Qontak WhatsApp

Memahami Berbagai Jenis dan Fungsi Aplikasi Enterprise

Memahami-Berbagai-Jenis-dan-Fungsi-Aplikasi-Enterprise

Penggunaan aplikasi Enterprise dapat membantu perusahaan menyelesaikan banyak pekerjaan dengan mudah. Selain itu, aplikasi ini juga dapat memberikan banyak manfaat yang menguntungkan untuk perusahaan. Untuk itu, Anda perlu mempelajari karakteristik aplikasi enterprise dan mengenali berbagai jenis aplikasi enterprise yang dapat bermanfaat untuk perusahaan Anda.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan aplikasi enterprise di bawah ini!

Image CTA for aplikasi enterprise


Apa Itu Aplikasi Enterprise?

Software enterprise atau yang dikenal Aplikasi Enterprise adalah perangkat lunak yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan organisasi daripada individu. Ini termasuk organisasi bisnis, sekolah, kelompok, pemerintah, dan masih banyak lagi.

Enterprise software adalah bagian penting dari sistem informasi, karena dapat menangani sebagian operasi dalam suatu organisasi untuk meningkatkan tugas pelaporan bisnis dan manajemen.

Di mana dalam penerapannya, sistem software enterprise harus mampu memproses informasi dengan kecepatan yang relatif tinggi dan dapat digunakan di berbagai jaringan yang berbeda.

Adapun tujuan penggunaannya adalah untuk menurunkan biaya perusahaan dan membuat pekerjaan jadi lebih efektif dan produktif.

Artikel Terkait: 5 Software Perusahaan yang Wajib Dimiliki oleh Sebuah Bisnis


Apa Manfaat Aplikasi Enterprise untuk Perusahaan?

Aplikasi enterprise memiliki beberapa manfaat yang menguntungkan bagi perusahaan yang menggunakannya, di antaranya adalah sebagai berikut:

– Meningkatkan produktivitas perusahaan

Salah satu karakteristik software enterprise adalah dapat menangani pekerjaan pencatatan, baik itu data penjualan, persediaan barang, dan pencatatan lainnya secara otomatis.

Hal tersebut memudahkan tugas tim bisnis karena aplikasi ini dapat bekerja secara real-time, efisien, dan akurat walaupun dengan beban kerja yang banyak sekalipun. Pada akhirnya produktivitas perusahaan dapat meningkat.

– Pengelolaan bisnis menjadi lebih mudah

Berbagai data informasi terkait proses bisnis Anda dapat saling terintegrasi. Data tersebut dapat diakses secara mudah dan berada dalam satu platform. Dengan adanya data yang mudah diakses, akurat dan transparan, maka bisnis dapat dikelola dengan lebih mudah dan efisien.

Mengontrol keuangan perusahaan dengan lebih baik (Efisiensi biaya operasional bisnis)

Semua data keuangan Anda akan terintegrasi dalam sebuah sistem terpusat. Anda dapat memantau kondisi keuangan perusahaan dan mengendalikan penggunaan alokasi dana sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Pengelolaan biaya operasional yang salah dapat menimbulkan dampak buruk bagi perusahaan, maka dibutuhkan sebuah aplikasi yang dapat mengontrol keuangan perusahaan.

Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengukur kebutuhan perusahaan di masa yang akan datang, baik terkait kebutuhan produksi, alat-alat produksi, maupun sumber daya manusia. Informasi tersebut sangat penting bagi perusahaan terutama saat melakukan perencanaan dan pengendalian terkait biaya operasional bisnis.


Jenis – Jenis Aplikasi Enterprise yang Dibutuhkan Perusahaan

Berikut ini merupakan berbagai macam jenis aplikasi enterprise yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Apa Anda salah satunya?

1. Enterprise Resource Planning (ERP)

ERP software adalah salah satu jenis enterprise software yang cukup umum digunakan pada bisnis atau perusahaan. Aplikasi ini mengelola berbagai perencanaan sumber daya dalam perusahaan, seperti: perencanaan produk, pembelian bahan, kontrol inventaris, keuangan, manajemen SDM, dan lain sebagainya.

2. Enterprise Content Management

Sesuai namanya, aplikasi ini berfungsi untuk mengelola konten yang dimiliki oleh perusahaan. Konten yang dimaksud di sini adalah seperti dokumen, gambar, video, dan pesan email.

Konten-konten tersebut dapat didistribusikan sebagai konten web, manajemen dokumen, kolaborasi antara rekan kerja, dan lain sebagainya.

3. Supply Chain Management

Aplikasi manajemen ini bertugas untuk mengelola kegiatan rantai pasokan pada perusahaan sehingga dapat dijalankan dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Kegiatan yang dijalankan seputar: proses produksi, hal-hal logistik, dan sistem informasi untuk mengkoordinasikan kegiatan.

4. Customer Relationship Management

Aplikasi CRM (Customer Relationship Management) merupakan salah satu contoh software enterprise yang sudah cukup banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan dari berbagai skala.

