Qontak WhatsApp

15 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik!

Rekomendasi Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik

Rekomendasi Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik untuk Bisnis!

Apakah Anda baru saja memulai bisnis? Jika iya, mungkin Anda akan membutuhkan aplikasi pendukung sales dan marketing  yang dapat dapat menyederhanakan proses bisnis Anda.

Tak hanya itu saja, aplikasi marketing dan sales juga dapat membantu menyelesaikan proses bisnis, membangun hubungan pelanggan, hingga memantau KPI sales dan marketing di seluruh saluran penjualan.

Untuk selengkapnya, yuk simak rekomendasi aplikasi pendukung sales dan marketing berikut ini!

Top 15 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing untuk Bisnis:

  1. Aplikasi CRM
  2. To-Do-List
  3. Aplikasi Dikte
  4. Deck Presentasi
  5. E-signature
  6. Document Scannner
  7. Business Card Scanner
  8. Aplikasi Pembagi File
  9. Aplikasi Chatting
  10. Marketplace
  11. Aplikasi Desain Grafis
  12. Google Analytics
  13. Aplikasi Mobile Banking
  14. Aplikasi Pengiriman Paket
  15. Omnichannel

Apa Manfaat Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing bagi Bisnis?

Manfaat utama aplikasi pendukung sales dan marketing adalah menyederhanakan proses penjualan dan pemasaran, serta mendorong peningkatan produktivitas bisnis dan penjualan.

Selain itu, aplikasi pendukung marketing dan sales juga memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat menguntungkan bisnis, antara lain:

– Menghemat Biaya dan Waktu

Dengan memiliki satu aplikasi pendukung marketing dan penjualan yang lengkap, Anda dapat menghemat biaya dari pembelian banyak aplikasi untuk tugas yang serupa. Sehingga, Anda tidak perlu lagi membuka aplikasi yang berbeda-beda.

Dengan demikian, Anda dan tim dapat memiliki produktivitas yang rendah dan bekerja dengan tidak efisien.

– Mempermudah Pengelolaan Sales dan Marketing

Mengelola berbagai interaksi atau menanggapi pelanggan pada sebuah aplikasi yang sama akan jauh lebih mudah daripada mengelolanya melalui aplikasi pendukung marketing dan penjualan yang berbeda.

– Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Meningkatkan Kualitas Prospek

Salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kualitas prospek Anda adalah menyelaraskan pemahaman antara tim penjualan dan pemasaran tentang prospek seperti apa yang menjadi sasaran bisnis Anda.

Dalam hal ini, aplikasi pendukung marketing dan penjualan dapat membantu tim Anda untuk menjalankan promosi yang tepat bagi prospek tertarget.

Selain itu, aplikasi ini juga da[at membantu meningkatkan keselarasan antar tim agar tetap sinkron dan fokus pada KPI sales dan marketing yang jelas dan terukur.

– Membangun Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan dengan Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing

Penggunaan software pendukung penjualan dan pemasaran juga dapat membantu membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Mengingat software ini dapat membantu tim Anda memberikan memberikan pesan yang konsisten dan tanggap di sepanjang proses jual beli yang pelanggan Anda lakukan.

– Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Memberikan Laporan Analisa

Sebuah software sales dan marketing yang ideal akan memberikan laporan dan analisa bisnis yang lengkap dan akurat bagi penggunanya. Laporan dan analisa bisnis tersebut nantinya sangat berguna untuk memantau KPI sales dan marketing.

– Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Meningkatkan Penjualan

Penjualan dapat meningkat berkat adanya kolaborasi yang selaras antara tim sales dan marketing, sehingga terbentuk customer experience yang baik.

Lebih lanjut, semua hal positif tersebut secara tidak langsung menjadi alasan kuat untuk melakukan otomatisasi penjualan pada perusahaan.

Baca Juga: Aplikasi untuk Sales: Jenis, Fitur, dan Manfaatnya dan 6 Aplikasi untuk Marketing Terbaik untuk Bisnis


15 Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik untuk Bisnis Anda

Berikut adalah 15 aplikasi pendukung sales dan marketing terbaik yang wajib Anda coba:

1. Aplikasi CRM

Aplikasi-Pendukung-Sales-dan-Marketing-Qontak-1

CRM adalah aplikasi yang digunakan untuk mengelola hubungan antara pelaku bisnis dengan pelanggannya. CRM mampu merekam dan mengelola database sales dan customer service.

