4 Cara yang Membantu Loyalty Program Anda Berhasil

Loyalty Program Tips

Mendapatkan konsumen baru mungkin menjadi pekerjaan berat bagi sebuah merek, tapi menjadikan konsumen sebagai pelanggan loyal merupakan pekerjaan yang jauh lebih berat. Loyalty program pun menjadi cara umum yang dilakukan sebuah merek untuk membentuk pelanggan loyal. Namun, sudah pasti hampir semua merek memiliki loyalty program-nya sendiri-sendiri.

Tapi, umumnya loyalty program yang dibuat yakni lewat kartu merembership dengan keuntungan poin dan diskon. Dan itu sudah marak digunakan oleh banyak merek saat ini. Bila merek Anda menggunakan metode serupa, maka jangan harap Anda bisa mendapatkan pelanggan loyal.

Selain itu, maraknya loyalty program dengan cara yang hampir serupa tentu akan membuat konsumen jenuh. Dan bukan tak mungkin mereka akan menolak loyalty program dari Anda. Karena itu Anda perlu mencari cara kreatif untuk membuat loyalty program yang baru. Apalagi saat ini yang konsumen cari adalah loyalty program yang nyaman, personalisasi yang lebih baik, dan reward yang cepat.

Mungkin saat ini Anda bertanya-tanya bagaimana menciptakan loyalty program yang bagus agar tujuan dapat tercapai? Berikut ini adalah 6 cara yang dapat menjadi jawaban dari pertanyaan Anda.

1. Sentuh Ranah Digital

Saat ini hampir semua kegiatan sudah bisa dilakukan melalui smartphone, seperti memesan makanan, berbelanja, hingga membayar tagihan. Tentunya kita perlu mengikuti perkembangan zaman dengan tak hanya mengandalkan loyalty program melalui kartu fisik. Tapi, juga perlu menyentuh ranah digital, salah satu caranya melalui mobile apps.

Dengan menyediakan mobile apps, maka pelanggan akan mendapatkan kenyamanannya. Mereka cukup mengecek point reward dan mendapatkan berbagai penawaran promo lebih mudah, cepat, dan personal.

Loyalty Program Tips
Sumber Gambar: technologyadvice.com

2. Reward yang Tak Hanya Diskon

Reward tak mesti harus berupa poin yang dapat ditukar dengan klaim diskon bagi pelanggan. Cobalah untuk memulai memberikan reward yang dapat digunakan pelanggan untuk mendapatkan merchandise, voucher diskon merchant, atau bahkan produk eksklusif gratis dari merek Anda. Dengan begitu pelanggan pun akan berlomba-lomba mengumpulkan poin dengan terus berbelanja ke merek Anda.

Jangan ragu untuk memberikan reward berupa pemberian gratis kepada pelanggan karena mereka adalah aset berharga Anda.

3. Ciptakan Kedetakan Personal

Saat ini pendekatan personal bisa dibilang sebagai cara jitu sebuah merek untuk bisa merangkul konsumen menjadi pelanggan. Untuk itu, Anda akan lebih mudah melakukan pendekatan personal kepada pelanggan apabila memiliki mobile apps yang mudah diakses.

Selain itu, Anda juga dapat mempertahankan komunikasi dua arah bersama pelanggan dengan memanfaatkan mobile apss melalui fitur chat. Dengan begitu pelanggan dapat lebih mudah bila ingin melakukan penukaran barang, pencairan reward, meminta program, dan sebagainya.

Atau Anda bisa menciptakan fitur semacam asisten pribadi yang dapat mengingatkan kepada pelanggan batas penukaran poin maupun rekomendasi reward yang bisa dipilih.

Loyalty Program Tips
Sumber Gambar: makingdifferent.com

4. Manfaatkan Data Pelanggan untuk Kepentingan Mereka

Loyalty program, entah dengan membership yang memerlukan kartu maupun mobile apps, tentu merekam berbagai kegiatan yang sudah dilakukan pelanggan. Selain itu, berbagai informasi pelanggan pun sudah tersimpan di sana. Di sinilah Anda bisa memanfaatkan rekam kegiatan dan informasi pelanggan untuk kepentingan mereka. Caranya?

Anda bisa memberikan akses kepada pelanggan mengenai barang apa saja yang sudah pernah dibeli sebelumnya, program reward yang sudah pernah ditukar sebelumnya, atau program reward yang paling mungkin ditukarnya dalam waktu dekat.

Atau Anda bisa mencontoh Starbucks yang membuat baristanya tahu kopi seperti apa yang biasa dipesan seorang pelanggan. Dengan begitu pelanggan tak perlu lagi menyebutkan permintaannya. Anda juga bisa memberikan promo khusus di hari ulang tahun pelanggan.

Bagaimanapun, Anda perlu untuk terus berinovasi membuat berbagai hal yang berbeda untuk loyalty program Anda agar dapat menarik. 4 cara di atas bisa menjadi awal bagi loyalty program Anda agar bisa berbeda dari yang lain. Setelah itu, Anda masih perlu terus mengembangkan lagi loyalty program Anda agar dapat terus mendatangkan pelanggan baru dan mempertahankan pelanggan lama.

You may also like

0 comments