Qontak WhatsApp

Menjadi Marketer yang Jago Menulis dengan 5 Langkah Sederhana Ini

Marketing and Writing

Sebagai seorang marketer dan salesperson di dunia serba digital seperti sekarang ini, salah satu skill yang harus dikuasai adalah skill menulis konten yang dapat menarik perhatian pembaca dan calon customer online. Namun masalahnya, tidak semua orang yang menguasai dan berpengalaman di bidang marketing memiliki kemampuan menulis yang juga mumpuni.

Anda mungkin tergoda untuk mengeluarkan biaya ekstra dalam mempekerjakan penulis profesional, terutama jika Anda memang tidak memiliki waktu. Tapi sebelum Anda membuat deal dengan penulis profesional, pertimbangkan terlebih dahulu untuk mempertajam dan mulai membekali diri Anda dengan teknik menulis sederhana saat Anda tidak tahu apa yang sebaiknya Anda tuliskan.

  1. Biasakan diri Anda untuk menuliskan catatan

Kapanpun Anda memiliki ide, selalu catat terlebih dahulu dan lakukan riset. Paksakan diri Anda untuk rajin melakukan riset sehingga kata-kata yang sulit Anda tuliskan lama-kelamaan dapat mengalir dengan sendirinya.

  1. Tuliskan berbagai pertanyaan yang mungkin muncul sehubungan dengan topik yang Anda angkat

Dari sana, Anda dapat berusaha menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut untuk menjadi kerangka dari tulisan Anda. Semua orang dapat menjawab pertanyaan, bahkan Anda yang bukan seorang penulis sekalipun, bukan?

Everybody_writes-400x259

  1. Temukan sumber yang terpercaya dan berkualitas

Jika Anda menemukan artikel dari situs lain yang menurut Anda bagus, segera simpan link-nya dan tuliskan apa yang Anda pahami dari artikel tersebut dalam corat-coret Anda. Simpan juga ide dalam bentuk gambar, screenshot atau data lainnya untuk melengkapi tulisan Anda.

  1. Tuliskan kerangka dari tulisan Anda

Setelah melakukan riset dan menulis corat-coret Anda, mulailah bangun kerangka tulisan berikut dengan poin-poin yang berisikan jawaban dari pertanyaan yang dikandung oleh materi tulisan. Cara ini juga dapat menolong Anda membuat tulisan yang lebih panjang, mencapai 400 hingga 600 kata.

Marketing-101-Write-Your-Companys-Story-Before-You-Start-Telling-It_21782947_Subscription_Monthly_M-400x267

  1. Lakukan editing

Baca ulang tulisan Anda, perbaiki kata-kata yang masih salah penulisannya dan sesuaikan. Jika ketika membaca ulang artikel terdapat perasaan tidak tertarik yang muncul dalam diri Anda sendiri, bayangkan bagaimana dengan pembaca yang berusaha Anda raih? Karenanya, posisikan diri Anda pada posisi calon customer Anda saat membaca. Tanyakan pada diri Anda sendiri: Apakah artikel ini menjawab pertanyaan yang ada? Apakah artikel ini menyediakan informasi yang bermanfaat? Jika jawaban dari keduanya adalah tidak, maka jangan ragu untuk memulai dari awal.

Jangan pernah membatasi diri Anda untuk belajar. Anda mungkin adalah seorang marketer atau salesperson yang handal dan sudah mengantongi banyak pengalaman, namun menambahkan skill menulis akan selalu menjadi keuntungan ekstra dalam track record Anda sebagai marketer, bahkan mungkin membuka berbagai kesempatan bagi Anda untuk melebarkan sayap bisnis dan koneksi Anda demi keberhasilan implementasi strategi marketing Anda.

You may also like

By