Qontak WhatsApp

3 Cara Menambah Kepuasan Anggota Tim sehingga Berdampak Positif Bagi Bisnis

Team Member Satisfaction

Tidak hanya memastikan segala sesuatunya berjalan dengan baik dari luar, Anda perlu juga menjaga keutuhan anggota tim yang berkolaborasi dengan Anda untuk menjalankan bisnis Anda. Untuk bisa menciptakan suasana yang harmonis di tempat kerja, Anda sebagai bagian dari bisnis tersebut perlu mengusahakannya. Tidak hanya melulu tentang kompensasi yang sepadan, sumber kebahagiaan dan kepuasan dari anggota tim Anda dapat pula datang dalam bentuk apresiasi dan koneksi satu dengan yang lainnya. Jika Anda tidak mau kehilangan karyawan terbaik yang sudah susah payah Anda rekrut, Anda perlu melakukan tiga hal berikut.

  1. Katakan terima kasih secara lebih sering

Mungkin tampak sederhana, namun mengucapkan terima kasih dan menunjukkan penghargaan Anda pada anggota tim atau karyawan Anda dapat membuat mereka merasa lebih bahagia. Hal ini menunjukkan bahwa apresiasi dalam bentuk ekspresi pun juga dibutuhkan dan sangat penting untuk membuat anggota tim tetap termotivasi dan merasa didukung meski dalam bentuk yang sederhana.

Team Member Satisfaction
Sumber Gambar: linkedin.com
  1. Berkomunikasilah secara lebih transparan sebagai salah satu dari nilai yang Anda junjung dalam bisnis Anda

Untuk para anggota tim Anda, terutama generasi muda yang termasuk ke dalam golongan millennial, cara Anda berkomunikasi merupakan pertimbangan utama bagi mereka. Generasi muda ini menyukai transparansi dan diskusi terbuka yang jujur sebagai gaya komunikasi utama dalam berbisnis. Bentuk-bentuknya beragam, mulai dari mengapresiasi secara grup, memperhatikan secara individual dan bentuk apresiasi berupa tanggung jawab lebih. Semuanya bersumber dari kultur yang Anda tetapkan di dalam lingkungan pekerjaan, jika kultur yang Anda sepakati di awal konsisten dan berintegritas, maka anggota tim Anda akan menjadi lebih bahagia dan interaktif.

Team Member Satisfaction
Sumber Gambar: irishtimes.com
  1. Diperlukannya perbaikan teknologi yang digunakan

Penggunaan teknologi yang maju dalam tim Anda dapat memberikan pengalaman terbaik bagi orang-orang tersebut. Baik itu peralatan maupun perangkat lunak, pastikan anggota tim Anda memiliki akses ke berbagai fasilitas ini untuk membantu memaksimalkan pekerjaan mereka. Teknologi yang tidak terdepan dapat memperlambat dan menyulitkan anggota tim Anda, mudah membuat mereka merasa frustrasi.

Dengan menyediakan kebutuhan akan fasilitas terbaik ini, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda menghargai pekerjaan mereka dan Anda tetap mengikuti teknologi terkini untuk mendukung bisnis Anda. Selalu update diri Anda dengan informasi teknologi di sekitar Anda dan implementasinya yang tepat bagi bisnis Anda.

Saat Anda menunjukkan bahwa Anda memikirkan anggota tim Anda dan kebutuhan mereka serta memperhatikan kebahagiaan masing-masing individu di dalam tim Anda, secara tidak langsung Anda sudah menciptakan lingkungan kerja yang positif untuk bisnis Anda. Anggota tim yang berbahagia dan puas dengan pekerjaannya dapat pula berdampak pada kepuasan pelanggan Anda.

You may also like

By