Data tersebut kemudian dapat dimanfaatkan untuk membangun hubungan pelanggan dan perzonalized marketing, sehingga lebih efektif mendatangkan pelanggan.

Salah satu penyedia aplikasi CRM terbaik di Indonesia adalah Qontak by Mekari. Qontak dapat memudahkan bisnis dalam mencapai target KPI penjualan dan marketing.

Selain itu, Qontak juga dilengkapi dengan berbagai fitur-fitur canggih yang dapat membantu bisnis menyusun strategi pemasaran yang efektif.

Misalnya, e-mail blast dan task yang bersifat sebagai todolist. Dengan fitur e-mail blast tim marketing dapat mengirimkan kampanye/promosi kepada prospek tertarget dan para pelanggan.

Sedangkan fitur task dapat memungkinkan tim sales dan marketing untuk bekerja secara teratur dan sesuai arahan yang jelas.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

2. ToDoList

Aplikasi-Pendukung-Sales-dan-Marketing-Evernote

Aplikasi todolist merupakan aplikasi yang berisi daftar tugas atau kegiatan yang harus dilakukan dalam waktu tertentu.

Dengan aplikasi ini, tim Anda dapat mengatur target kerja harian yang harus mereka selesaikan untuk mencapai tujuan tertentu.

Fitur ini juga dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi kinerja dan KPI sales dan marketing, apakah beban kerja mereka sesuai serta apakah mereka dapat menyelesaikannya dengan baik atau tidak.

Salah satu contoh aplikasi todolist adalah Evernote. Aplikasi ini berfungsi untuk membuat catatan, menyimpan ide-ide, mengumpulkan berbagai artikel saat browsing, dan lain-lain.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambah gambar, audio, atau dokumen yang berkaitan dengan strategi marketing Anda ke dalamnya.

3. Aplikasi Dikte

Aplikasi-Pendukung-Sales-dan-Marketing-Google-Docs-Voice-Typing

Dikte adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk mencatat atau menyimpan tulisan dalam bentuk digital menggunakan perintah suara (voice typing).

Google Docs Voice Typing merupakan salah satu aplikasi dikte yang dapat Anda coba gunakan. Aplikasi buatan Google ini memudahkan penggunanya untuk mencatat teks tanpa mengetik, namun dengan menggunakan suara.

4. Deck Presentasi

Aplikasi-Pendukung-Sales-dan-Marketing-Keynote

Tim sales dan marketing Anda pasti akan bertemu dengan banyak orang, baik prospek, pelanggan, atau rekan bisnis. Sebagai tim di garda terdepan, mereka bertugas untuk memberikan presentasi produk/jasa/sistem yang mereka tawarkan.

Dengan demikian, aplikasi presentasi menjadi sebuah kebutuhan bagi mereka. Mengingat aplikasi presentasi dapat membantu tim bisnis Anda dalam membuat slides presentasi yang menarik.

Salah satu aplikasi presentasi yang dapat Anda coba adalah Keynote. Keynote merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk menciptakan dan melakukan presentasi dengan fitur animasi yang lengkap dan canggih.

5. E-Signature

Aplikasi-Pendukung-Sales-dan-Marketing-Adobe-Fill-Sign-1

E-Signature adalah aplikasi yang digunakan untuk membubuhkan tanda tangan digital. Aplikasi ini akan sangat berguna bagi tenaga sales lapangan yang membutuhkan aplikasi khusus untuk pengisian formulir atau tanda tangan dari pelanggan secara digital.

Jika Anda membutuhkan aplikasi ini, Anda dapat mencoba aplikasi buatan Adobe Inc, yaitu Adobe Fill & Sign. Aplikasi ini dirancang untuk menyulap dokumen fisik menjadi dokumen dalam bentuk digital (PDF).

