Qontak WhatsApp

Top 15 Aplikasi CRM Terbaik 2022 untuk Bisnis Anda!

Aplikasi CRM sebagai Solusi Layanan Pelanggan dan Penjualan Terbaik untuk Bisnis Anda!

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) solusi terbaik untuk Anda yang sedang merintis bisnis. Software ini membantu Anda mengelola hubungan baik dengan pelanggan maupun penjualan.

Aplikasi CRM secara otomatis menyimpan semua detail interaksi pelanggan. Hal ini memudahkan Anda mengelola keperluan pelanggan seperti mencatat jadwal pertemuan, mengirimkan email hingga membuat laporan analisis. Semua aktvitas tersebut dapat Anda lakukan hanya dari satu aplikasi.

Kemampuan aplikasi CRM tersebut sangat sayang apabila Anda lewatkan. Namun tentu Anda tidak boleh menggunakan software CRM asal-asalan. Oleh karena itu, kami melakukan riset sederhana untuk menemukan top 15 aplikasi CRM yang cocok digunakankan oleh bisnis Anda.

Top 15 Aplikasi CRM terbaik di Indonesia tahun 2022 adalah:

  1. Mekari Qontak
  2. Microsoft Dynamics
  3. EngageBay
  4. Pipedrive
  5. Keap
  6. Freshsales
  7. Copper
  8. SAP CRM
  9. Sugar CRM
  10. Oracle CRM
  11. Apptivo
  12. Less Annoying CRM
  13. Really Simple Systems
  14. ACT!
  15. Adsoup

Aplikasi CRM


Apa itu Aplikasi CRM?

Aplikasi Customer Relationship Management (CRM) adalah sebuah tools yang dirancang untuk bisnis membangun hubungan pelanggan yang lebih baik. Alat ini menawarkan pengalaman yang konsisten untuk setiap interaksi guna meningkatkan layanan pelanggan dan penjualan bisnis.

Aplikasi CRM juga dapat digunakan untuk aktivitas penjualan. Penerapan CRM dalam penjualan atau sales CRM dibutuhkan bisnis agar pelanggan menjadi jauh lebih loyal kedepannya.

Aplikasi CRM juga memudahkan bisnis dalam menyusun strategi yang lebih fokus kepada manajemen hubungan pelanggan. Jadi Anda bisa lebih cepat mengubah leads menjadi pelanggan yang loyal.

Tonton video penjelasan mengenai Aplikasi CRM secara singkat di bawah ini:


Mengapa Aplikasi CRM sangat penting untuk Bisnis?

Aplikasi CRM dapat untuk menyimpan dan mengelola semua informasi pelanggan dalam satu sistem terpadu. Alasan lainnya yang akan Anda dapatkan setelah menggunakan aplikasi CRM adalah sebagai berikut:

– Mengelola data pelanggan secara otomatis

CRM software dapat mengumpulkan data pelanggan secara otomatis. Data tersebut dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya melacak minat pelanggan terhadap suatu produk atau jasa, bahan pertimbangan dalam menyusun strategi promosi dan penjualan, dan lain sebagainya.

– Membangun loyalitas pelanggan

CRM tools memiliki kemampuan untuk melacak dan menangani testimoni pelanggan terkait produk, jasa dan layanan Anda. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan service CRM untuk meminta feedback dari pelanggan. Hal ini berguna untuk strategi membangun kepuasan pelanggan terhadap bisnis Anda.

– Sarana promosi terbaik

CRM tools dapat Anda manfaatkan untuk sarana pemasaran atau promosi yang efektif. Dimana dengan download aplikasi CRM berbasis web gratis, Anda bisa mulai menentukan strategi promosi yang tepat sasaran dengan memanfaatkan database pelanggan.

– Integrasi dengan banyak saluran bisnis

CRM software sangat mudah dihubungkan dengan berbagai saluran bisnis. Misalnya aplikasi chatting seperti WhatsApp Business, media sosial seperti Facebook, Instagram dan sebagainya. Dengan menggunakan download aplikasi CRM berbasis web gratis, pelaku bisnis dapat dengan mudah mengintegrasikan aplikasi-aplikasi tersebut. Hal itu berkat dukungan sistem Omnichannel.

– Sales CRM dapat mengelola manajemen penjualan yang baik

Penerapan software CRM pada perusahaan juga membantu Anda untuk mengelola penjualan dengan baik. Dimana CRM software terbaik memiliki laporan hasil penjualan real-time. Laporan tersebut dapat disimpan dengan tepat dan dapat dipantau di semua tim penjualan.


