5 Jenis Bisnis yang Akan Booming di Tahun 2018

Popular business in 2018

Memasuki awal tahun yang baru pastinya akan dibarengi oleh banyak prediksi atau perkiraan akan sesuatu hal yang dirasa penting di tahun tersebut. Tak terkecuali tahun 2018 ini, berbagai prediksi telah bermunculan. Mulai dari prediksi tren marketing dan sales, tren media sosial, dan kali ini mengenai tren bisnis yang akan booming

Berbicara tren bisnis, belakangan ini geliat entrepreneurship di Indonesia memang sedang tinggi. Tak heran bila banyak bisnis-bisnis baru bermunculan. Tapi, tetap saja, setiap bisnis memiliki peluang yang berbeda-beda untuk bisa bertahan apalagi booming di tahun 2018 ini. Era digital menjadi salah satu faktor berbedanya peluang dari setiap jenis bisnis.

Lantas, jenis bisnis seperti apa yang akan booming di tahun 2018 ini?

1. Startup Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Go-Jek menjadi salah satu startup Indonesia berbasis TIK yang nilai bisnisnya terus merangkak naik. Berbagai investor kelas dunia pun tak segan menggelontorkan dana besar untuk bisnis usungan Nadiem Makarim ini. Tentu para investor sekelas Tencent tak asal menggelontorkan dana kepada sebuah perusahaan. Sebab para investor percaya bia perusahaan berbasis TIK tersebut akan terus berkembang setiap tahunnya.

Tentu Go-Jek menjadi salah satu gambaran nyata bagaimana menjanjikannya bisnis TIK ini di masa depan. Sebab itu, bisnis jenis ini pun diprediksi masih akan booming di tahun ini. Perusahaan startup berbasis TIK akan terus bermunculan.

Jadi, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk Anda segera mulai mendirikan perusahaan startup sendiri. Bila Anda bingung dari mana harus melangkah, cobalah untuk melihat dan menyadari apa yang dibutuhkan oleh masyarakat saat ini.

Popular business in 2018
Sumber Gambar: mommiesdaily.com

2. Startup e-Commerce

Hampir serupa dengan jenis bisnis di atas, namun untuk bisnis e-Commerce ini lebih spesifik untuk menjual produk seperti online shop, market place, maupun mall online. Beberapa startup lokal yang berhasil besar di jenis bisnis ini ialah Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Tiket.com.

Bila melihat betapa besarnya kegandrungan masyarakat terhadap internet, maka bisnis jenis ini sudah dipastikan dapat booming di tahun 2018. Apalagi, menurut data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), hingga tahun 2019 nanti transaksi e-commerce di Indonesia akan mencapai Rp 130 triliun.

3. Jasa Digital Agency

Sejalan dengan makin banyaknya bisnis berbasis TIK maupun e-commerce yang tumbuh, maka semakin ketat juga persaingan yang akan muncul. Di sinilah sebuah peluang dapat Anda temukan untuk bisa memanfaatkan persaingan tersebut. Peluang yang dimaksud ialah dengan membuka jasa digital agency.

Jasa jenis ini tentu akan banyak dibutuhkan oleh para pelaku bisnis yang sudah go digital. Pasalnya tak mudah untuk bisa menaruh situs di awal halaman mesin pencari. Sebab untuk bisa berada di peringkat teratas mesin pencari diperlukan beberapa hal yang mesti diperhatikan, seperti media sosial, buzzer, endorsement, dan banyak lagi. Karena itulah jasa digital agency ini amat dibutuhkan.

4. Menjadi YouTuber

Menjadi YouTuber juga termasuk sebagai jenis bisnis? Tentu saja. Selama itu bisa memberikan keuntungan berupa materi, maka hal tersebut masih masuk sebagai kategori bisnis. Apalagi, YouTuber pun kini sudah sangat dikenal oleh publik dan sama tersohornya seperti selebriti.

Tapi, menjadi YouTuber di sini bukan berarti Anda mesti bergerak seorang diri dengan rajin ngevlog. Anda tetap bisa menjadi YouTuber sebagai wajah sebuah perusahaan. Caranya? Anda bisa memposisikan diri sebagai channel yang khusus membahas gadget terbaru dan review, berbagai film terbaru, tutorial bisnis, dan sebagainya.

Popular business in 2018
Sumber Gambar: businessnewsdaily.com

5. Food Truck

Jenis bisnis satu ini barangkali lebih terkesan konvensional dibanding empat poin sebelumnya. Tapi, tren bisnis food truck memang diprediksi akan booming pada 2018 ini. Pasalnya, jenis bisnis ini kian diminato oleh banyak pengusaha kuliner agar dapat menjangkau pembeli lebih jauh. Pasalnya, food truck ini bisa digunakan untuk berpindah-pindah tempat dan cocok digunakan berjualan di mana pun, seperti di taman kota, pinggir jalan, hingga di sebuah event.

Hal yang membuat food truck akan booming lantaran diyakini dapat lebih menghemat pengeluaran untuk sewa kos yang kian mahal. Di lain sisi, food truck sendiri dapat berkembang dan merambah bisnis lain, seperti salon truck, vape truck, atau market truck layaknya apa yang sudah dilakukan Alfamart dan Indomart.

Jadi, setidaknya ada lima jenis bisnis yang diprediksi dapat booming di tahun 2018. Kelima jenis bisnis ini dapat booming di 2018 lantaran selalu dapat memberikan hal baru bagi konsumen di market. Semoga dengan ini Anda bisa memilih salah satu dari kelima bisnis untuk kemudian Anda bentuk dan jalankan. Ini masih di awal tahun, tentu akan sangat menjanjikan bila Anda segera memula semuanya sekarang.

You may also like

0 comments