Selalu jadwalkan pertemuan berikutnya

Tutup semua meeting dengan menjadwalkan meeting berikutnya. Hal ini sangat mudah dilakukan, namun jarang sekali salesperson melakukan hal ini. Pastikan Anda memiliki jadwal selanjutnya yang jelas sebagai langkah selanjutnya dengan prospek Anda dan memberikan kepastian bagi prospek Anda.

  1. Mintalah diperkenalkan dan direkomendasikan prospek lainnya

Tidak ada cara yang lebih efektif dari meminta diperkenalkan dengan prospek lainnya yang mungkin memerlukan jasa dan produk Anda. Selama Anda membuat prospek tersebut bersemangat bekerja sama dengan Anda, tidak sulit membuat mereka memberikan kontak prospek lain yang juga berkualitas. Mereka mungkin tidak langsung memperkenalkan Anda dengan prospek berkualitas, namun Anda setidaknya sudah menanam benih di pikiran mereka untuk lain kali merekomendasikan Anda saat bertemu dengan seseorang yang membutuhkan apa yang Anda tawarkan.

Selamat mencoba!

You may also like

0 comments