Qontak WhatsApp

4 Kesalahan Fundamental dalam Content Marketing

Content Marketing Mistakes

Apakah Anda termasuk pelaku content marketing atau marketing digital lewat pembuatan konten yang informatif dan bermanfaat bagi pembaca sebagai sarana persuasi agar terjadi pembelian? Jika ya, maka Anda perlu waspada akan berbagai kesalahan fundamental yang seringkali dilakukan oleh pelaku konten marketing tanpa disadari berikut ini.

  1. Membatasi investasi ke dalam departemen marketing, khususnya content marketing

Investasi yang dimaksudkan adalah dalam hal bekerja sama atau berkolaborasi dengan nama-nama besar yang dapat mengundang trafik ke konten Anda atau memasang iklan di media sosial untuk meningkatkan exposure bagi konten Anda. Jika Anda membatasi investasi Anda untuk strategi konten marketing Anda, Anda tidak akan mendapatkan hasil atau lead yang prospektif seperti harapan Anda. Jangan ragu untuk berinvestasi dalam content marketing, namun dengan cara yang smart.

Content Marketing Mistakes
Sumber gambar: bedigitalgiants.com
  1. Tidak ada promosi yang dilakukan bagi konten Anda

Bagaimana caranya konten Anda bisa sampai dan ditemukan oleh target audiens Anda jika tidak ada sarana dan strategi promosi yang dilakukan? Cara tercepat untuk menggagalkan konten Anda dan potensinya adalah dengan memproduksi konten terus-menerus tanpa melakukan sesuatu yang membuat konten tersebut dibaca dan dishare oleh orang yang menemukannya. Seimbangkan produksi konten berkualitas dan promosi yang Anda lakukan, entah itu via media sosial seperti Twitter dan Facebook, atau melalui email marketing.

  1. Bagi Anda, SEO tidak terlalu diperlukan

Jika Anda berpikir bahwa melakukan promosi lewat media sosial saja sudah cukup bagi konten Anda untuk bisa bertahan, maka Anda salah. Memang benar, media sosial membantu Anda terkoneksi dengan fans dan audiens secara lebih nyata dari segi interaksi, namun SEO yang berhubungan dengan pencarian di search engine macam Google masih tetap mengalahkan semuanya itu. Terdapat sekitar 6 milyar pencarian dalam sehari di Google saja, sehingga konten Anda dapat tertelan dan hilang begitu saja tanpa pemasangan SEO yang memadai.

Content Marketing Mistakes
Sumber gambar: smallbiztrends.com
  1. Bagaimana dengan strategi konten marketing Anda?

Pertanyaan ini yang harus ditanyakan oleh setiap content marketing strategist profesional. Tanpa strategi yang diperjelas, maka content marketing Anda tidak akan memiliki arahan yang jelas juga. Rencanakan apa saja yang harus menjadi KPI atau key performance indicators yang akan menentukan keberhasilan suatu konten dan menjadi tolak ukur serta standar dari produksi dan promosi konten Anda. Hal ini sangat krusial, mengingat Anda perlu terus melacak dan merekam performa dari konten Anda untuk mengetahui respon yang diterima brand Anda dari orang-orang yang membaca dan apa yang disukai serta yang tidak mereka sukai untuk pengembangan selanjutnya.

Sudahkah empat hal tersebut Anda benahi? Jika Anda serius dengan content marketing dan ingin menjadikannya salah satu kekuatan marketing brand Anda, lakukan perbaikan yang diperlukan sekarang!

You may also like

By