Perhatikan Hal-Hal Mendasar Ini Sebelum Menjalankan Facebook Marketing

Basics of Facebook Marketing

Facebook merupakan satu dari sekian banyak media sosial yang paling digandrungi di dunia. Di Indonesia sendiri, pengguna Facebook telah mencapai 88 juta orang. Tak heran bila kemudian Facebook didaulat sebagai media sosial yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan. Bahkan salah satu media sosial yang harus aktif. Sebab dengan banyaknya pengguna membuat Facebook menjadi salah satu media marketing yang tepat.

Namun cara menggunakan Facebook untuk kebutuhan marketing jelas tak seperti menggunakan Facebook untuk akun pribadi. Anda perlu tahu apa saja hal-hal mendasar yang perlu diperhatikan, mulai dari membangun image akun Facebook, membuat bio akun, hingga menentukan postingan di setiap periodenya.

Karena itu, agar aktivitas Facebook marketing Anda dapat menunjukkan hasil, perhatikan lagi kelima hal mendasar ini.

1. Pelajari Segala Sesuatu Tentang Target Audiens Anda

Kebanyakan perusahaan, termasuk para start-up sering kali memegang prinsip ‘asal punya, asal aktif dulu’. Sehingga akhirnya saat membuat halaman Facebook pun hanya sekedar jalan dan aktif tanpa memiliki hasil. Postingan berantakan dan tak mengena ke target audiens.

Hal ini tentu harus dihilangkan. Bila Anda merasa halaman Facebook Anda saat ini masih bergerak tanpa arah, masih ada waktu untuk memperbaikinya.

Langkah awal yang harus Anda perhatikan ulang adalah ketahui segala tentang target audiens Anda. Ketahui jenis target audiens Anda, mulai dari usia, demografis, strata ekonomi, minat, dsb.

Apabila semua hal itu sudah diketahui maka Anda pun akan dapat menentukan konten seperti apa yang dapat menarik dan mengena bagi mereka. Gaya bahasa seperti apa yang sesuai dengan mereka. Juga kapan saja waktu yang tepat untuk memposting.

Basics of Facebook Marketing
Sumber Gambar: thebluediamondgallery.com

2. Kemas Halaman Facebook Menarik & Informatif

Jangan lupakan pentingnya sebuat tampilan. Halaman Facebook yang terlihat menarik pasti akan lebih mudah mendatangkan pengikut. Karena kesan dikelola secara baik sudah akan melekat. Apalagi bila ditambah informasi penting pada halaman Facebook, seperti link website, alamat perusahaan, jenis produk/jasa yang ditawarkan, dsb. Jangan lupa untuk menampilkan Foto Profil dan Cover yang menarik dengan resolusi tinggi.

Berikan juga informasi tentang perusahaan Anda secara singkat dan jelas pada kolom biografi atau keterangan. Hal tersebut untuk memudahkan target audiens menemukan halaman Anda.

Buruknya tampilan halaman Facebook dapat membuat target audiens mengikuti halaman Anda. Karena mereka akan menganggap bahwa halaman Facebook Anda tak akan menarik dan hanya memenuhi berandanya saja. Karena itu kemaslah Halaman Facebook semenarik dan seinformatif mungkin.

3. Temukan Minimal 3 Halaman Facebook Kompetitor

Dalam sebuah bisnis pasti memiliki kompetitor. Hal ini sebetulnya cukup menguntungkan. Karena dengan adanya kompetitor Anda tak perlu repot-repot menganalisa pasar. Anda bisa mencari tahu semuanya dari apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda.

Seperti saat menggunakan media sosial Facebook. Carilah halaman Facebook kompetitor Anda minimal 3 merek. Cari yang benar-benar menggunakan halaman Facebooknya dengan baik dan aktif. Terutama yang di setiap postingannya selalu mendapatkan banyak respon. Namun pastikan bahwa semua respon yang didapatinya bukanlah robot, melainkan murni.

Dari halaman Facebook kompetitorlah Anda bisa mencari tahu gaya bahasa seperti apa yang digunakan, waktu posting, jenis konten yang menarik, gaya bahasa yang digunakan, dan sebagainya. Setelah mempelajari semua itu Anda pun bisa memodifikasi agar sedikit beda.

Bila Anda belum tahu pasti kompetitor Anda, Anda cukup menulis “Pages about (industri) that are liked by my firends” pada kolom pencarian. Kemudian klik “See More” agar Anda bisa mendapati siapa saja kompetitor Anda.

Basics of Facebook Marketing
Sumber Gambar: sas.com

4. Pahami Karakteristik Facebook

Kendati memiliki banyak pengguna, namun karakteristik Facebook tak seperti Twitter yang membuat Anda bisa terus ‘bercuit’ hampir seharian. Di Facebook, justru akan lebih efektif bila Anda hanya memposting maksimal 2 kali sehari dan 5 hari dalam seminggu. Banyak yang bahkan tidak menganjurkan memposting konten promosi pada weekend.

Selain itu para pengguna Facebook jauh lebih tertarik pada konten yang menyajikan sedikit tulisan namun disambung kepada link website. Kemudian pastikan Anda memajang foto dengan resolusi bagus atau infografis yang menarik bila ingin menyertakan gambar di setiap postingan. Sementara untuk video, tak perlu dibuat terlalu panjang dan berat. Karena biasanya kalau video sudah buffering maka kebanyakan pengguna Facebook akan segera mengabaikannya.

You may also like

0 comments