Qontak WhatsApp

5 Teknik Digital Marketing untuk Jamin Penjualan

digital-marketing-untuk-penjualan

Digital Marketing dalam Bisnis Saat Ini

Dunia yang serba digital saat ini menuntut Anda untuk melibatkan online marketing di dalam bisnis yang Anda wakili, dan hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Saking pentingnya, Anda tergolong terlambat apabila baru mulai merambah dunia online marketing saat ini. Namun, bukan berarti Anda tidak perlu terjun karena Anda sudah terlambat. Justru sekaranglah saatnya jika Anda memang ingin mengembangkan pasaran bisnis Anda.

Digital marketing memungkinkan adanya penempatan virtual yang mampu merespon terhadap customer sekaligus terkoneksi dengan para pemimpin dalam industri yang berkaitan. Selain itu, juga untuk memberikan konten dan kisah mengenai brand dengan cara yang kreatif dan interaktif secara visual dan narasi. Dengan beberapa teknik digital marketing berikut ini, Anda dapat memberikan pengaruh atas nama brand atau bisnis yang Anda wakili di dunia maya.

Apa saja 5 Teknik Digital Marketing untuk Jamin Penjualan?

  1. Teknik konten marketing

Memaparkan kisah mengenai brand yang Anda wakili merupakan definisi dari content marketing. Kisah tersebut dapat hadir dalam bentuk apa saja yang bisa diakses oleh penggunan internet, selama pesan yang disampaikan jelas. Kisah ini dapat berupa foto, video, blog post atau berita yang disebarkan. Konten marketing merupakan salah satu alat online marketing yang terus berkembang dan memberikan informasi bagi para pembacanya. Konten yang baik haruslah orisinil, dinamis dan membuat pembaca ingin melakukan share. Setelah konten dibuat, fokus selanjutnya haruslah pada penyebaran konten secara merata agar memiliki kesempatan lebih besar untuk ditemukan, seperti dengan menggunakan media sosial dan SEO.

  1. Social networking

Networking di dunia online dicapai lewat berbagai media sosial yang tersedia dengan karakteristiknya masing-masing. Anda juga dapat memulai pendekatan yang sesuai dengan tipe demografis pengguna masing-masing media sosial. Media sosial merupakan alat untuk membuat brand Anda dapat lebih interaktif dan mudah didekati. Dengan social networking, Anda memiliki suara dan mendengarkan masukan dari customer secara realtime. Enam pilihan utama dari alat media sosial saat ini adalah Facebook, Twitter, LinkedIn, Google+, Pinterest, dan Instagram.

Twitter merupakan telepon virtual yang dapat menjadi jembatan customer service yang baik. Sementara Instagram dan Pinterest lebih fokus kepada gambar dan cocok menjadi media pemaparan konten secara visual dan tren terkini. Untuk koneksi, networking dan tren viral terkini, LinkedIn dan Facebook harus jadi pilihan Anda.

Digital Marketing

  1. Teknik platform untuk smartphone

Jumlah orang yang mengakses internet menggunakan komputer semakin berkurang. Semakin banyak dari mereka yang online hanya dari kenyamanan layar telepon genggamnya saja. Bangun website brand Anda agar menjadi mobile responsive bagi tablet maupun smartphone. Dengan demikian, orang dapat langsung mengakses situs Anda dengan nyaman dan tidak membuat bounce rate tinggi. Sekarang, Anda bahkan dapat menggunakan desain yang responsif untuk menyediakan kebutuhan customer dan apa yang dicarinya secara lebih tertarget. Hal tersebut dikarenakan adanya pengumpulan data mengenai apa yang disukai setiap customer. Para marketer hanya tinggal menyesuaikan situs yang biasa dituju oleh target customer, apa yang diinginkan dan kapan mereka menginginkannya.

  1. Teknik retargeting

Melakukan retargeting artinya melakukan marketing ulang untuk melacak customer lewat penempatan cookie. Anda secara berkala menunjukkan iklan dari produk yang sempat mereka cek sebelumnya di berbagai situs yang dikunjungi. Hanya sekitar 2% saja orang yang melakukan viewing pertama kali akan melakukan pembelian. Karenanya, perlu dilakukan retargeting yang sederhana untuk ‘menghantui’ calon customer sampai mereka akhirnya membeli.

Digital Marketing

  1. Teknik community building

Jika keempat hal di atas sudah Anda lakukan, maka yang tersisa adalah pembangunan komunitas atau community building. Anda harus membuat komunitas orang-orang yang menjadi target market Anda merasa diperhatikan dan dianggap. Hal ini dapat dilakukan dengan menjawab kebutuhan mereka sekaligus membangun image mengenai brand Anda. Sebagai brand, sekarang bukan zamannya lagi customer yang mencari Anda. Kini, Andalah yang harus membuktikan kepedulian Anda pada customer dengan membangun komunitas yang didukung penuh oleh brand Anda, salah satunya bisa dengan program CSR.

Otomasikan Digital Marketing Anda!

Terlepas dari teknik dan alat marketing yang Anda gunakan, lebih baik jika Anda bisa mengotomasi setiap strateginya dengan bantuan sebuah aplikasi atau software yang tepat. Penggunaan marketing automation telah berkembang dan menjadi sangat populer dengan berbagai manfaatnya. Dengan mengotomasi marketing, Anda dapat menghasilkan calon pelanggan, melakukan kampanye untuk menjaga pelanggan, dan juga melakukan marketing berbasis akun.

Penggunaan aplikasi marketing berfokus untuk meningkatkan penjualan pada bisnis Anda. Pastikan aplikasi marketing yang dipilih mudah digunakan, sesuai dengan kebutuhan bisnis, dan sesuai dengan budget. Anda dapat memulai dengan metode CRM marketing. Aplikasi CRM Qontak.com dapat membantu Anda melakukan marketing automation melalui email campaigns. Kampanye email tersebut dapat difilter berdasarkan jabatan, departemen, industri, ukuran perusahaan, dan lainnya.

Konsultasikan strategi marketing Anda kepada tim Qontak.com atau coba GRATIS aplikasi CRM Marketing sekarang juga!

You may also like

By