4 Tips untuk Dongkrak Penjualan Bisnis Ritel di 2018

Retail Business Sales

Tak bisa dipungkiri bila kini banyak toko ritel telah goyah semenjak e-commerce meraja. Bahkan merek-merek besar telah turut berguguran. Sebut saja Hero, Matahari Departemen Store, Seven Eleven, hingga Lotus telah menutup tokonya. Berubahnya budaya masyarakat dari belanja konvensional ke online menjadi salah satu pemicunya tutupnya toko-toko ritel papan atas tersebut.

Namun kenyataan itu tak lantas menjadi tanda bila bisnis ritel telah tamat. Terbukti, masih banyak pemain ritel yang sampai sekarang berdiri dan masih terus berkembang. Tentu saja hal itu tidak terjadi begitu saja. Ada berbagai trik dan strategi yang dijalankan.

Nah, agar bisnis ritel Anda pun dapat bersaing dan turut berkembang di tengah ketatnya persaingan, lebih-lebih di 2018 mendatang, berikut adalah 4 tips yang bisa digunakan untuk mendongkrak penjualan bisnis ritel Anda.

1. Berinovasi Mengikuti Tren

Mengembangkan produk baru yang mengikuti tren dapat menjadi langkah untuk memperkuat bisnis di mata konsumen. Karena dengan terus berinovasi, sudah pasti keberadaan merek Anda tak akan dilupakan oleh konsumen.

Retail Business Sales
Sumber Gambar: timesnews.net

2. Berani Ekspansi

Bisnis ritel identik dengan keberadaan tokoknya secara offline, bukan online. Karena itu jangan takut untuk berekspansi. Apalagi dengan adanya toko-toko Anda di tempat baru, maka akan semakin banyak pelanggan-pelanggan baru yang tersentuh.

Selain itu, keberadaan toko di dekat target market sangat penting. Sebab dengan demikian konsumen bisa melihat langsung berbagai model dan menilai sendiri kualitas produk Anda. Keberadaan toko online juga dapat membantu memperkuat status toko online Anda nantinya.

3. Membuka Peluang Kemitraan

Jangan selalu memikirkan persaingan hanya dari segi produk. Anda bisa mulai bersaing dengan membuka peluang kemitraan. Ada banyak jenis kemitraan yang bisa ditawarkan kepada publik, mulai dari sistem waralaba, reseller hingga dropshiper.

Dengan membuka kemitraan maka Anda dapat semakin jauh menjangkau konsumen. Lebih lagi, para mitra Anda pun tak langsung sudah menjadi bagian dari tim marketing Anda. Karena melalui mereka, produk-produk Anda akan menemui pembelinya.

Retail Business Sales
Sumber Gambar: inbound.org

4. Mengembangkan Situs Sendiri

Kebanyakan pelaku ritel sudah memanfaatkan berbagai market place yang ada di Indonesia. Hal tersebut boleh saja Anda tiru, tapi jangan lupa untuk membangun situs merek Anda sendiri.

Konsumen tentunya akan jauh lebih percaya bila Anda memiliki situs sendiri yang menerangkan secara detail berbagai produk Anda. Lebih lagi, di situs tersebut Anda bisa sematkan alamat setiap gerai toko. Dengan demikian, konsumen pun bisa memiliki dua alternatif, yakni langsung berbelanja di situs Anda atau lebih memilih datang ke gerai agar bisa langsung mencoba sebelum membeli.

Inilah 4 tips yang kelihatannya sederhana untuk dilakukan, tapi sebetulnya akan sangat membantu bisnis ritel Anda dalam mendongkrak penjualan di tahun yang baru. Pada dasarnya, jangan berhenti berinovasi, menjalin relasi dan berkolaborasi dalam menjalankan bisnis. Selamat menjalankan tips-tips ini dan selamat berbisnis!

You may also like

0 comments