Qontak WhatsApp

Panduan Lengkap Apa Itu IP PBX, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Pelajari Semua Tentang Apa Itu IP PBX!

Apakah Anda sedang mencari sistem telepon untuk bisnis Anda? Jika iya, Internet Protocol Private Branch Exchange (IP PBX) bisa menjadi solusi yang tepat untuk Anda. Namun, apa itu IP PBX?

IP PBX merupakan PABX atau perangkat sambungan komunikasi telepon yang dilengkapi dengan teknologi Internet Protocol (IP). Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang apa itu IP PBX berikut ini!

Image CTA call center

Apa Itu IP PBX?

Pengertian IP PBX adalah sistem telekomunikasi Private Branch Exchange (PBX) atau sistem peralihan telepon yang berfungsi untuk mengalihkan panggilan pengguna Voice Over Internet Protocol (VoIP) atau IP pada saluran lokal.

Tak hanya itu saja, sistem IP PBX juga dapat memungkinkan penggunanya untuk berbagi sejumlah saluran telepon eksternal tertentu.

Sederhananya, IP PBX merupakan sistem telekomunikasi berbasis internet yang dapat membantu melakukan penyambungan ekstensi telepon analog ataupun IP Phone.

Di sisi lain, Anda juga dapat mengintegrasikan IP PBX dengan sistem CRM untuk memeroleh wawasan dan perspektif terkait pelanggan Anda dengan analisis secara real-time.

Bagaimana Cara Kerja IP PBX?

Cara Kerja IP PBX

IP PBX bekerja dengan cara menerima dan mengirimkan panggilan, baik masuk atau keluar, melalui internet.

Sama halnya seperti VoIP, cara kerja IP PBX ini dilakukan dengan mengubah sinyal suara analog menjadi data atau sinyal digital.

Sinyal digital tersebut kemudian akan diarahkan ke penyedia layanan VoIP untuk memulai, menyambungkan, atau bahkan mengakhiri setiap panggilan.

Dalam hal ini, penyedia sistem IP PBX akan bertanggung jawab untuk merutekan panggilan masuk, memungkinkan transfer panggilan ke ekstensi lain, dan menjalankan semua fitur komunikasi sistem telepon.

Apa Saja Fungsi IP PBX?

Sampai di sini, apakah Anda sudah memahami apa itu IP PBX? Jika Anda masih merasa bingung, Anda tidak perlu khawatir. Karena pembahasan tentang fungsi IP PBX berikut ini akan membantu Anda untuk lebih memahami apa itu IP PBX.

Berikut adalah fungsi IP PBX pada bisnis yang perlu Anda ketahui:

1. Pesan Suara

Fungsi IP PBX yang pertama adalah untuk pesan suara. Dengan menggunakan IP PBX, pengguna dapat mengirimkan pesan suara untuk menyampaikan pesan.

Tak hanya itu saja, penggunaan IP PBX memungkinkan Anda untuk mengirim pesan suara ke email pelanggan atau klien Anda.

2. Sarana VoIP

Selain dapat mengirimkan pesan suara, IP PBX juga berfungsi sebagai sarana VoIP. Sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan percakapan atau komunikasi jarak jauh dengan menggunakan media internet.

3. Telepon Call Center Jarak Jauh

Dengan menggunakan sistem IP PBX, Anda dapat memiliki telepon call center jarak jauh yang dapat dilakukan secara real-time melalui perangkat apapun.

Akibatnya, tim atau agen Anda dapat bekerja secara efisien meskipun bekerja dari jarak jauh sekalipun.

4. Alat Konferensi

Berbeda dengan sistem komunikasi tradisional pada umumnya, IP PBX tidak hanya memungkinkan Anda untuk melakukan panggilan tiga arah sederhana, tetapi juga konferensi yang diikuti oleh banyak orang.

5. Pelaporan dan Analisis

Sebagian besar sistem IP PBX kini dapat diintegrasikan dengan CRM yang dapat menghadirkan fungsi pelaporan dan analisis.

Dengan demikian, Anda dapat memeroleh wawasan dan perspektif terkait pelanggan atau bisnis Anda melalui riwayat panggilan yang tersimpan dalam satu database.

Baca Juga: 18 Customer Service Software Terbaik Tahun 2022, No.1 Wajib!

Apa Manfaat Penggunaan IP PBX pada Bisnis?

Manfaat IP PBX

Selain dapat membantu meningkatkan komunikasi bisnis, IP PBX juga memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat menguntungkan bisnis.

