Qontak WhatsApp

Analisis SWOT: Pengertian, Manfaat, dan Contohnya

Pelajari Semua Tentang Analisis SWOT!

Panduan Lengkap Analisis SWOT yang Perlu Anda Ketahui!

Anda pasti sudah pernah mendengar istilah analisis SWOT atau SWOT analysis bukan? Analisis SWOT merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman) dari suatu hal.

Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan tentang pengertian analisis SWOT, manfaat, cara membuat, dan contohnya di artikel berikut ini!

Panduan Lengkap Analisis SWOT

Apa Itu Analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah teknik perencanaan strategis yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif bisnis dengan cara menempatkan bisnis Anda dalam beberapa perspektif, seperti strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman).

Adapun tujuan analisis SWOT adalah untuk menilai faktor internal dan eksternal, serta potensi saat ini dan di masa yang akan datang.

Selain itu, Analisis SWOT juga dapat membantu Anda mengidentifikasi area mana saja yang dapat ditingkatkan atau dimaksimalkan sebagai peluang bisnis, sekaligus menentukan faktor negatif apa saja yang mungkin menghambat peluang kesuksesan Anda.

Dalam hal ini, analisis SWOT tidak hanya digunakan untuk menganalisis bisnis, tetapi juga dapat digunakan untuk menganalisis berbagai hal, termasuk diri sendiri.

Apa Manfaat Analisis SWOT?

Analisis SWOT tidak hanya dapat membantu Anda mengevaluasi posisi kompetitif Anda, tetapi ini juga dapat memberikan manfaat lainnya, antara lain:

– Membantu mendefinisikan variabel yang ada

Dengan melakukan analisis SWOT, Anda dapat mengetahui variabel-variabel yang Ada pada diri atau bisnis Anda. Kemudian Anda dapat menginventariskan semua variabel tersebut, dan membuat roadmap yang lebih spesifik serta efektif untuk perencanaan Anda ke depannya.

– Memberikan kesempatan untuk khawatir dan bermimpi

Maksud dari kesempatan untuk khawatir dan bermimpi di sini ialah memberi diri Anda ruang untuk bermimpi, mengevaluasi, dan khawatir sebelum mengambil keputusan atau tindakan.

Melalui analisis SWOT, Anda dapat merubah wawasan Anda terkait variabel yang Anda menjadi aset untuk membuat road map yang lebih spesifik dan efektif untuk rencana Anda.

– Memungkinkan Anda untuk berpikir lebih kritis

Dengan melakukan analisis SWOT, Anda dapat berpikir lebih kritis dan memperhitungkan faktor-faktor yang menguntungkan atau merugikan Anda.

Misalnya saat Anda mengidentifikasi kelemahan dan ancaman, Anda akan lebih mampu untuk memperhitungkan solusi atau penyelesaian hambatan yang ada, dan meningkatkan peluang Anda untuk mencapai kesuksesan.

Bagaimana Cara Membuat Analisis SWOT yang Baik?

Setelah mengetahui apa itu analisis SWOT dan manfaatnya, kini saatnya untuk Anda mengetahui bagaimana cara membuat analisis SWOT yang baik dan benar.

Berikut adalah beberapa cara untuk membuat analisis SWOT:

1. Buat bagan yang terbagi ke dalam 4 (empat) variabel SWOT

Buat bagan yang terbagi ke dalam 4 (empat) variabel SWOT

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat analisis SWOT adalah dengan membuat bagan yang terdiri dari variabel SWOT (strength, weakness, opportunity, dan threat). Anda dapat membuat model bagan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Adapun tujuan dari pembuatan bagan ini ialah untuk membantu memudahkan Anda dalam mengidentifikasi setiap variabel yang Anda.

2. Ketahui tujuan Anda

Ketahui tujuan Anda

Sebelum Anda mulai menganalisis variabel SWOT, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu apa tujuan Anda melakukan evaluasi variabel tersebut. Ini akan membantu Anda untuk membuat analisis SWOT yang spesifik dan menghindari kelumpuhan analisis saat membuat evaluasi.

Jika Anda bertujuan untuk membuat analisis SWOT pemasaran, maka Anda dapat menganalisis variabel-variabel SWOT yang terkait dengan pemasaran Anda.

Apabila Anda bertujuan untuk mengevaluasi diri sendiri, maka Anda dapat menganalisis variabel SWOT terkait diri Anda sendiri.

Dengan mengidentifikasi tujuan Anda, Anda akan dapat menyesuaikan evaluasi Anda untuk mendapatkan wawasan yang lebih dapat ditindaklanjuti.