6. Document Scanner

Aplikasi-Pendukung-Sales-dan-Marketing-CamScanner

Document Scanner merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk memindai gambar yang kemudian menyimpannya dalam bentuk JPEG atau PDF.

Aplikasi ini sangat berguna bagi tim sales dan marketing dalam memindai dokumen penting yang masih tersedia dalam bentuk fisik dan menyimpan salinan dokumennya dalam bentuk digital.

Anda dapat menggunakan CamScanner jika Anda membutuhkan aplikasi pemindai dokumen. CamScanner berguna untuk memindai (scan) gambar melalui perangkat seluler.

Selain digunakan untuk memindai gambar, aplikasi CamScanner ini bisa digunakan untuk menyimpan dan membagikan hasil scanning gambar dalam bentuk JPEG atau PDF.

7. Business Card Scanner

CamCard

Business Card Scanner adalah aplikasi pemindai yang khusus memindai kartu nama. Sudah lumrah jika pebisnis memiliki kartu nama, namun alangkah repotnya jika harus memindah data dari setiap kartu nama yang ada secara manual.

Aplikasi ini akan sangat bermanfaat bagi tim sales dan marketing Anda, karena mereka biasanya akan mendapat rekan bisnis baru. Dengan aplikasi ini, memindahkan informasi penting pada kartu nama akan jauh lebih mudah.

Anda dapat mencoba aplikasi CamCard yang merupakan aplikasi scan kartu nama yang mudah digunakan. Anda dapat langsung memotret kartu nama yang ingin dipindai, atau memilih foto sebuah kartu nama yang telah tersimpan dalam galeri perangkat seluler yang digunakan.

8. Aplikasi Pembagi File

Aplikasi-Pendukung-Sales-dan-Marketing-Dropbox

Aplikasi pembagi file juga penting untuk dimiliki bagi bisnis. Setiap anggota tim bisnis harus memiliki akses dan informasi yang sama dalam menjalankan tugasnya, salah satunya adalah tim sales dan marketing.

Dengan aplikasi pembagi file, Anda dalam menyimpan dan berbagi data sesama tim hingga ke calon client tanpa takut kehilangan data. File pun dapat diakses di mana pun dengan koneksi internet.

Membagi file kini lebih mudah dengan aplikasi Dropbox yang merupakan tempat penyimpanan data berbasis web.

Dropbox menggunakan sistem penyimpanan berjaringan, sehingga memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan berbagi data dengan pengguna internet lain menggunakan sinkronisasi data.

9. Aplikasi Chatting

Aplikasi CHatting

Aplikasi chatting merupakan tools wajib dimiliki bisnis di era digital saat ini. Selain untuk layanan pelanggan, aplikasi pesan instan ini juga bisa dimanfaatkan untuk media pemasaran dan penjualan. Misalnya mengirimkan katolog produk baru, pesan promosi, melakukan pre-order dan lainnya.

Aplikasi chatting yang populer di Indonesia, seperti WhatsApp, Facebook Messenger, Line, dan lainnya. Usahakan semua aplikasi chatting tersebut saling terintegrasi sehingga tidak tumpang tindih satu pesan dengan yang lainnya. Dengan begitu tidak menganggu aktivitas pemasaran dan penjualan bisnis Anda.

10. Marketplace

marketplace-aplikais-wirausaha

Marketplace merupakan salah satu platform paling penting, khususnya bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur seperti eksposur toko dan kolom testimoni yang bermanfaat untuk menambah kepercayaan pelanggan.

Sebagian besar pelanggan juga merasa lebih aman bertransaksi di Marketplace sehingga menambah daya jual produk dan menarik pelanggan baru untuk bisnis Anda.

Hal ini tentu menguntungkan bisnis, terlebih jangkauan pasar Marketplace lebih luas. Beberapa marketplace yang bisa Anda gunakan sebagai aplikasi online shop Anda antara lain Tokopedia, Shopee, JD.ID, Lazada, Bukalapak atau Blibli.

11. Aplikasi Desain Grafis

Canva-instagram-tools

Aplikasi desain grafis sangat penting untuk bisnis mempercantik foto produk dan menarik perhatian pelanggan untuk membeli produk yang ditampilkan.

