3 ‘Si’ yang Bisa Tingkatkan Penjualan Anda Saat Ini

Increase Sales

Bukan hanya cara pemasaran yang perlu menyesuaikan pada perubahan zaman saat ini, cara menjual pun perlu beradaptasi pada perubahan yang terjadi. Kenapa perlu? Karena bila tidak menyesuaikan perubahan maka sudah pasti penjualan yang dilakukan tak akan mendapatkan hasil. Justru nantinya bisnis Anda akan bangkrut.

Saat ini kita memang sedang berada di era disruptif. Era perubahan yang begitu cepat terjadi sehingga tak jarang merusak pasar konvensional. Tentunya di era seperti ini diperlukan keluwesan dalam melakukan penjualan.

Tutupnya toko-toko ritel dari merek kenamaan di Indonesia dalam beberapa tahun belakangan ini bisa menjadi contoh nyata bagaimana cara baru dalam menjual diperlukan. Pasalnya, tutupnya toko-toko tersebut tak terlepas dari berubahnya budaya masyarakat dalam berbelanja. Masyarakat Indonesia saat ini lebih suka berbelanja melalui ponsel ketimbang langsung ke toko. Alhasil, pendapatan toko pun berkurang hingga tak bisa menutupi biaya operasional.

Lantas, apakah ada hal yang bisa disiasati dari kondisi seperti ini? Tentu ada, yakni dengan mengikuti perubahan. Sebab bila tidak, maka nasib bisnis Anda tak akan berbeda dengan peritel yang tokonya sudah tutup, atau seperti nasib para tukang ojek, supir angkot maupun taksi yang tetap akan kehilangan konsumen bila tidak mau mengikuti perubahan.

Untuk itu, dalam menghadapi cepatnya perubahan zaman seperti sekarang ini, yang perlu Anda lakukan hanyalah menjual dengan konsep 3 ‘si’. Apa itu?

1. Adaptasi

Si yang pertama adalah adaptasi. Sebagaimana prinsip utama dari adaptasi, yakni untuk bertahan hidup, Anda pun perlu beradaptasi dalam hal penjualan bila ingin bertahan hidup. Lalu, adaptasi seperti apa yang perlu dilakukan?

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah melek teknologi. Saat ini para sales telah mengenal banyak teknologi hingga platform yang banyak mendukung aktivitas penjualan. Karena itu, bila ingin bertahan Anda perlu melek teknologi. Cari tahu software hingga platform apa yang bisa mendukung aktivitas penjualan Anda.

Increase Sales
Sumber Gambar: medium.com

2. Koneksi

Koneksi bukan hanya diperlukan dalam memperluas pemasaran, tetapi juga dalam meningkatkan penjualan. Dengan koneksi yang luas, tentu pasar Anda akan semakin terbuka lebar dan kesempatan untuk mencapai target dalam menjual semakin besar tergapai.

Selain itu, koneksi menjadi penting lantaran dalam bisnis juga ada yang namanya kepercayaan dan kedekatan. Kepercayaan dan kedekatan ini perlu untuk dibentuk dan dijaga dalam bisnis.

Mungkin Anda pernah mendengar contoh kasus, ada seorang sales mobil dari pabrikan tertentu yang punya koneksi dengan seorang pengusaha. Dan setiap kali akan membeli mobil, entah untuk keperluan pribadi maupun mobil perusahaan, pengusaha tersebut akan selalu mengontak sales yang dikenalnya. Karena sudah saling kenal, si pengusaha berpikir bila proses pembelian akan lebih mudah dan cepat. Sang sales pun tak akan ragu membuat tanda jadi sebab sudah mengenal pengusaha tersebut. Inilah manfaat dari koneksi yang dimaksud.

Increase Sales
Sumber Gambar: x5management.com

3. Inovasi

Si yang terakhir adalah inovasi. Tentu inovasi sangat perlu dilakukan di zaman yang disruptif ini. Inovasi pun bukan hanya dituntut harus dilakukan kepada marketer, tapi juga kepada sales. Tentunya Anda perlu mencari cara dan teknik baru dalam menjual di setiap waktu. Apalagi cara menjual digital dan konvensional tentu berbeda.

Contoh cara menjual yang tak memiliki inovasi seperti para sales kartu kredit yang biasa menunggu di dekat ATM center sebuah mal. Coba Anda amati bagaimana cara mereka berjualan, mereka selalu menyodorkan brosur sambil mengatakan kalimat yang itu-itu saja. Bukankah cara yang sama seperti itu akan sulit memikat pelanggan?

Barangkali andai mereka menjual dengan cara yang baru dan berbeda, seperti sambil bernyanyi yang diiringi musik atau sambil menunjukkan beberapa atraksi, paling tidak mereka akan mendapatkan perhatian konsumen.

Bagaimanapun perubahan akan selalu terjadi, bukan hanya saat ini saja tapi juga di kemudian hari. Apalagi mengingat saat ini era teknologi sudah maju betapa cepat. Bukan tak mungkin perubahan pun akan terjadi setiap hari. Tentunya Anda harus siap menghadapi segala jenis perubahan. Dan untuk urusan menjual, tentu Anda akan dapat lebih siap menghadapi berbagai perubahan dengan 3 ‘si’ yang sudah dipaparkan di atas.

You may also like

0 comments