Qontak WhatsApp

5 Tips Melakukan Presentasi Sales yang Efektif

5 tips melakukan presentasi sales yang efektif

Bagaimana Cara Melakukan Presentasi Sales Pitch yang Efektif?

Presentasi sales adalah hal penting yang harus dikuasai oleh para tim sales di bisnis B2B. Sudah berapa banyak appointment yang Anda buat untuk melakukan presentasi sales pitch yang kemudian berlalu sia-sia dengan tidak terjadinya penjualan? Kesalahan mungkin terletak pada teknik presentasi penjualan Anda.

Meski Anda datang dengan materi yang padat dan bermanfaat bagi calon customer dan Anda menyampaikan presentasi sales pitch Anda dengan percaya diri dan persuasif, Anda seringkali dihadapkan dengan pernyataan, “Saya coba pikir-pikir dulu, ya, nanti saya hubungi kembali” yang hanya basa-basi saja.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!

Anda perlu merubah perspektif Anda mengenai sales pitch yang Anda berikan dan melakukan tes pada strategi yang memang bekerja untuk mendatangkan penjualan. Untuk memaksimalkan persentase keberhasilan Anda melakukan presentasi penjualan sehingga terjadi deal, berikut ini tips yang dapat Anda ikuti.

presentasi sales dengan prospek

5 Tips Presentasi Sales yang Efektif

1. Pastikan presentasi sales Anda lakukan di penghujung pertemuan

manajemen konflik

Untuk bisa melakukan sales pitch, Anda pasti harus mendapatkan slot untuk melakukan pertemuan terlebih dahulu. Seringkali, karena Anda terlalu memikirkan bahwa meeting harus berlangsung sesingkat mungkin, Anda melakukan kesalahan dengan langsung memulai presentasi. Padahal, calon customer tidak menginginkan informasi mengenai produk Anda tanpa mengetahui bahwa Anda peduli dengan kebutuhan calon customer dan menunjukkan bahwa Anda memahami sifat dari bisnis mereka.

Mulailah meeting dengan melemparkan pertanyaan yang dapat membantu Anda memahami apa masalah yang mungkin dihadapi oleh para calon customer tersebut dan memposisikan brand Anda sebagai solusinya sambil menyesuaikan presentasi.

2. Presentasi sales harus menyelesaikan masalah prospek

Masalah klien

Ingatlah bahwa calon customer hanya memperdulikan bagaimana produk atau brand Anda menyelesaikan masalah mereka

Hal ini harus terus diulang beberapa kali sampai Anda terbiasa melakukan presentasi yang mengikuti diskusi dari permasalahan yang tengah dihadapi oleh calon customer. Memang sangat mudah memulai presentasi dengan memberikan fakta mengenai manfaat produk atau brand Anda dibandingkan mendengarkan terlebih dahulu apa kebutuhan calon customer.

Namun inilah yang banyak membuat presentasi sales gagal; karena salesperson cenderung lebih fokus pada keunggulan brand atau produknya dibandingkan aspek mana yang bisa sejalan dengan kebutuhan calon customer.

3. Berikan kesempatan bagi calon customer untuk melakukan interupsi

Teknik presentasi sales

Selalu perhatikan respon dan ekspresi yang ditunjukkan oleh calon customer yang tengah mendengarkan Anda. Jika wajah mereka tampak kebingungan atau seperti hendak bertanya, hentikan presentasi Anda untuk membiarkan mereka menyampaikan pemikiran atau komentar mereka. Ingat, apa yang dikatakan oleh calon customer Anda selalu lebih penting daripada apa yang harus Anda sampaikan.

4. Pastikan presentasi sales Anda berlangsung secara singkat

waktu presentasi

Anda memang harus selalu antusias dan penuh informasi mengenai produk atau brand Anda, namun jangan sampai Anda keterusan dan menyampaikannya secara bertele-tele hingga memakan terlalu banyak waktu.

Jika Anda terlalu banyak berbicara, calon customer juga akan mencapai titik kebosanan dan tidak lagi tertarik pada presentasi Anda. Perhatian yang sudah teralihkan akan sangat sulit dikembalikan, sehingga sebaiknya Anda mengantisipasi presentasi Anda agar terfokus pada aspek-aspek terpenting dari penawaran yang Anda berikan.

5. Kumpulkan sebanyak mungkin feedback dari calon customer

Review presentasi sales

Mendapatkan feedback berupa kritikan dan saran dari calon customer merupakan teknik presentasi sales yang terbaik. Setelah menyampaikan apa yang perlu Anda sampaikan, buka diskusi dengan bertanya mengenai apakah apa yang Anda sampaikan masuk akal dengan bisnis mereka atau apakah mereka bisa melihat kemungkinan hal ini sejalan dengan bisnis mereka.

Dengan bertanya hal-hal seperti ini, Anda akan memicu respon dari calon customer untuk menunjukkan persetujuan atau mengapa mereka tidak setuju dengan presentasi sales Anda. Jika mereka setuju, maka kemungkinan terjadinya sales akan semakin besar.

Namun, jika calon customer mengungkapkan ketidaksetujuan mereka, Anda membuka kesempatan untuk berargumen dan menyesuaikan posisi brand atau produk Anda agar lebih sesuai dengan keinginan mereka, dan membuka kesempatan lagi untuk terjadinya sales.

Sukseskan Presentasi Sales Anda dengan Qontak.com

sukseskan presentasi sales dengan Qontak

Setelah melakukan presentasi sales yang efektif, Anda tentu saja ingin melacak apakah prospek ini memang benar-benar ingin membeli. Qontak.com menyediakan solusi end-to-end melalui aplikasi sales marketing yang dapat terhubung ke WhatsApp API dan omnichannel lainnya. Qontak.com telah menangani klien dengan berbagai skala perusahaan dari beragam jenis industri. Teknologi yang ditawarkan Qontak.com telah membantu perusahaan dalam mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi sales marketing Qontak.com adalah sebagai berikut:

  • Integrasi dengan sistem email marketing dan dapat dipersonalisasi.
  • Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. Aplikasi CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  • Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung.
  • Pelaporan dan analisis yang lengkap untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • Memiliki fitur pelacakan KPI marketing maupun sales dan task management yang dapat dikostumisasi. Sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan.
  • Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.

Qontak.com menawarkan implementasi gratis, pengaturan gratis, dan uji coba gratis selama 14 hari tanpa risiko apa pun.Klik disini untuk mencoba penawaran kami hari ini. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

By