Trik Menciptakan Komunikasi Penjualan Efektif

Effective Sales Communication

Seorang sales tentu diwajibkan menguasai product knowledge sebelum presentasi di muka umum, atau bertemu calon pembeli untuk menawarkan produk atau jasa. Tapi untuk bisa menjual dan mendorong calon pembeli agar benar-banar membeli tidak cukup hanya mengandalkan hal itu.

Keterampilan berkomunikasi adalah hal yang tak kalah penting dibandingkan product knowlegde. Hal ini memang kedengarannya mudah, tapi sebetulnya agak sukar untuk dilakukan. Sebab bila mudah, sudah pasti seluruh sales di dunia ini selalu bisa mencapai bahkan melebihi target yang diminta perusahaan. Tapi hal itu tak pernah terjadi, bukan?

Karena itu jangan remehkan kekuatan komunikasi penjualan. Utamanya bisa berkomunikasi yang efektif sehingga membuat tingkat keberhasilan untuk menutup penjualan menjadi tinggi.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa melakukan komunikasi penjualan efektif? Berikut adalah trik yang bisa Anda ambil dan jalani.

1. Beri Informasi Selengkap Mungkin

Sebagai seorang penjual, tentu Anda harus memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan selengkap mungkin kepada pelanggan. Tujuannya agar pelanggan benar-benar memahami apa yang Anda tawarkan, kelebihan apa yang dimiliki produk atau layanan Anda, kualitas yang dipunya hingga sepadan atau tidaknya harga yang ditawarkan.

Jangan sampai ada informasi yang terlewatkan oleh calon pembeli mengenai produk atau jasa yang Anda tawarkan. Sebab sedikit saja kurangnya informasi yang diterima dapat membuat calon pembeli berpikir ulang untuk membeli.

Effective Sales Communication
Sumber Gambar: dreamstime.com

2. Sampaikan Dengan Singkat, Padat, Jelas

Memberikan informasi secara lengkap bukan berarti Anda harus berbicara panjang lebar, berputar-putar, atau bahkan sampai menyita waktu calon pembeli hanya untuk mendengarkan Anda mengoceh tiada henti. Ingatlah bila hal itu justru akan membuat calon pembeli merasa jenuh. Karena itu gunakanlah kalimat yang singkat, padat dan jelas.

Singkat di sini berarti memberikan informasi langsung pada intinya. Tak perlu memberikan contoh terlalu banyak dan berlebihan. Bahkan kalau sampai bicara di luar konteks. Dan lakukan konfirmasi berulang-ulang untuk memastikan calon pembeli Anda sudah memahami produk atau jasa Anda.

3. Jangan Berdebat

Kadang kala ada saja calon pembeli yang kerap meremehkan produk atau jasa yang kita tawarkan, dan tak jarang membandingkannya dengan kompetitor yang dirasa lebih oke. Bahkan ada juga calon pembeli yang sudah bisa menilai produk atau jasa yang kita tawarkan hanya dari omongan orang lain. Bila Anda mengalami hal seperti itu, tak perlu terlalu mendebat.

Di sinilah peran komunikasi efektif penjualan sangat perlu digunakan. Tetaplah tenang, dan berikan penjelasan sesuai dengan yang ditanyakan atau diminta calon pembeli tanpa perlu menghakimi. Berikan juga pernyataan logis, bahkan bila perlu berdasarkan data untuk meyakinkan calon pembeli. Karena itu Anda perlu mempersiapkan data-data terkait yang sekiranya akan dipertanyakan bahkan diragukan oleh calon pembeli.

Effective Sales Communication
Sumber Gambar: linkedin.com

4. Berikan Win-Win Solution

Salah satu hal yang membuat pelanggan ragu untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, yaitu adanya pertimbangan. Entah dari segi harga yang masih kemahalan menurut calon pembeli, atau adanya pilihan serupa tapi dengan kelebihan dan kekurangan berbeda.

Jadi, untuk mengantisipasi hal itu, ciptakanlah peran seorang marketing sebagaimana mestinya. Berikan pertimbangan yang matang yang bersifat win-win solution bagi Anda dan calon pembeli. Dengan begitu keraguan di dalam diri calon pembeli akan menghilang.

5. Pastikan Bila Calon Pembeli Memang Butuh

Hal lain yang membuat penjualan tak dapat berjalan efektif, yakni kurangnya kemampuan untuk meyakinkan bahwa calon pembeli benar-benar membutuhkan produk atau jasa yang Anda tawarkan. Karena itu sampaikan manfaat produk atau jasa yang Anda tawarkan dengan jelas. Buatlah calon pembeli merasa sangat memerlukannya.

6. Jangan Buang-Buang Waktu

Dalam komunikasi penjualan efektif, tentu juga mengharuskan adanya efektivitas waktu. Jangan terlalu lama dalam menjelaskan, memaparkan hingga melakukan demo produk. Waktu bagi calon pembeli sangatlah berharga. Dengan bisa melakukan komunikasi yang terarah, singkat, padat dan jelas, juga akan berdampak pada penilaian calon pembeli kepada Anda.

You may also like

0 comments