Qontak WhatsApp

Cara Membangun Network Bagi Orang Introvert

Orang introvert adalah mereka yang merasa tidak nyaman berada di antara banyak orang dan tidak begitu menyukai interaksi dan bersosialisasi, terutama dengan orang asing. Mungkin, Anda termasuk di antara tipe orang berkepribadian introvert alias tertutup. Anda pun menyadari bahwa untuk melakukan networking di mana Anda harus terlibat dengan banyak percakapan dengan orang lain membuat Anda merasa gugup. Rasa gugup ini akhirnya sering membuat Anda menghindari pembicaraan dengan orang lain, dan secara sadar, Anda sudah melewatkan berbagai kesempatan networking potensial untuk bisnis Anda.

Jika Anda seorang introvert, Anda perlu menguasai cara-cara lain untuk melakukan networking dengan lebih percaya diri dan efektif, meski tanpa bertatap muka secara langsung. Cara-cara ini dapat disimpulkan menjadi satu aktivitas utama yang harus dikuasai penuh oleh seorang introvert, yaitu menulis. Di mana saja dan bagaimana Anda dapat menulis sebagai sarana berkomunikasi dan networking utama Anda?

Di website pribadi Anda

Sumber gambar: lonelybrand.com

Memiliki website pribadi di mana Anda bisa bebas memproduksi pikiran Anda dalam bentuk tulisan akan menjadi portfolio yang  mewakili siapa diri Anda sendiri. Dengan tulisan yang baik dan berkualitas, orang-orang akan datang dan ingin bekerja sama dengan Anda. Masukkan testimonial dari orang-orang yang sudah lebih dahulu bekerja sama dengan Anda dan tampilkan juga pernyataan misi Anda serta kata-kata yang mempromosikan siapa diri Anda semenarik mungkin tanpa melupakan manfaat yang dapat diterima orang lain jika memutuskan bekerja sama dengan Anda. Tampilkan kisah yang menarik bagi orang lain, yang memberikan ruang untuk pengunjung website Anda untuk meresponinya dan percaya akan kredibilitas Anda.

Di blog atau newsletter Anda

Sumber gambar: theindiechicks.com

Jika Anda sudah memiliki jam terbang yang tinggi di website Anda, saatnya Anda mengumpulkan database pengunjung tetap website Anda yang memang menyukai tulisan Anda. Bangun email signup dan update para subscriber lewat newsletter, agar selalu ada alasan bagi mereka untuk tetap terkoneksi dengan Anda dan jasa yang Anda tawarkan. Anda dapat juga memposisikan diri Anda sebagai ahli dalam hal yang Anda bahas dan penyedia informasi terpercaya bagi para customer Anda. Masukkan call to action di bagian-bagian tepat dalam tulisan Anda untuk memicu terjadinya perputaran keuntungan.

Lewat aktivitas Anda di media sosial

Sumber gambar: jenniferkahnweiler.com

Aktivitas media sosial seperti via Twitter, Facebook maupun LinkedIn adalah hal yang dapat membedakan Anda dari para introverts lainnya dalam hal networking. Temukan di mana target audience Anda paling banyak berkumpul di salah satu media sosial dan aktiflah berkontribusi di media sosial tersebut. Anda dapat berfokus pada satu komunitas online atau forum-forum spesifik yang sesuai dengan bisnis Anda. Jangan melakukan spam dan terus-menerus berjualan jika Anda tidak ingin di blog, namun lakukanlah interaksi layaknya manusia normal. Mulailah percakapan, jangan sekedar sharing info terbaru atau memberikan link ke produk Anda, lemparkan pertanyaan dan jawab pertanyaan. Lakukan share konten yang menarik yang Anda temukan, terutama jika konten tersebut dibuat oleh orang yang Anda kenal dan dapat memicu terjadinya networking, tag nama orang yang membuatnya. Tunjukkan bahwa Anda sesosok manusia, bukan sekedar sales marketing saja.

Lewat muncul di media lain

Sumber gambar: recruiteze.com

Memunculkan diri sebagai penulis tamu di media lain, seperti di blog dengan trafik yang lebih tinggi dari trafik ke situs Anda dapat menjadi permulaan. Lakukan perkenalan diri ke pemilik blog dan mintalah slot untuk menerbitkan tulisan. Dengan demikian, Anda sudah melakukan networking tanpa banyak berbicara. Anda dapat juga menerbitkan tulisan ke koran atau majalah, membahas isu yang menjadi andalan Anda. Orang-orang yang berulangkali mendengar atau membaca nama Anda lama-kelamaan akan mengasosiasikan Anda dengan pengetahuan Anda dan sesuatu yang mungkin mereka butuhkan atau cari karena Anda adalah ahlinya.

Ciptakan produk Anda sendiri

Buatlah e-book, laman tips atau produksi digital lainnya dengan nama Anda sebagai penciptanya. Menerbitkan sesuatu seperti ini membuat Anda berkesempatan bertemu dengan banyak customer potensial serta orang yang mungkin dapat berpartner dengan Anda. Selain mendapatkan penghasilan, nama Anda juga secara perlahan akan dikenal sebagai ahli di salah satu topik tertentu. Anda dapat menerbitkan atau menawarkan satu produk sederhana secara gratis untuk membuat orang-orang mendaftarkan emailnya, diikuti dengan menjual dengan harga murah produk lanjutannya, dan begitu seterusnya. Anda pun sudah melakukan networking sambil memperoleh pendapatan online Anda.

Jangan tunda networking Anda, introverts!

You may also like

By