Berikut adalah manfaat IP PBX pada bisnis:

– Mudah Dikelola dan Digunakan

Sistem IP PBX dapat diakses dan dikelola melalui dashboard online berbasis web yang mudah untuk gunakan kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah memelihara, menyesuaikan, dan menyempurnakan sistem telepon sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

– Biaya Komunikasi yang Lebih Rendah

Umumnya biaya telepon atau panggilan ke luar negeri akan memakan biaya yang besar. Namun, Anda tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut dengan menggunakan sistem IP PBX.

Ini karena sistem IP PBX menggunakan teknologi IP yang menyediakan VoIP untuk panggilan jarak jauh seperti panggilan internasional. Dengan demikian, Anda dapat menghemat biaya yang dikeluarkan untuk telepon Anda.

– Dilengkapi dengan Sistem Cloud

IP PBX dilengkapi dengan teknologi cloud yang dapat membantu Anda untuk memiliki beberapa pusat data untuk kinerja yang lebih optimal.

Anda dapat merekam, menyimpan, dan mengelola riwayat panggilan telepon Anda secara mudah menggunakan IP PBX.

– Meningkatkan Customer Journey

Anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa penggunaan sistem IP PBX sebenarnya dapat membantu Anda untuk meningkatkan customer journey. Bagaimana mungkin?

Ini sangat mungkin, karena penggunaan IP PBX dapat membantu Anda untuk memiliki solusi komunikasi yang lebih baik dan efektif. Sehingga dapat memberikan pengalaman pelanggan yang menyenangkan.

Selain itu, IP PBX juga dilengkapi dengan cloud yang memungkinkan Anda untuk mengintegrasi fungsi komunikasi utama dengan berbagai aplikasi bisnis lain seperti aplikasi CRM.

– Memungkinkan Mobilitas yang Lebih Baik

Penggunaan sistem IP PBX dapat memungkinkan Anda dan tim untuk melakukan panggilan dari mana saja secara fleksibel dan real-time.

Apa Saja Jenis IP PBX?

Setelah membahas apa itu IP PBX, cara kerja, fungsi, dan manfaatnya, kini saatnya untuk Anda mengetahui jenis-jenis IP PBX yang dapat Anda gunakan pada bisnis.

Mengetahui jenis IP PBX dapat membantu Anda untuk memilih IP PBX mana yang paling tepat untuk bisnis Anda.

Berikut adalah jenis-jenis IP PBX:

1. On-Premises IP PBX

On-premises IP PBX dikenal juga dengan istilah VoIP PBX. Ini merupakan IP PBX lokal yang menggunakan koneksi internet dan jaringan internal yang ada dan berada di dalam gedung kantor Anda.

VoIP PBX menawarkan fitur yang lebih canggih dibandingkan dengan PBX umumnya. Dengan menggunakan VoIP PBX, Anda dapat memiliki fitur perutean, konvergensi, respons suara interaktif, pesan suara ke email, konferensi, dan panggilan video.

2. Cloud PBX

Berbeda dengan on-premises IP PBX, cloud PBX atau PBX virtual  merupakan sistem digital yang dihosting di cloud dan dapat dikelola oleh penyedia khusus.

Anda dapat mengoperasikan sistem cloud PBX sepenuhnya melalui internet, di mana cloud dapat membantu penggunanya untuk mendapatkan manfaat fungsionalitas intuitif sistem PBX dengan skala yang lebih besar.

Dengan sistem cloud, Anda dapat memiliki tingkat keamanan dan ketahanan yang lebih baik untuk sistem telepon Anda.

Selain itu, sistem ini juga memiliki fitur yang luas, seperti pesan suara, virtual fax, konferensi audio, rekaman panggilan, dan kemampuan untuk mengelola dan menambahkan nomor telepon baru.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat mengintegrasikan sistem telepon Anda dengan aplikasi CRM yang dapat mengefektifkan seluruh proses bisnis Anda.

Baca Juga: 7 Cloud PBX Provider Terbaik untuk Bisnis

Dapatkan Sistem IP PBX Terbaik untuk Bisnis Anda Sekarang!

Telepon Cloud PBX Qontak

Apakah Anda sudah memahami apa itu IP PBX? Jika iya, maka kini saatnya untuk Anda untuk mendapatkan sistem IP PBX terbaik untuk bisnis Anda!

Salah satu penyedia IP PBX terbaik di Indonesia adalah Qontak by Mekari. Qontak memiliki Telepon Cloud PBX yang dilengkapi dengan fitur telepon call center jarak jauh, jalur virtual & respon suara interaktif (IVR), dasbor wallboard real-time, dan rekaman panggilan API yang dapat meningkatkan komunikasi bisnis Anda.

Selain itu, Qontak by Mekari juga telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani komunikasi dan hubungan pelanggan. Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Yuk, coba demo Telepon Cloud PBX Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Qontak by Mekari sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By