Qontak WhatsApp

5 Kebiasaan Buruk yang Bahayakan Bisnis

Business Bad Habit

Jika Anda termasuk seorang entrepreneur yang memiliki bisnis kecil-kecilan, mudah sekali bagi Anda untuk mengentengkan hal-hal yang ada di sekitar Anda dan tanpa sadar mengancam kelangsungan bisnis Anda. Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat mematikan bisnis Anda secara perlahan namun pasti?

  1. Tidak peduli akan data dan analisa market

Jika bisnis Anda juga sudah merambah dunia digital, mengabaikan data yang terkumpul berdasarkan demografis dari target audiens Anda yang terekam dalam sistem analitik yang sudah otomatis dapat diakses dari search engine maupun media sosial merupakan kesalahan besar. Kebiasaan mengabaikan data membuat Anda menjadi kekurangan informasi akurat mengenai situasi bisnis Anda serta ke mana selanjutnya Anda harus melakukan perkembangan dan perbaikan. Tanpa adanya adaptasi dan pemahaman market, semuanya akan mati, termasuk bisnis Anda.

  1. Kurangnya relasi yang kuat

Relasi yang dimaksudkan adalah relasi antar sesama anggota tim internal serta relasi dengan target audiens, prospek, customer serta pihak outsource yang memiliki hubungan dengan bisnis kecil Anda. Tanpa adanya relasi yang kuat yang dibangun oleh adanya interaksi yang kuat dan tanpa dipisahkan jarak atasan dan bawahan hingga memicu terjadinya produktivitas, loyalitas dan kesamaan visi. Pandang anggota tim sebagai rekan kerja yang setara sehingga ada kesatuan dan motivasi dalam level yang setara. Selalu berikan reward yang sepantasnya pada karyawan atau anggota tim yang memang pantas menerimanya dan jangan mematahkan semangat  serta berikan fasilitas untuk anggota tim Anda bertumbuh.

Business Bad Habit
Sumber gambar: businessinsider.com
  1. Adanya target yang tidak realistis

Bagaimana cara Anda mengukur apakah yang Anda targetkan sudah termasuk realistis atau belum? Contoh target bisnis yang tidak realistis adalah mengharapkan hasil terbaik dalam tempo sesingkat mungkin. Semua kesuksesan membutuhkan proses, dan awareness target audiens terhadap bisnis Anda juga membutuhkan waktu untuk dibangun dan dirawat setiap hari. Jika Anda menuntut tim Anda untuk mencapai semuanya dalam tempo yang singkat dan secepatnya, maka Anda sedang menargetkan sesuatu yang tidak realistis.

Business Bad Habit
Sumber gambar: sweetmag.my
  1. Melewatkan kesempatan atau platform yang terbukti dapat mendatangkan lebih banyak trafik

Tidak mengembangkan bisnis Anda dalam bentuk blog atau memanfaatkan Facebook Ads ataupun Google Ads adalah kesalahan besar dan Anda tidak hanya sedang membuang waktu, namun juga membuang investasi berharga Anda dalam kegiatan promosi dan marketing bisnis Anda.

  1. Fokus pada masalah dan bukan pada solusinya

Pemilik bisnis kecil pada satu titik pasti dapat menemukan masalah di tengah jalan. Jika cara berpikir dan berstrategi Anda masih fokus pada masalah dan tidak segara menari solusinya dengan cara mendelegasi dan mengambil keputusan yang bijaksana dalam waktu singkat, maka saat Anda menyadarinya bisa jadi semuanya sudah terlambat. Jika Anda melakukan kesalahan, pastikan Anda tidak malu mengakuinya dan segera mengambil tindakan sehingga Anda tidak memaksakan keputusan Anda yang salah tersebut hanya karena gengsi. Pastikan Anda selalu mendasari tindakan Anda pada goal utama bisnis Anda sehingga bisnis Anda tidak keluar jalur dan dapat segera mengejar ketertinggalan.

Apa ada dari antara lima hal ini yang masih Anda lakukan?

You may also like

By