3. Identifikasi kekuatan Anda

Analisis SWOT_Identifikasi kekuatan Anda

Dalam hal ini, kata ‘kekuatan’ mengacu pada hal apa yang Anda lakukan dengan baik atau kuasai saat ini.

Untuk mengidentifikasi kekuatan, Anda dapat memikirkan tentang faktor-faktor yang menguntungkan Anda, dan hal-hal yang Anda miliki yang tidak dapat dikalahkan oleh pesaing Anda.

Misalnya, Anda ingin menggunakan analisis SWOT untuk mengevaluasi strategi media sosial baru Anda. Maka Anda dapat mengevaluasi bagaimana merek Anda di mata publik, apakah mereka memiliki brand awareness atau tidak. Jika iya, ini bisa menjadi keuntungan untuk Anda.

4. Identifikasi kelemahan Anda

Identifikasi kelemahan Anda

Sama halnya dengan kekuatan, Anda juga perlu mengidentifikasi kelemahan yang dapat menjadi hambatan Anda untuk mencapai tujuan.

Dalam hal ini, Anda mengevaluasi dengan cara melihat apa yang ditawarkan oleh pesaing Anda yang menjadi kekurangan Anda.

Perlu diketahui, identifikasi kelemahan ini tidak hanya bertujuan untuk mengetahui kekurangan Anda saja, tetapi ini juga sangat penting untuk memperkirakan hambatan potensial yang dapat mengurangi kesuksesan Anda.

Dengan demikian, Anda dapat mencari solusi dari hambatan tersebut dan merubahnya menjadi peluang yang menguntungkan.

5. Mempertimbangkan peluang yang ada

Analisis SWOT_Memprtimbangkan peluang yang ada

Peluang merupakan kesempatan untuk Anda bermimpi besar. Dalam hal ini, Anda dapat mencari tahu apa saja peluang yang dapat Anda raih dengan variabel-variabel yang Anda miliki.

Anda bisa mempertimbangkan peluang yang Ada seiring dengan identifikasi kelemahan Anda. Dengan mengetahui kelemahan yang Anda miliki, maka Anda akan dengan mudah untuk membuat daftar peluang potensial yang bisa muncul apabila Anda menghilangkan kelemahan Anda.

6. Merenungkan ancaman yang mungkin terjadi

Merenungkan ancaman yang mungkin terjadi

Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan dalam menganalisis SWOT adalah merenungkan ancaman yang mungkin terjadi. Mengingat hal ini dapat menjadi hambatan bagi perencanaan Anda ke depannya.

Dengan mengidentifikasi ancaman apa saja yang mungkin terjadi, Anda dapat memikirkan solusi atau rencana apa yang perlu Anda siapkan untuk mengantisipasi dan menyelesaikan ancaman tersebut.

Dengan demikian, Anda dapat membuat perencanaan dengan spesifik dan seefektif mungkin.

Ini Dia Contoh Analisis SWOT yang Perlu Anda Ketahui!

Misalnya Anda ingin membuat analisis SWOT untuk strategi media sosial baru yang Anda miliki. Maka Anda perlu mengidentifikasi dan mengevaluasi variabel-variabel yang ada seperti contoh berikut ini.

Contoh Analisis SWOT

Terapkan Analisis SWOT dan Tingkatkan Bisnis Anda!

Qontak by Mekari

Analisis SWOT merupakan kerangka kerja yang digunakan untuk mengevaluasi posisi kompetitif suatu hal berdasarkan perspektif strength (kekuatan), weakness (kelemahan), opportunity (peluang), dan threat (ancaman).

Adapun tujuan dari analisis SWOT adalah menilai faktor internal dan eksternal, serta potensi saat ini dan di masa yang akan datang.

Dengan melakukan analisis SWOT, Anda dapat membuat strategi pemasaran dan penjualan yang spesifik dan seefektif mungkin, yang dapat meningkatkan bisnis Anda.

Selain menggunakan analisis SWOT, Anda juga dapat menggunakan aplikasi CRM terbaik untuk meningkatkan bisnis Anda. Aplikasi CRM yang terintegrasi dengan omnichannel dapat membantu Anda untuk mengevaluasi variabel SWOT bisnis Anda, serta mengatur pemasaran dan penjualan Anda dalam satu platform terpadu.

Qontak by Mekari menyediakan aplikasi CRM omnichannel terbaik di Indonesia, untuk membantu Anda meningkatkan bisnis Anda. Sementara itu, Qontak by Mekari telah dipercaya lebih dari 1000+ perusahaan terkemuka untuk membantu mengelola hubungan bisnisnya secara efisien dan efektif.

Jadi tunggu apa lagi? Coba gratis aplikasi CRM gratis selama 14 hari dari Qontak by Mekari! Konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Qontak by Mekari.

Hubungi Qontak by Mekari sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By