Apa Keuntungan dan Manfaat Aplikasi CRM?

Manfaat utama aplikasi CRM adalah membantu Anda mengelola interaksi pelanggan secara otomatis. Hal ini dimulai dari menyimpan seluruh interaksi tersebut dalam satu database. Dari data terkumpul, Anda dapat memantau aktivitas penjualan, KPI dan lainnya dalam satu dasbor interaktif.

Selain penjualan, software CRM juga bermanfaat untuk melacak KPI selurh aspek bisnis seperti operasional, insentif, bonus, logistik serta kinejra tim customer service. Hal ini memudahkan Anda untuk menyusun strategi peningkatan penjualan dan pendapatan.

Laporan analisi yang diberikan CRM software menjawab semua kebutuhan bisni dari ujung ke ujung. Terlebih laporan ini dapat diakses secara real time untuk mengetahui kondisi terkini bisnis.

Baca Juga: 6 Manfaat CRM Dalam Bisnis: Penting!


Apa saja Fungsi Aplikasi CRM?

Seperti disebutkan sebelumnya, manfaat utama software CRM adalah membantu Anda dalam memantau aktivitas penjualan, mengelola interaksi pelanggan, melacak KPI bisnis dan banyak lagi. Selain hal tersebut, terdapat fungsi lainnya dari CRM seperti berikut:

  • Melacak kinerja tim penjualan dan KPI
  • Mengelola data pelanggan
  • Meningkatkan retensi pelanggan
  • Meningkatkan kepuasan pelanggan
  • Menciptakan kolaborasi tim yang baik
  • Meningkatkan efisiensi kerja
  • Meningkatkan penjualan
  • Memperoleh laporan dan analiss bisnis yang akurat
  • Meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Memperluas jangkauan pelanggan

Fitur Penting Apa yang Harus Dimiliki Aplikasi CRM?

– Manajemen Kontak

Software CRM mampu menyimpan dan mengelompokkan deals berdasarkan kategori tertentu secara otomatis. Setiap deals berisi informasi pelanggan seperti riwayat interaksi, kontak dan sebagainya. Informasi tersebut dapat membantu tim memahami pelanggan dan menentukan strategi bisnis.

– Manajemen Leads

CRM software mampu mengidentifikasi prospek potensial untuk ditindak lanjuti tim support. Sistem ini akan membaca perilaku pelanggan saat berbelanja di internet. Informasi tersebut akan disimpan dan dikelola menjadi database untuk menindak lanjuti prospek tersebut.

– Melacak KPI

KPI merupakan indikator kinerja yang sangat penting untuk diukur dan dianalisis. Proses pelacakan tersebut juga harus dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda. Dikarenakan melalui KPI, Anda bisa menilai keberhasilan strategi bisnis dan produktivitas kinerja karyawan.

– Otomatisasi Sales

Software CRM memungkinkan otomatisasi tahapan penjualan. Hal ini membuat tim penjualan Anda tidak perlu lagi melakukan entry data atau aktivitas penjualan secara manual. Sehingga mengurangi human error dan meningkatkan produktivitas.

– Sinkronisasi Data

Software CRM memiliki kemampuan sinkronisasi untuk banyak program yang bisnis Anda gunakan. Misalnya mengunggah email dari Outlook, sinkronkan dengan Google Drive, impor spreadsheet, dan lain-lain. Dengan fitur sinkronisasi ini, Anda dapat melihat semua informasi dalam satu platform.

– Dasbor Pelaporan

Pengguna dapat melihat semua riwayat transaksi dan laporan yang disimpan dalam satu dasbor yang telah diatur dengan rapi sesuai jenisnya. Semua laporan tersebut ditampilkan dalam satu dashboard terpadu. Hal ini memudahkan pengguna dalam melihat data-data yang tersimpan.

– Integrasi dengan Aplikasi lain

Aplikasi CRM memiliki keistimewaan mampu terhubung dengan saluran bisnis yang Anda miliki. Semua informasi pelanggan dari berbagai saluran disatukan dalam satu data secara otomatis. Hal ini memudahkan Anda untuk menemukan informasi pelanggan yang dibutuhkan.


15 Aplikasi CRM Terbaik di Indonesia tahun 2022

Berikut kami merekomendasikan 15 aplikasi CRM terbaik di Indonesia tahun 2022 adalah

1. Aplikasi Mekari QontakMekari Qontak

Penyedia aplikasi CRM Indonesia yang mudah untuk didapatkan adalah Mekari Qontak. Aplikasi Qontak dapat membantu proses memantau penjualan. Aplikasi CRM terbaik di Indonesia ini memiliki fitur lengkap dengan harga yang bersaing. Anda bisa mendapatkan aplikasi CRM Qontak secara gratis selama 14 hari.