Rekomendasi aplikasi desain grafis yang bisa Anda gunakan diantaranya VSCO Cam, PhotoGrid, Canva, Adobe Lightroom, Snapseed, PicsArt.

Aplikasi tersebut cukup digemari oleh banyak bisnis karena kemudahan penggunaannya. Namun hasil yang didapatkan hampir setara dengan buatan profesional.

12. Google Analytics

Google-Analitics

Google Analytics adalah tools wajib dimiliki bisnis yang melakukan pemasaran melalui website. Tools Google ini dapat membantu Anda menganalisis lalu lintas dan menjelaskan beberbagi informasi situs web Anda.

Misalnya sepeerti mengidentifikasi page mana yang paling banyak pengunjungnya dan menganalisis konten web mana yang memiliki kinerja terbaik.

Analisis tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menyusun strategi digital marketing baik. Sebab Anda juga bisa mengidentifikasi perilaku pelanggan.

13. Aplikasi Mobile Banking

aplikasi-banking-wirausaha

Aplikasi pendukung marketing dan penjualan lainnya yang tidak boleh tertinggal adalah internet banking atau mobile banking. Aplikasi ini berguna untuk memastikan transaksi keuangan berhasil.

Setiap transaksi terekam dengan baik secara real time tanpa perlu bolak balik mengecek di ATM. Hampir semua bank memiliki fasilitas mobile banking. Pilihlah bank yang paling sering digunakan oleh konsumen Anda, tapi memiliki lebih dari satu juga bukanlah hal yang buruk.

14. Aplikasi Pengiriman Paket

Ekspedisi

Aplikasi pendukung berikutnya yang tidak kalah penting adalah pengiriman paket. Aplikasi ini akan membantu Anda untuk memantau posisi paket yang dikirimkan dan memastikan apakah paket telah diterima oleh pelanggan.

Selain aktivitas memantau, aplikasi pengiriman paket juga dilengkapi dengan estimasi biaya pengiriman. Hal ini tentu memantu Anda untuk memprediksi total biaya yang harus dikeluarkan pelanggan untuk mengirim produk ke tempat mereka.

15. Omnichannel

Omnichannel

Aplikasi Omnichannel mampu menghubungkan berbagai macam aplikasi dalam satu platform. Hal ini tentu dapat memudahkan bisnis dalam memantau seluruh aktivitas pemasaran dan penjualan.

Selain itu, semua informasi pelanggan juga dapat terintegrasi pada satu platform. Jadi tidak akan ada lagi informasi yang tumpang tindih.

Qontak by Mekari menyediakan apliaksi Omnichannel CRM terbaik yang dilengkapi dengan fitur-fitur penting, sehingga dapat memberikan banyak manfaat bagi perusahaan/bisnis yang menggunakannya.

Omnichannel CRM Qontak juga dapat diintegrasikan sengan saluran bisnis lainnya, seperti WhatsApp, Facebook WhatsApp, Facebook, Instagram, Email, telepon dan masih banyak lagi.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Pelajari selengkapnya mengenai aplikasi Omnichannel CRM dengan menonton video di bawah ini:

Baca Juga: 10 Aplikasi Marketing Terbaik untuk Bisnis, No. 1 Wajib!


Dapatkan Aplikasi Pendukung Sales dan Marketing Terbaik Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahasanya aplikasi pendukung sales dan marketing memiliki banyak manfaat yang dapat menguntungkan bisnis. Salah satunya adalah dengan menyederhanakan proses pemasaran dan penjualan.

Qontak by Mekari menyediakan aplikasi Omnichannel CRM terbaik yang dapat membantu Anda untuk menyederhanakan proses pemasaran, penjualan, dan bisnis secara otomatis.

Selain itu, Omnichannel CRM Qontak juga dilengkapi dengan fitur agen routing, pesan blast dan broadcast WhatsApp, integrasi chatbotdashboard yang komprehensif, dan laporan yang dapat membantu memudahkan operasional serta meningkatkan produktivitas bisnis Anda.

Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelangganJadi tunggu apa lagi?

Yuk, coba demo aplikasi Omnichannel CRM Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Qontak by Mekari sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

By