Pentingnya Aplikasi Mobile Bagi Bisnis Masa Kini

The Importance of Mobile Application

Era digital telah membentuk kebutuhan baru bagi manusia, yakni memiliki smartphone. Bila dulu smartphone bukanlah benda penting yang mesti dimiliki, namun agaknya kali ini smartphone telah menjadi benda yang wajib dimiliki. Lihat saja, seseorang bisa memiliki lebih dari satu smartphone. Padahal manfaat dan fungsi yang digunakan pun sama.

Tak heran, budaya baru ini pun banyak dimanfaatkan oleh para pelaku bisnis agar lebih mudah menjangkau konsumen. Salah satunya dengan menciptakan aplikasi mobile. Sebab kini semua orang sangat suka kepraktisan, maka dengan memiliki aplikasi mobile, sebuah bisnis telah menawarkan kepraktisan tersebut.

Tapi mungkin bagi Anda yang memiliki skala bisnis kecil dan menengah sempat terpikir bila memiliki aplikasi mobile belumlah penting. Aplikasi mobile hanya penting bagi sebuah bisnis berskala besar. Padahal, kenyataannya tak begitu. Karena justru bila Anda tak memulai untuk menciptakan aplikasi mobile sejak dini, maka Anda akan tertinggal selangkah ke belakang dibanding kompetitor.

Namun, bila Anda masih merasa belum yakin bila aplikasi mobile sudah menjadi bagian penting bagi bisnis masa kini. Berikut ini terangkum 5 alasan mengapa aplikasi mobile sangat penting bagi bisnis, sekalipun berskala kecil.

1. Memudahkan Identitas Merek

Memiliki aplikasi mobile berarti Anda telah membuka pintu awal bagi konsumen untuk mengenal merek dan produk Anda. Biasanya, selain melalui website, calon konsumen akan lebih mudah mengenal identitas sebuah merek melalui keberadaan aplikasi mobile.

Apalagi aplikasi mobile memiliki keunggulan dibanding website, yakni simpelnya tampilan di ponsel. Hal ini membuat calon konsumen akan lebih senang mencari tahu tentang merek Anda. Ingatlah kata pepatah bahwa tak kenal maka tak sayang. Boleh jadi, dengan pengenalan melalui aplikasi mobile yang sederhana, calon konsumen akan menjadi pelanggan loyal Anda.

The Importance of Mobile Application
Sumber Gambar: accenture.com

2. Langsung Menjangkau Target Market

Aplikasi mobile bukanlah sekedar pelengkap apalagi gaya-gayaan bagi sebuah bisnis. Keberadaan aplikasi mobile berfungsi layaknya kantor. Di aplikasi mobile, konsumen dapat menemukan berbagai informasi, mulai dari jenis produk dan harga, berita terkini, pemesanan, sampai informasi event atau promosi terkini juga dengan mudah akan didapatkan oleh konsumen.

Karena itu, dengan memiliki aplikasi mobile, bisnis Anda akan jauh lebih mudah untuk menjangkau target market. Sebab segala informasi tak perlu lagi melalui perantara seperti media televisi, cetak atau online. Tetapi terasa lebih personal karena informasi akan langsung diterima oleh target market.

3. Menciptakan Konsumen Experience

Konsumen experience, atau pengalaman pelanggan menjadi hal penting untuk diberikan bagi sebuah merek. Sebab dengan ini maka antara merek dan pelanggan akan merasa memiliki kedekatan yang bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Tapi bagaimana sebuah aplikasi mobile bisa melakukan itu?

Salah satunya dengan keberadaan fitur chating atau pesan. Fitur tersebut dapat membuat konsumen dan merek terhubung secara langsung. Konsumen pun bisa lebih aktif dalam menjalin komunikasi dengan merek. Misalnya saja untuk menyampaikan saran dan kritik, testimoni atau segala bentuk pertanyaan. Dengan begitu, konsumen pun bisa merasakan langsung bagaimana merek Anda melayani setiap konsumennya hanya dari aplikasi mobile.

4. Nilai Lebih di Mata Konsumen

Sebuah merek biasanya akan memberi keuntungan lebih kepada pelanggan yang memiliki aplikasi mobile-nya dibanding yang tidak. Contoh sederhananya, sebuah merek akan menyebar voucher diskon ke pelanggannya khusus pembelian melalui aplikasi mobile.

Ada lagi berbagai program yang dibuat oleh sebuah merek agar aplikasi mobile-nya memiliki nilai lebih di mata konsumen. Bisa dengan program poin berhadiah, potongan harga, atau bahkan hadiah langsung. Tentu dengan berbagai program tersebut, merek Anda akan lebih dipandang bernilai di mata konsumen.

The Importance of Mobile Application
Sumber Gambar: inerun.com

5. Dianggap Lebih Wah Dibanding Kompetitor

Bisnis masa kini perlu memiliki aplikasi mobile karena bisa menciptakan stigma di benak pelanggan. Percaya atau tidak, konsumen akan menganggap sebuah merek yang memiliki aplikasi mobile pasti lebih maju dan wah dibandingkan yang tidak punya. Lantaran memang saat ini hanya merek atau bisnis skala besar yang sudah “siap” saja yang memiliki aplikasi mobile. Sementara bagi merek baru atau bisnis startup, hanya segelintir yang memahami pentingnya aplikasi mobile.

You may also like

0 comments