Selain itu, Mekari Qontak juga merupakan salah satu mitra resmi WhatsApp di Indonesia. Anda dapat memperoleh WhatsApp Business API melalui Qontak dan mengintegrasikannya dengan sistem CRM menjadi WhatsApp CRM. Dengan demikian Anda dapat memiliki solusi bisnis lengkap hanya dari satu vendor!

Beberapa fitur unggulan yang dimiliki oleh aplikasi CRM terbaik Qontak.com:

  • Customization: Tampilan yang bisa di-custom sesuai kebutuhan. CRM dapat diubah secara instan agar cocok dengan perspektif bisnis para pelanggannya.
  • 360 View and Analytical Reporting: Menyajikan data yang lengkap, meliputi monitoring dan manajemen aktivitas sales, visualisasi sales pipeline untuk melacak proses bisnis dan deals yang sedang berlangsung, serta pelaporan dan analisis untuk memberikan insight dan pengambilan keputusan yang lebih baik.
  • Live GPS and Mobile Application: Sales CRM Qontak memiliki fitur Live GPS yaitu pelacakan lokasi yang dapat dilakukan secara offline dan pada waktu yang sebenarnya walaupun tanpa koneksi internet sekalipun.
  • KPI Tracking and Task Management: Memiliki fitur pelacakan KPI dan task management yang dapat dikostumisasi secara penuh sehingga para penggunanya dapat menciptakan KPI tertentu yang ingin mereka pantau sesuai dengan kebutuhan mereka. Percepat KPI dan kinerja bisnis Anda sekarang.
  • WhatsApp Omnichannel Integration: Terintegrasi dengan WhatsApp dan Omnichannel lainnya seperti media sosial, e-commerce dan VOIP call center pada customer service.
  • Document Otomatization: Memberikan otomatisasi dokumen serta dukungan/layanan penuh terhadap penggunanya.
  • Marketing Initiation: Terhubung dengan aplikasi marketing sehingga dapat melakukan otomatisasi dengan CRM untuk kampanye marketing.
  • Dedicated Support: Mendapatkan support khusus untuk setiap pengguna serta harga yang terjangkau.
  • Live Chat and Web Chat Feature: Dapat terintegrasi dengan fitur Live Chat dan Web Chat sehingga menambah kemudahan untuk pelanggan dalam menghubungi kontak bisnis Anda.

Saya Mau Coba Gratis Aplikasi CRM Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

 

2. Microsoft Dynamics CRMmicrosoft dynamics

Microsoft Dynamics adalah rangkaian aplikasi software perencanaan sumber daya dan sales CRM perusahaan. Sistem operasinya adalah Microsoft Windows. Dengan Dynamics 365, Anda akan memperoleh CRM tools yang berfungsi sebagai solusi fleksibel. Kekurangan menggunakan Microsoft Dynamics adalah biaya yang cukup mahal serta tidak adanya support khusus untuk penggunanya.

Berikut fitur yang ditawarkan CRM tools Microsoft Dynamics adalah

  • Customer Relationship Management
  • Otomatisasi Dokumen
  • Sales Force Automation
  • Customer Service Tracking
  • Cloud Sharing
  • Marketing Capabilities
  • Personalisasi
  • Increase Productivity

3. EngageBay

EngageBay

EngageBay menyediakan aplikasi CRM yang dirancang untuk membantu perusahaan kecil hingga menengah. Software CRM berbasis cloud ini mendukung bisnis membangun hubungan baik dengan pelanggan dan mempertahankan loyalitas mereka. Dengan EngageBay, Anda dapat mengelola dan melacak semua aktivitas pelanggan, prospek, dan kesepakatan penjualan.

Fitur yang ditawarkan EngageBay meliputi:

  • Account Alerts
  • Activity Tracking
  • Analytics/ROI Tracking
  • Auto-Responders
  • Automated Routing
  • Automated Scheduling

4. Pipedrive

aplikasi crm pipedrive

Salah satu contoh aplikasi CRM yang memiliki kantor di beberapa negara adalah Pipedrive. Pipedrive merupakan perusahaan yang menawarkan software berbasis cloud yang fokusnya aplikasi customer relationship management. Pipedrive berkantor di Estonia,USA, Florida, Portugal, Inggris Raya, dan  Republik Ceko. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki versi gratis, namun mereka menawarkan uji coba gratis.

