Qontak WhatsApp

Membangun Kesan Pertama yang Membuat Anda Mudah Diingat

Kesan Pertama

Berkenalan dan mengumpulkan kartu nama dalam kesempatan networking adalah hal yang termasuk mudah untuk dilakukan. Namun, soal meninggalkan kesan pertama yang baik sehingga membuat orang mengingat Anda tidak semudah bertukar kartu nama dengan orang penting.

Semua orang pasti akan langsung memiliki penilaian tersendiri mengenai Anda pada pertemuan pertama, dan Anda memiliki kontrol untuk membuatnya menjadi kesan yang baik dan mudah diingat. Opini orang lain mengenai Anda sejak pertama bertemu akan sangat sulit diubah, sehingga Anda hanya mendapatkan satu kali kesempatan untuk membangun kesan yang bertahan lama dan membuat orang lain menyukai Anda apa adanya.

Masalahnya, menyembunyikan sifat asli dan tidak menjadi diri sendiri malah dapat membuat Anda dianggap sebagai orang yang fake atau tidak tulus. Karenanya, berikut ini cara-cara untuk membangun kesan pertama yang baik di mata orang lain yang mungkin akan menjadi klien Anda di masa depan.

  1. Pertimbangkan apa tujuan Anda

Dalam memberikan kesan yang baik, pahami terlebih dahulu apa tujuan Anda. Jika Anda sudah bisa membayangkan orang seperti apa yang ingin Anda temui dalam sebuah acara tersebut, Anda dapat pula membayangkan interaksi seperti apa yang ingin Anda miliki dengan orang tersebut.

  1. Pikirkan mengenai ornamen fisik yang terlihat mata

Maksudnya adalah pakaian yang Anda gunakan, tatanan rambut, riasan atau perhiasan jika Anda adalah seorang wanita, serta kelengkapan aksesoris Anda yang lainnya. Ornamen-ornamen ini merupakan salah satu hal yang akan dinilai oleh orang lain pertama kali dari Anda dan dapat membantu mereka menganalisa orang seperti apa yang mereka harapkan dari sosok diri Anda. Mintalah pendapat orang lain sebelum Anda mengenakan padanan pakaian dan aksesoris yang sudah Anda pilih.

first-impression-300x125

  1. Perhatikan bahasa tubuh Anda

Bahasa tubuh merupakan bagian yang penting dari kesan pertama. Perhatikan postur tubuh Anda saat berbicara, bahkan angle tubuh Anda. Dengan mengawasi sendiri bahasa tubuh yang Anda pancarkan, Anda dapat melihat adanya perkembangan dari pembicaraan atau diskusi yang sedang berlangsung. Anda dapat melakukan tes dengan melihat refleksi fisik Anda di cermin atau dengan meminta orang lain merekam video gerak-gerik Anda. Kemudian, perbaiki posisi bahu, arah berdiri Anda dan cara Anda bersalaman.

  1. Jangan melakukan networking saat hari Anda sedang buruk

Jangan memaksakan diri jika memang suasana hati Anda sedang buruk. Jika Anda sedang merasa depresi atau sedang cemas, orang lain yang berdiskusi dengan Anda dapat melihat hal tersebut dari ekspresi wajah Anda, kata-kata yang Anda utarakan dan bahasa tubuh Anda. Sebelum bertemu dengan orang lain, temukan cara untuk Anda menepis suasana hati yang buruk, seperti dengan menonton video yang lucu.

wersm-social-media-first-impressions-digital-guru-657x360-300x164

  1. Jadilah pribadi yang menarik dan tertarik

Jangan terlalu fokus pada diri Anda sendiri, dan tunjukkan bahwa memang Anda tertarik dengan diri dan apapun itu cerita yang diutarakan oleh orang lain. Dengan menunjukkan ketertarikan yang tulus terhadap pribadi orang lain, mereka akan dapat menangkap kesan pertama yang positif. Sama seperti ketika kita bisa menilai apakah orang lain datang secara sukarela atau terpaksa, orang lain juga dapat menangkap hal ini dari Anda jika Anda tidak mengeluarkan energi yang positif demi menarik orang lain dan menunjukkan rasa tertarik pada orang lain. Cara ini bahkan dapat mengubah orang lain yang merasa bosan menjadi lebih menikmati acara dan tertarik juga kepada diri Anda.

Siapkah Anda untuk membangun kesan pertama yang baik?

You may also like

By