Qontak WhatsApp

7 Strategi Menentukan Target Pasar untuk Bisnis

7 Staretegi Target Pasar

Memahami Pentingnya Menentukan Target Pasar untuk Bisnis Anda

Dalam memulai promosi dan pemasaran brand, produk atau jasa yang ditawarkan bisnis Anda, Anda seringkali terlalu luas menentukan siapa saja target market Anda. Anda ingin bergerak cepat dan langsung menjangkau target pasar dengan kelompok usia yang terlampau luas atau dengan demografis yang belum jelas.

Memang benar Anda perlu meningkatkan awareness terhadap brand Anda secepat mungkin dan memanfaatkan momentum, namun Anda tidak bisa hanya sembarangan ‘memukul’ tanpa memastikan dulu siapa target market Anda yang paling tepat. Berikut ini cara Anda mempersempit dan membuat target market Anda lebih spesifik lagi untuk memaksimalkan penjualan.


Apa Itu Target Pasar?

Target pasar adalah sekelompok pelanggan yang menjadi sasaran atau tujuan sebuah bisnis menawarkan produknya. Pada umumnya target market ini dibedakan berdasarkan rentan umur, gender, hobi, sifat atau karakter yang mirip. Hal ini memudahkan bisnis dalam melayani dan memenuhi kebutuhan mereka.


Apa Pentingnya bagi Bisnis untuk Menentukan Target Pasar?

Sebagai pelaku bisnis, mungkin Anda ragu seberapa pentingnya menentukan target pasar untuk usaha Anda. Padahal jelas Anda ingin mendapatkan untung sebanyak-banyaknya, buat apa harus mengelompokkan pelanggan?. Pemikiran ini tidaklah benar, dengan memiliki target marketing jelas, justru memudahkan Anda dalam melakukan penjualan dan meningkatkan pendapatan.

Di bawah ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu menentukan target pasar sebelum memulai bisnis:

  • Menempatkan gagasan pemasaran dengan lebih jelas untuk menciptakan strategi marketing yang efektif
  • Produk tertata lebih baik.
  • Membuka kesempatan pasar yang lebih besar.
  • Efisiensi budget dengan menerapkan strategi yang tepat.
  • Menciptakan daya saing dengan kompetitor di bidang pemasaran.
  • Bisnis akan berkembang kearah yang lebih baik.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Bagaimana Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat untuk Bisnis Anda?

1. Buatlah segmentasi pelanggan ideal

Sementasi-Target Pasar

Segera pilih siapa target audiens Anda dan langsung fokuskan segala daya dan upaya marketing untuk menjangkau target marketing Anda tersebut. Meski sebenarnya produk atau jasa Anda dapat ditujukan bagi kelompok demografis lainnya, akan lebih baik jika Anda mempertaruhkan biaya marketing Anda pada target yang paling spesifik atau pembeli ideal Anda. Hal ini juga akan membantu Anda membangun pesan marketing yang lebih spesifik dan dapat dengan mudah ditangkap oleh pembeli ideal Anda, yang bisa jadi kelompok orang berpendidikan lebih tinggi atau pernah mengambil edukasi tertentu, dibandingkan hanya berdasarkan usia saja.

2. Pahami Kebutuhan Target PasarTren-Target Pasar

Setelah yakin dengan siapa saja pelanggan atau prospek yang menjadi sasaran Anda, langkah selanjutnya adalah mencari informasi kebutuhan mereka. Cara ini dapat Anda lakukan dengan melakukan uji coba gratis produk atau memahami aktivitas mereka dari interaksi dengan bisnis Anda. Dari situ, Anda dapat mengetahui kebutuhan target pasar atas produk yang Anda tawarkan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan internet atau sosial media untuk memahami kebutuhan target market dari interaksi mereka didunia maya.

3. Menganalisis Persaingan Pasar

Setiap bisnis pasti memiliki kompetitor, maka Anda harus pintar menganalisis tren persaingan. Hal ini akan membantu Anda menemukan celah untuk membuat pelanggan membeli produk Anda dibandingkan produk kompetitor. Caranya Anda bisa menonjolkan produk Anda dari sisi fitur, harga maupun kemudahan pembelian. Anda juga bisa meningkatkan layanan pelanggan terbaik untuk memberikan pengalam berkesan bagi pelanggan.

