Qontak WhatsApp

5 Platform Live Streaming Untuk Berjualan

Platform Live Streaming

Mengenal Platform Live Streaming untuk Meningkatkan Penjualan

Live streaming merupakan strategi digital marketing yang telah banyak diterapkan bisnis untuk meningkatkan penjualan. Hal ini tidak lepas dari kelebihan live streaming yang mampu mendatangkan banyak pelanggan. Oleh karena itu, banyak platform live streaming yang dapat diakses secara gratis oleh pebisnis. Apa saja itu? Pelajari selengkapnya disini.


Apa itu Platform Live Streaming?

Platform live streaming adalah media yang digunakan untuk membagikan konten video yang disiarkan langsung melalui internet. Artinya konten video tersebut tidak melalui proses editing atau post-production. Sebaliknya, Anda hanya perlu menyalakan kamera dan mulai merekam apapun yang ingin disampaikan ke target audiens Anda.

Live streaming banyak dipilih pebisnis untuk media promosi karena bersifat interaktif. Dengan begitu, bisnis akan mendapatkan feedback langsung dari pelanggan yang meninggalkan komentar dan reaksi selama video Anda berlangsung. Selain itu, followers akun Anda juga akan mendapat notifikasi setiap kali Anda mulai melakukan live streaming.


Apa Manfaat Bisnis Promosi Menggunakan Platform Live Streaming?

Manfaat utama live Streaming Platform Free adalah memudahkan bisnis dan target audiens berinteraksi langsung, pesan yang ingin disampaikan bisnis juga jadi lebih cepat tersampaikan. Selain itu, masih banyak manfaat yang akan Anda dapatkan jika melakukan live streaming, diantaranya:

– Hemat Buaya

Melakukan digital marketing seperti live streaming ini lebih hemat biaya, sebab Anda tidak perlu menyewa tempat atau studio untuk mengenalkan produk-produk Anda, terutama saat ada produk baru. Terlebih media atau platform yang digunakan live streaming juga free. Sementara jangkauan marketnya lebih luas tidak terbatas geografis. Hal ini berbeda dengan marketing konvensional.

– Meningkatkan brand awareness

Live streaming membebaskan Anda untuk melakukan konten beragam. Misalnya review produk, konten wawancara dengan salah satu tokoh yang kompeten dibidangnya, ataupun sesi motivasi, berbagi inspirasi atau tips dan masih banyak lagi. Dari situ lah, audien mulai mengenal brand Anda, termasuk kelebihannya dibandingkan kompetitor.

– Menjalin hubungan baik dengan audiens

Live streaming Anda bisa diisi dengan konten video yang melibatkan audiens. Misalnya melakukan sesi Q & A, give away dan lainnya. Tujuannya adalah membuat penonton selalu antusias dengan konten Anda dan merasa lebih dekat dengan brand. Diharapkan mereka akan setia membeli produk Anda dan brand loyalty bisa meningkat.

– Menjangkau pelanggan baru

Platform live streaming memberikan Anda peluang untuk menjangkau pelanggan batu. Caranya cukup dengan membuat video siaran langsung yang menarik, yang mendorong pengikut Anda membagikan konten tersebut ke media sosial mereka. Hal ini tentunya akan menimbulkan penasaran semakin banyak orang dengan brand maupun layanan dan produk Anda.


Apa saja Platform Live Streaming yang Bisa Anda Manfaatkan untuk Melakukan Promosi?

1.   Periscope

periscope_live streaming platform

Periscope yang diluncurkan dan dimiliki oleh Twitter ini sekarang sedang menanjaki tangga popularitas sebagai salah satu alat marketing yang akan booming di era video content marketing. Karena adanya integrasi langsung dengan Twitter membantu Anda tetap terkoneksi dengan followers brand Anda di Twitter dan sekaligus memungkinkan mereka untuk langsung mengetahui adanya livestreaming yang sedang terjadi di akun Periscope brand Anda. Periscope juga membantu Anda menemukan akun-akun livestreamer lainnya yang sudah terlebih dahulu aktif menggunakan Periscope, sehingga memungkinkan Anda untuk berinteraksi langsung dengan orang-orang nyata yang mungkin jadi customer potensial Anda. Orang-orang yang menonton live streaming Anda juga dapat langsung meninggalkan komentarnya serta langsung berinteraksi secara live dengan Anda.

2. Meerkat

Meerkat-Platform Live Streaming

Saingan utama Periscope adalah Meerkat, yang memiliki fungsi yang serupa namun punya tambahan fitur-fitur inovatif yang memungkinkan orang yang menonton live streaming untuk melakukan take over selama 60 detik dan memungkinkan Anda berpikir kreatif dengan fitur ini untuk memaksimalkan interaksi dengan para fans brand Anda. Selain itu, Meerkat juga terintegrasi dengan kamera GoPro yang memperluas kemungkinan berbagai video yang dapat di-streaming. Meerkat dapat diintegrasikan dengan Facebook page brand Anda, dan Anda dapat melacak berapa banyak fans Facebook page Anda yang menonton stream-nya.

3. Facebook Live

Facebook-Lplatform live streaming

Facebook menyediakan platform live streaming free. Diawali dengan sesi tanya jawab langsung dengan para selebriti yang bisa mencapai 200,000 penonton sekali live, hingga kini akan memasuki pemberian akses bagi pengguna smartphone Android dan iOS. Pengguna Facebook Live dapat memilih Live Video, dan akan masuk ke kolom pemberian deskripsi dan akses untuk memilih audiens. Ketika streaming berlangsung, mereka akan memiliki akses untuk mengetahui jumlah orang yang menonton, nama-nama orang yang menonton serta menerima komentar secara live. Setelah live streaming selesai, secara otomatis video ini akan disimpan dalam timeline brand Anda.

4. YouTube Live

YouTube adalah salah satu platform live streaming free paling universal yang dapat Anda pilih. Selain akses luas jangkauan audiens, YouTube Live menyediakan analitik yang kuat dan menawarkan opsi monetisasi. YouTube juga mampu menyimpan setiap live streaming Anda sehingga pengguna dapat menonton tayangan ulang kapanpun mereka mau. YouTube Live juga memiliki fungsi live chat sehingga audiens dapat mengirim pesan kepada Anda dan satu sama lain sepanjang streaming berlangsung.

5. Instagram Live

Saat ini, Instagram tidak hanya untuk berbagi foto, menawarkan mendapatkan banyak pelanggan dali live streaming streaming langsung untuk berbagi konten. Followers Anda akan mendapatkan notifikasi agar mereka dapat menonton video live stream. Instagram juga akan menyimpan streaming langsung Anda ke IGTV sehingga siapa pun dapat menonton tayangan ulangnya nanti.


Tingkatkan Penjualan dengan Memanfaatkan Platform Live Streaming Sekarang!

Platform live streaming akan sangat bermanfaat dalam membantu Anda melakukan interaksi yang sangat diharapkan dari sebuah brand serta memungkinkan Anda untuk menampung masukan dari customer secara langsung. Berpikir kreatif dalam memanfaatkan platform-platform ini sebagai sarana berjualan Anda.

Qontak.com mengelola seluruh aktivitas bisnis Anda dalam platform terpadu secara mendetail. Dengan begitu, Anda bisa mengawasi seluruh aktivitas bisnis hanya dari satu platform. Qontak.com telah dipercaya lebih dari 1000 bisnis untuk mengelola sales, marketing dan customer service mereka.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By