Trik Penjualan Akhir Tahun yang Cocok Bagi UKM

Small Medium Enterprises Year End Sale Strategy

Selalu ada yang ditunggu dari momen akhir tahun. Bukan soal perayaan tahun baru, tapi berbagai diskon yang kerap diberikan di berbagai departemen store. Bahkan merambahnya online saat ini membuat hampir setiap market place maupun online shop berlomba-lomba menawarkan diskon. Para merek besar bahkan tak mau ketinggalan momentum akhir tahun dalam memberikan diskon.

Tetapi apakah momen tahun baru hanya bisa dimeriahkan oleh para pemain atau merek besar saja? Bagaimana dengan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM)? Adakah kesempatan untuk ikut memeriahkan atau memanfaatkan momentum tahun baru?

Jawabannya, tentu saja ada! Bisnis UKM pun bisa ikut memanfaatkan momen tahun baru untuk meningkatkan penjualan. Bahkan lebih bagus bila dapat mencatatkan laba sebelum tutup buku di penghujung tahun. Tentu saja, metode diskon tetap menjadi daya tarik. Hanya saja, agar pelaku bisnis UKM tidak merugi dan mampu menarik animo pembeli, maka cobalah pergunakan trik penjualan akhir tahun yang cocok bagi UKM ini.

1. Paket Diskon

Untuk apa hanya menurunkan harga jual sebuah produk yang belum tentu diminati pelanggan. Kalau sudah tak diminati, sudah pasti tak akan ada untung yang Anda dapatkan. Sebab metode diskon sangat mengandalkan kuantitas penjualan.

Untuk meminimalisir hal tersebut, sebagai pelaku UKM yang perlu Anda lakukan yaitu dengan menyiasatinya. Cobalah lakukan trik Paket Diskon ini. Caranya, adalah memberikan diskon khusus pembelian jumlah tertentu.

Misal, bisnis Anda bergerak di bidang fesyen. Maka Anda bisa memberikan diskon sebesar 30-50% kepada pelanggan yang membeli baju dan celana sekaligus. Pastikan produk-produk yang Anda tetapkan merupakan satu kesatuan yang membuat pelanggan merasa sayang bila tak memanfaatkan diskon dari Anda.

Dengan trik ini Anda dapat meningkatkan jumlah produk yang dapat terjual. Sebab dalam sekali pembelian paling tidak sudah ada dua produk yang terjual. Dengan begini kuantitas penjualan yang Anda kejar untuk mendapatkan untung pun dapat terpenuhi.

Keuntungan lain trik ini ialah Anda dapat menjual produk yang selama ini kurang laris dengan produk yang laris sebagai pemancingnya. Jadi, untuk penghitungan diskonnya, Anda cukup memotoh harga dari produk yang kurang laris tersebut. Sehingga harga produk yang laris tetap sama. Karena itu, cermatlah dalam menentukan produk yang akan dimasukkan ke dalam paket diskon ini. Pastikan produk yang dijual saling relevan agar membuat pelanggan merasa sayang untuk melewatkannya.

Small Medium Enterprises Year End Sale Strategy
Sumber Gambar: lovelyindeed.com

2. Diskon Volume

Trik diskon ini hampir sama dengan Paket Diskon. Bedanya, trik ini membebaskan pelanggan dalam memilih produk yang mau dibeli. Karena syarat mendapatkan diskon ini ialah pelanggan harus membeli produk Anda dalam jumlah tertentu. Misal, Anda mengharuskan pelanggan membeli lima item produk terlebih dahulu agar bisa mendapatkan diskon 20% dari total harga yang harus dibayar.

Keuntungan yang bisa didapatkan dengan trik ini hampir serupa dengan trik Paket Diskon, yaitu mendorong kuantitas penjualan Anda.

3. Voucher Diskon

Satu hal yang membawa pelanggan mau datang ke toko atau mengakses online shop bila sudah mendapatkan voucher diskon. Para pelanggan bisa mendapatkan voucher diskon tersebut dari berbagai hal, mulai dari

Sebar voucher diskon Anda kepada para pelanggan dan konsumen yang pernah berkunjung ke toko Anda. Caranya bisa melalui email, website maupun SMS. Tentunya, agar bisa melakukan trik ini Anda perlu memiliki data base pelanggan tetap maupun konsumen yang pernah bertransaksi di toko Anda.

Voucher diskon sendiri bisa Anda variasikan, bisa jadi berupa kode unik atau undangan khusus. Keuntungan trik ini tentu saja Anda langsung mennggapai target market dan memberikan diskon berdasarkan kriteria. Misal, untuk pelanggan yang sering bertransaksi Anda memberikan diskon di angka 30%, sedangkan untuk konsumen yang jarang bertransaksi sebesar 50%. Atau sebaliknya bila memang Anda lebih mementingkan pelanggan utama.

4. Flash Sale

Anda bisa memanfaatkan momen akhir tahun dengan mengadakan flash sale. Mungkin Anda dapat menentukan hari-hari tertentu di bulan Desember untuk menjalankan trik ini.

Trik falsh sale ini cocok bagi Anda yang hanya memiliki biaya terbatas untuk mengadakan diskon. Jadi, Anda bisa memberikan diskon hanya pada produk-produk tertentu selama periode flash sale ini tapi dapat terlihat begitu wah di mata pelanggan.

Small Medium Enterprises Year End Sale Strategy
Sumber Gambar: theblendtrend.wordpress.com

5. Gratis Ongkos Kirim

Membebaskan pelanggan dari ongkos kirim juga menjadi bagian dari program diskon. Keuntungannya sangat jelas, Anda tak perlu menurunkan harga produk Anda. Trik ini sangat cocok bila bisnis Anda berhubungan dengan makanan atau minuman ringan, aksesoris atau produk-produk yang tergolong murah dan terjangkau. Dan pastinya hanya akan rugi bila Anda terapkan sistem diskon pada produknya.

Memberikan pengiriman gratis tentu akan membuat senang pelanggan Anda. Apalagi bagi mereka yang mau membeli produk Anda dalam jumlah banyak. Karena itu, sebelum Anda menjalankan trik ini, perhitungkan dulu setiap ongkos kirim yang harus Anda bayar ke sebuah kota dengan ukuran tertentu. Tujuannya memastikan agar Anda tidak merugi karena harus menombok biaya ongkos kirim, sedangkan harga jual produk Anda jauh lebih rendah. Jadi, Anda bisa menentukan syarat bagi pelanggan yang mau mendapatkan gratis ongkos kirim.

Misal, pelanggan Anda yang mendapatkan ongkos kirim gratis bila membeli dengan minimal Rp 50rb. Dan pesanan yang memerlukan pelayanan khusus, seperti harus menggunakan peti atau sebaiknya akan dikenakan biaya tambahan. Atau Anda juga bisa menentukan lokasi-lokasi tertentu, seperti area Jabodetabek atau se-Jawa.

Karena itu, sebelum menjalankan trik ini, Anda harus benar-benar cermat menghitung seberapa besar pengaruhnya terhadap margin keuntungan Anda dari tiap pesanan. Dan Anda juga harus tahu miniman jumlah penjualan yang tertarget agar trik ini dapat menguntungkan Anda.

Inilah 5 trik penjualan akhir tahun yang cocok bagi UKM. Semoga dengan trik-trik ini, Anda pun dapat memanfaatkan momen akhir tahun untuk meningkatkan penjualan. Dan dapat meningkatkan jumlah pelanggan ke toko Anda.

You may also like

0 comments