4. Membangun Brand Positioning

membangun-brand-positioning-target pasar

Tujuan utama branding adalah menciptakan persepsi sebuah produk bagi pelanggan. Peran branding sangat penting bagi penjualan suatu produk untuk dikenal oleh pelanggan. Jika Anda berhasil menciptakan brand positioning yang kuat, target pasar Anda akan terbentuk dengan baik. Selanjutnya, Anda hanya perlu menjaga brand Anda tersebut untuk mendapatkan potensi pasar yang maksimal.

5. Evaluasi Target Pasar

Evaluation-Target Pasar

Evaluasi kembali kebutuhan serta ketertarikan target pasar yang telah Anda tentukan. Jangan sampai, saat Anda menjalankan bisnis, ternyata target market Anda kurang tepat. Hal tersebut  justru akan membuat bisnis Anda berjalan ditempat, bahkan gulung tikar.

Untuk menghindari hal tersebut, Lakukan analisis situasi secara cermat berhubungan dengan pelanggan, pemasok, serta distributor. Analisis dapat dilakukan misalnya dengan menerapkan model SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) pada masing-masing aspek tersebut.

6. Perbaiki dan pertajam perencanaan bisnis Anda

Group of diverse people having a business meeting

Perbaiki perencanaan bisnis Anda dengan memperbaiki message marketing dari brand Anda agar lebih sesuai dengan pembeli ideal Anda dan menyesuaikan strategi content marketing yang Anda lakukan. Arahkan message marketing produk Anda dengan memastikan adanya solusi pada masalah yang dihadapi oleh target pembeli ideal yang disebutkan dan ditekankan agar Anda mempersiapkan brand Anda untuk memperoleh customer loyal untuk bisnis Anda. Sediakan support atau platform yang friendly dan sesuai dengan target ideal pembeli brand dan produk Anda.

7. Buat program yang menguntungkan bagi customer terloyal Anda

Customer Loyalty concept. Notepad on the table.

Customer terloyal ini merupakan fans fanatik brand Anda, yang pasti akan Anda dapatkan jika Anda sudah melakukan dua langkah awal. Buatkan program menguntungkan bagi customer terloyal Anda untuk menarik customer yang sejenis dengan mereka, memiliki ketertarikan serupa dan kemungkinan akan mau menggunakan produk Anda. Rancang kampanye referral agar customer loyal Anda dapat mendatangkan customer baru dan menabung diskon atau mendapatkan penghasilan tambahan lewat cara ini. Mintalah customer untuk menuliskan review dan ucapkan terima kasih atas transaksi yang diberikan.

Jangan ragu untuk mempersempit dan memfokuskan target audiens Anda, karena jika produk dan brand Anda sudah berkualitas bagus, yang dibutuhkan sekarang adalah menemukan customer yang memang tepat sasaran.


Apa Contoh Target Pasar yang bisa Anda Kembangkan?

Seperti diketahui bahwa target market sangat penting bagi bisnis. Diantara supaya kegiatan marketing hanya fokus menyasar kepada target pasar yang tepat, sehingga lebih efektif dan efisien dalam memperoleh pelanggan. Pada umumnya, bisnis mengelompokkan target market berdasarkan hal berikut ini:

  • Produk yang ditawarkan
  • Target lokasi
  • Target Demografi
  • Karakteristik Psikologis

Segera Promosikan Produk Anda ke Target Pasar yang Tepat!

Qontak.com menawarkan solusi end-to-end yang memantu bisnis dalam mengelola penjualan, marketing dan customer service. Melalui aplikasi CRM dari Qontak.com, Anda dapat dengan mudah menentukan target pasar dan membantu Anda menyusun strategi promosi yang tepat untuk mereka. Terlebih Qontak.com telah diperjaya lebih dari + 1000 perusahaan dari segala bidang untuk mengembangkan bisnisnya bersama.
Tertarik untuk mencobanya?

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By