Tantangan dan Kelebihan Mobile Marketing di Indonesia

Mobile Marketing in Indonesia

Tanpa disadari, perkembangan mobile marketing di Indonesia kian tumbuh dan berkembang. Tapi sebelum bicara lebih jauh, apakah Anda tahu apa yang termasuk mobile marketing? Mobile marketing adalah segala sesuatu bentuk pemasaran yang memanfaatkan gawai semacam tablet maupun smartphone.

Berkembangnya mobile marketing tak terlepas dari pengguna smartphone atau tablet yang terus bertumbuh. Pasar mobile sendiri meningkat sebab kini segala macam kegiatan telah bisa dilakukan hanya dari sebuah smartphone. Mulai dari berkirim pesan, belanja, beli pulsa, hingga urusan perbankan bisa dilakukan lewat sentuhan jari.

Bahkan tak sedikit pemilik smartphone atau tablet yang menggunakan banyak aplikasi hanya untuk satu urusan yang sama. Seperti memiliki dua-tiga aplikasi pesan dan media sosial yang fungsinya sama, bersosialisasi di dunia maya. Inilah alasan mengapa perusahaan perlu fokus menyentuh dan mengembangkan pasar mobile.

Lantas, seperti apa tantangan yang dihadapi oleh pelaku mobile marketing ini?

1. Konsumen Risih oleh Iklan

Kenyataannya, meskipun dapat dipastikan jika pengguna smartphone atau tablet sangat aktif dan sering beraktivitas di gawainya, tapi mereka tidak suka dengan kemunculan iklan. Bahkan konsumen tak segan melepas aplikasi dari ponselnya yang dianggap terlalu banyak memunculkan iklan.

Mobile Marketing in Indonesia
Sumber Gambar: pestleanalysis.com

2. Mudahnya Diunduh dan Dihapus Konsumen

Kemudahan mengunduh dan memasang aplikasi gratis ke perangkat smartphone atau tablet membuat tak sedikit konsumen sangat mudah untuk melepas atau menghapusnya jika aplikasi tersebut dianggap sudah tak layak lagi. Atau sudah membosankan. Inilah yang membuat mobile marketing akan menemukan tantangan besar.

Karena itu dalam hal ini bagi Anda yang bergerak sebagai penyedia aplikasi, buatlah aplikasi degan fungsi yang spesifik dan ringan.

Lantas bagaimana dengan kelebihan mobile marketing?

3. Dapat Merekam Perilaku Konsumen

Saat ini bisa dikatakan bahwa kita sudah memasuki era big data. Teknologi mobile ini sangat fokus pada teknologi berbasis data. Karena itu, pada industri mobile ini sebuah peruahaan bisa merekam aktivitas maupun pergerakan pelanggannya. Kemudian mengumpulkan data-data yang diperlukan, mengolahnya dan menggunakan informasi tersebut dalam merancang dan menjalankan strategi mobile marketing berikutnya.

Salah satu kelebihan mobile marketing adalah perusahaan bisa menciptakan sesuatu yang relefan dan lebih mudah mengatur prioritas dalam mengeksekusi strategi yang diramu.

4. Lebih Mudah Menentukan Konten

Dengan bentuk industri yang serba data, menjadikan pelaku mobil marketing ini punya keuntungan dalam menentukan konten. Pasalnya, kita bisa tahu konten apa yang dibutuhkan dan disukai sesuai dengan segmen pelanggan berdasarkan rekan jejak aktivitasnya.

Selain itu, pelaku mobile marketing akan lebih mudah dalam menggonta-ganti konten yang ingin disampaikan dalam waktu singkat. Bisa disesuaikan dengan tren. Tentu hal ini tak bisa dilakukan oleh pemasar di televisi maupun billboard. Karena itu jangan heran apabila Anda menemukan konten berbeda dari sebuah produk yang sama saat membuka smartphone atau tablet di pagi dan sore hari.

Mobile Marketing in Indonesia
Sumber Gambar: businesswolf.org

5. Lebih Mudah Memetakan Kesukaan Konsumen

Melihat perkembangan banyak aplikasi mobile saat ini, kita tentu bisa menebak bila konsumen akan sangat tertarik pada tren pemasaran lewat video maupun pesan suara. Sebab mengingat setiap pengembang yang aplikasinya disematkan fitur video maupun suara menjadi paling banyak digunakan. Beberapa contohnya, Line, WhatsApp, bahkan Facebook.

Apakah Anda termasuk pelaku mobile marketing?

You may also like

0 comments