Fitur yang ditawarkan oleh Pipedrive adalah

  • Manajemen Leads dan Penjualan
  • Pelacakan Komunikasi
  • Memiliki sistem otomatisasi
  • Pelaporan dan wawasan bisnis
  • Privasi dan keamanan pada aplikasi
  • Akses Mobile Apps

5. Keap

Keap

Keap adalah aplikasi CRM yang membantu bisnis mendapatkan lebih banyak prospek dari pemasaran email dan SMS. Melalui aplikasi CRM, Anda bisa melacak seluruh aktivitas pelanggan Anda selama berinteraksi dengan bisnis. Selain itu, Anda juga dapat memindahkan prospek dengan mudah ke tahapan baru pada pipeline sales dashboard.

Untuk mengetahui harga berlangganan Keap, Anda bisa menghubungi customer service mereka.

Fitur yang ditawarkan Keap, diantaranya:

  • Pre-built reminders
  • Automated emails
  • Keeps calls and messages separate
  • Automated follow-up

6. Freshsales

aplikasi-crm-freshsales

Freshsales merupakan salah satu aplikasi CRM terbaik (Customer Relationship Management) yang dapat dicoba bagi perusahaan yang ingin memiliki semua fitur yang mereka butuhkan dalam satu alat. Aplikasi ini menawarkan semua yang dibutuhkan oleh perusahaan, seperti laporan yang dapat dikostumisasi, pelacakan berbagai interaksi, serta laporan penjualan visual yang disajikan dalam satu platform.

Macam-macam fitur yang ditawarkan Freshsales adalah

  • Ticketing
  • Collaboration
  • Automations
  • Reporting & Analytics
  • Email tracking
  • Event tracking
  • Manajemen sales

7. Copper

Copper

Copper menyediakan aplikasi CRM yang membantu bisnis mengelola kontak, penawaran, email, file dan lainnya dari satu panel. Anda juga dapat menganalisis metrik penting seperti pendapatan penjualan serta memantau prospek baru. Hampir semua proses penjualan dapat diotomatiskan dengan Copper untuk meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Macam-macam fitur Copper adalah

  • Manajemen sales
  • Sales funnel
  • Laporan analisis
  • Manajemen pipeline

8. SAP CRM

SAP CRM merupakan service CRM terbaik buatan SAP SE yang pada awalnya merupakan sebuah software lokal yang terintegrasi dalam menangani CRM pada bagian pemasaran, penjualan, dan pelayanan bagi perusahaan skala menengah dan skala besar di semua sektor dan industri. Software CRM ini berkembang menjadi sebuah software yang dimanfaatkan untuk menjalankan proses bisnis yang telah dikostumisasi sesuai kebutuhan.

Berikut adalah fitur-fitur SAP CRM:

  • Dukungan bisnis yang berfokus pada pelanggan (pemasaran, penjualan, dan pelayanan)
  • Memiliki gambaran sales funnel melalui berbagai channel
  • Menyajikan data analitik untuk pelaporan dan pengambilan keputusan
  • Menyimpan semua data ke dalam cloud
  • Otomatisasi sales dan marketing
  • Pelacakan penjualan dan forecasting

9. Aplikasi Sugar CRM

aplikasi-crm-sugarcrm

Salah satu perusahaan yang menciptakan aplikasi Customer Relationship Management untuk sales monitoring adalah SugarCRM. Aplikasi CRM terbaik SugarCRM ini memiliki beberapa fungsi yang mencakup otomatisasi tenaga penjualan, kampanye pemasaran, layanan pelanggan, serta dalam bidang pelaporan.

Macam-macam fitur yang ditawarkan Sugar CRM adalah:

  • Otomatisasi pemasaran
  • Customer support
  • Otomatisasi sales force
  • Laporan analisis penjualan

10. Aplikasi Oracle CRM

Oracle merupakan perusahaan teknologi komputer multinasional Amerika yang berkantor pusat di Austin, Texas. Salah satu produk Oracle yang berkaitan dengan aktivitas memantau sales adalah Siebel. CRM tools tersebut memberikan fitur transaksional, analitis, serta keterlibatan untuk mengelola semua kegiatan dalam melayani para pelanggan.