Ada banyak manfaat yang ditawarkan oleh berbagai fitur yang dimilikinya, mencakup pengelolaan penjualan, pemasaran, dan aspek interaksi lainnya antara perusahaan dan pelanggan.

Salah satu karakteristik CRM adalah menyimpan dan mengelola informasi tentang pelanggan. Informasi tersebut berkaitan dengan kontak, sales lead, pelanggan, riwayat penjualan, permintaan layanan, dan lainnya.

Selain itu, CRM application juga dapat melacak komunikasi melalui email, chat, web, media sosial, dan saluran pemasaran lainnya.

5. Business Intelligence

Busines intelligence tool adalah jenis software enterprise berikutnya yang banyak digunakan oleh perusahaan. Alat ini dapat menangani sejumlah besar data terstruktur dan terkadang tidak terstruktur untuk membantu mengidentifikasi, mengembangkan, dan menciptakan peluang bisnis strategis baru.


Seperti Apa Contoh Penerapan Aplikasi Enterprise pada Perusahaan?

Enterprise software dapat digunakan untuk memudahkan berbagai kebutuhan perusahaan. Berikut ini merupakan beberapa contoh penerapan enterprise software pada perusahaan:

– Accounting

Aplikasi ini berfungsi untuk mengelola arus kas keluar dan masuk pada perusahaan cukup dengan beberapa kali klik saja.

Berbagai macam transaksi akuntansi yang dimaksud adalah seperti: neraca, pengeluaran, rekonsiliasi bank, buku besar, manajemen pajak, penganggaran, dan lain sebagainya. Jurnal sebagai aplikasi akuntansi dapat membantu Anda melakukan pembukuan dengan mudah.

Customer Relationship Management

Contoh aplikasi enterprise lainnya adalah CRM (Customer Relationship Management). Aplikasi CRM membantu meningkatkan sales dengan memaksimalkan kinerja customer service sehingga hubungan pelanggan menjadi lebih baik.

Selain itu, melalui aplikasi ini perusahaan dapat mengelola dan melacak berbagai informasi seperti riwayat panggilan, komunikasi, data transaksi, pertemuan, durasi kontrak, dan lain sebagainya. Salah satu penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak.

Human Resource Management

Aplikasi ini membantu meningkatkan efisiensi departemen SDM dalam perusahaan, seperti mengelola informasi karyawan misalnya penilaian kinerja, keterampilan, deskripsi pekerjaan, cuti, kehadiran, dan lain sebagainya. Manajemen penggajian juga merupakan salah satu hal penting yang dapat dikelola oleh aplikasi ini.

Tak hanya berfungsi untuk mengelola gaji karyawan, namun aplikasi ini juga dapat mengelola pengembalian biaya, biaya perjalanan, dan lain sebagainya. Aplikasi human resource management dapat didapatkan di Talenta.

Sales

Penawaran, pertanyaan penjualan, faktur, dan sales order dapat dikelola menggunakan aplikasi sales. Integrasi aplikasi sales dan CRM dapat mempercepat siklus penjualan sehingga menghasilkan keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan.

Inventory

Selain mengelola pemasaran dan penjualan, sebuah perusahaan juga harus mampu melacak dan mengelola barang inventaris perusahaan. Kegiatan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi inventaris. Aplikasi ini juga dapat memantau tingkat persediaan, melakukan forecasting, menjadwalkan restock barang, dan membuat laporan inventaris.

Purchasing

Aplikasi ini berperan dalam pengadaan barang, termasuk daftar pemasok, analisis permintaan dan penawaran, goods receipts notes, purchase order, dan pembaharuan stok.

Manufacturing

Aplikasi terakhir ini berfungsi untuk meningkatkan efisiensi proses produksi dalam suatu perusahaan mulai dari perencanaan produk, pemantauan produksi harian, material routing, dan bills of materials.


Dapatkan Aplikasi Enterprise Terbaik untuk Perusahaan Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Di antara berbagai jenis aplikasi enterprise yang tersedia, yang biasanya paling dibutuhkan adalah aplikasi CRM. Hal itu dikarenakan aplikasi CRM merupakan solusi end-to-end bagi perusahaan untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, serta profitabilitas pada perusahaan.

Selain itu, aplikasi CRM didukung fitur lengkap yang membantu bisnis untuk mengelola berbagai proses bisnis seperti marketing, sales, orders, hingga support seperti yang dimiliki oleh Mekari Qontak. Mekari Qontak merupakan penyedia aplikasi CRM terbaik yang memenuhi berbagai karakteristik yang wajib dimiliki oleh sebuah aplikasi enterprise.

Selain itu, sistem CRM Mekari Qontak memiliki basis Omnichannel sehingga dapat mengintegrasi banyak saluran bisnis dan mengelolanya dalam satu dashboard. Dapat dikatakan bahwa CRM Omnichannel milik Mekari Qontak merupakan salah satu contoh aplikasi terbaik karena memiliki karakteristik aplikasi enterprise yang lengkap.

Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By