Berikut macam-macam fitur yang ditawarkan aplikasi CRM Oracle:

  • Meminimalisir proses lead-to-cash
  • Meningkatkan produktivitas seluruh tim
  • Meningkatkan kinerja penjualan dengan forecasting, upsell, dan manajemen komisi
  • Membantu mengelola penjualan

11. Apptivo

Apptivo

Apptivo adalah SaaS berbasis cloud sebagai solusi manajemen hubungan pelanggan yang serbaguna untuk bisnis dari semua ukuran. Aplikasi secara otomatis dapat mengambil alih entri data dan tugas berulang lainnya. Apptivo memiliki integrasi email dengan aplikasi lainnya seperti Google Gmail. Anda juga dapat menggunakan template email Apptivo untuk pemasaran atau tetap berhubungan dengan pelanggan tetap. Anda bahkan mendapatkan statistik tentang kinerja pesaing.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh Apptivo adalah

  • Individual users
  • Small teams
  • Lead capture
  • Opportunity management
  • Sales process tracking
  • Workflow automation

12. Less Annoying CRM

Less Annoying

Less Annoying CRM mudah digunakan dan bagus untuk pemula dan pemilik bisnis dengan anggaran terbatas atau bisnis kecil. Dengan Less Annoying CRM, Anda dapat menambahkan catatan, file, dan tugas ke profil pelanggan. Anda akan mendapatkan pelaporan prospek sederhana untuk mengelola saluran Anda. Less Annoying CRM adalah alat yang layak untuk kolaborasi tim.

Fitur yang dimiliki Less Annoying CRM adalah

  • Contact & Account Management
  • Opportunity & Pipeline Mgmt.
  • Task / Activity Management
  • Desktop Integration
  • Lead Management

13. Really Simple Systems

Really Simple Systems

Really Simple Systems adalah aplikasi CRM super mudah yang akan disukai dan digunakan oleh bisnis. Aplikasi ini membantu Anda mengatur penjualan dan merampingkan proses Anda. Really Simple Systems mencakup manajemen pelanggan untuk melakukan tugas, kalender, dan perkiraan penjualan. Really Simple Systems CRM menyertakan opsi email marketing yang terintegrasi dengan aplikasi CRM.

Fitur-fitur yang ditawarkan Less Annoying CRM adalah

  • Contact & Account Management
  • Opportunity & Pipeline Mgmt.
  • Task / Activity Management
  • Desktop Integration
  • Customer Contract Management

14. Act!

Act!

Act! memberikan metrik dan wawasan yang tepat kepada bisnis untuk mendapatkan lebih banyak transaksi dan mengelola hubungan pelanggan mereka dengan lebih baik. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur, termasuk manajemen kontak dan prospek, pelacakan peluang, kutipan dan faktur, otomatisasi pemasaran, dan pelaporan. ACT! tersedia dalam versi lokal dan berbasis cloud, sehingga bisnis dapat memilih program mana yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh ACT adalah

  • Contact & Account Management
  • Opportunity & Pipeline Mgmt.
  • Task / Activity Management
  • Desktop Integration
  • Quote & Order Management
  • Customer Contract Management

15. Adsoup

Adsoup

Adsoup adalah CRM multi-platform yang fokus merampingkan komunikasi antara bisnis Anda dan klien. Aplikasi cocok untuk penjualan dan bisa sangat berguna untuk usaha kecil dan menengah. Adsoup dapat menggabungkan Facebook messenger, Line, Livechat, Kotak masuk email bersama, Whatsapp, pesan langsung Twitter, dan lainnya ke dalam satu dasbor yang berfokus pada satu tim.

Fitur yang dimiliki Adsoup adalah

  • Real-time Messaging
  • Sales Tracking
  • Revenue Monitoring
  • Single-platform communications

Saya Mau Coba Gratis Aplikasi CRM Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

Rekomendasi: 10 Software CRM Terbaik untuk Semua Bisnis


Dapatkan Aplikasi CRM Indonesia Terbaik Di sini!

Qontak by mekari

Sebagai pemilik bisnis, Anda ingin memiliki aplikasi CRM yang dapat meningkatkan sales. Aplikasi CRM adalah tantangan baru bagi sebagian bisnis. Namun, Anda tak perlu khawatir, saat ini banyak perusahaan yang menawarkan kemudahan dalam menggunakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia seperti Mekari Qontak.

Mekari Qontak menyediakan solusi end-to-end yang menghubungkan omnichannel dengan sistem Customer Relationship Management. Teknologi CRM yang ditawarkan Qontak membantu mereka mendorong pertumbuhan pendapatan, memperbaiki produktivitas, serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan di Indonesia untuk meningkatkan bisnis lebih baik. Qontak juga telah telah tersertifikasi ISO 27001 yang memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda.

Anda bisa mendapatkan aplikasi CRM Qontak secara gratis selama 14 hari. Jadi tunggu apalagi?

Hubungi Qontak atau COBA GRATIS aplikasi CRM dengan mengisi form di bawah ini:

You may also like

By