Qontak WhatsApp

10 Aplikasi Toko Online Terbaik untuk Berjualan lebih mudah

Pilihan Aplikasi Toko Terbaik untuk Jualan Online Lebih Mudah

Rekomendasi 10 Aplikasi Toko Online Terbaik untuk Berbelanja!

Di era digital saat ini, banyak toko online atau online shop bermunjulan. Hal ini dibarengi dengan perubahan perilaku konsumen yang lebih suka berbelanja online. Banyaknya toko online juga dibarengi munculnya berbagai aplikasi untuk online shop.

Aplikasi toko online yang ada di pasaran memiliki beragam jenis sesuai dengan kebutuhan bisnis. Aplikasi tersebut membantu toko online untuk mengelola dan memasarkan produknya ebih efektif dan efisien.

Banyaknya aplikasi toko online dipasaran, mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan mana yang harus Anda gunakan. Bukan berarti dengan banyak bergabung di toko online otomatis akan membuat penjualan Anda meningkat. Sebagian online shop justru kebingungan untuk mengelolahnya.

Lalu aplikasi toko online apa saja yang harus Anda miliki? temukan jawabannya pada ulasan dibawah ini.

Image CTA Omnichannel


Mengapa harus Menggunakan Aplikasi Toko Online?

Mungkin Anda pernah menemukan beragam aplikasi online shop yang ada di play store atau apple store. Hal ini seiring dengan tren bisnis online terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Dikutip dari CNN Indonesia, Bank Indonesia mencatat volume transaksi belanja online naik 41,53% menjadi 513,7 juta transaksi pada Desember 2020 dan diprediksi akan naik lagi pada 2022.  Data BI tersebut menunjukan momentum bagi toko online untuk meningkatkan bisnisnya.

Aplikasi online shop saat ini telah menjadi salah satu cara efektif untuk meningkatkan penjualan karena kemudahannya dalam mengelola penjualan, pemasaran dan layanan pelanggan.

Di samping itu, ada beberapa masalah yang sering diabaikan oleh pengusaha online shop, baca: 10 Masalah Kerap Terjadi pada Pelaku Bisnis Online!


Apa saja 10 Aplikasi Toko Online Terbaik?

Bisnis online semakin digemari mulai dari pemula hingga pengusaha multinasional karena kemudahan dalam mengelola dan jangkauan pasar yang luas. Peran teknologi seperti penerapan CRM pada aplikasi online shop menjadi kunci keberhasilan bisnis online.

Munculnya tools pendukung seperti aplikasi online shop  dapat membantu meningkatkan bisnis Anda. Dengan memanfaatkan aplikasi online shops, Anda akan menjalankan bisnis online tanpa kesulitan.

Berikut aplikasi toko online yang dibutuhkan untuk mengelola online shop Anda adalah:

1. Tokopedia

Tokopedia-Aplikasi-Toko-Online

Tokopedia menjadi salah satu e-commerce populer di Indonesia. Marketplace dengan  maskot burung hantu berwara hijau ini menawarkan berbagai layanan tidak hanya menjual produk saja. Layanan yang ditawarkan diantaranya membayar tagihan, membeli pulsa, voucher game, dan banyak hal lainnya.

Strategi pemasaran besar-besaran dengan mengandeng BTS sebagai brand ambassador berhasil mendatangkan banyak pelanggan. Sebagai pelaku bisnis, tidak ada salahnya untuk bergabung menjadi salah satu seller di aplikasi Tokopedia.

2. Shopee

shoppe-Aplikasi Toko Online

Pesaing terbesar Tokopedia, Shoppe tak mau ketinggal dengan Blackpink sebagai brand ambassador. Strategi ini juga berhasil menjadikan marketplace yang identik dengan warna orange ini menjadi salah satu yang paling populer di antara para pegiat belanja di Indonesia.

Kelebihan Shopee dibandingkan aplikasi e-commerce lainnya adalah menawarkan harga miring, pengiriman cepat dan sering kali gratis ongkir, Shopee semakin dikenal luas dengan adanya Blackpink sebagai brand ambassador.

Apabila Anda pelaku bisnis yang sedang mencari palanggan, Shoppe pilihan tepat. Sebagian besar bisnis memanfaatkan diskon ongkos kirim di Shopee untuk menarik pelanggan mereka. Meskipun komunikasi sebelumnya terjadi di media sosial seperti Instagram atau WhatsApp.

3. Bukalapak

Bukalapak-Aplikasi Toko Online

Bukalapak diluncurkan pertama kali pada tahun 2010 dengan target pasar para hobbyist seperti  hobi bersepeda dan banyak lainnya. Sejak kemunculannya, Bukalapak konsisten dengan menampilkan iklan-iklan yang keren dan unik. Strategi ini terbukti ampuh untuk menarik pelanggan berbelanja di aplikasi toko online ini.

Untuk berbelanja produk-produk yang bergaransi dan asli, pengguna bisa mengunjungi Bukamall, sementara untuk berbelanja layaknya di supermarket, pengguna bisa mengunjungi BukaMart. BukaMart memberi layanan belanja kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

4. Blibli.com

Blibli.com-

Selang satu tahun dari Bukalapak, aplikasi Blibli.com diluncurkan sebagai mal online terbesar.  Blibli memasarkan produk yang bersumber dari lebih dari 100.000 mitra usaha yang siap memenuhi kebutuhan sehari-hari, elektronik, hingga hobi kamu.

Blibli.com berkomitmen untuk mempercepat proses pengiriman dengan mengandeng armada BES dan 15 mitra logistik. Selain itu, fasilitas layanan pelanggan Blibli juga mudah dituju sehingga segala pertanyaan atau komplain dapat dijawab dengan cepat. Dengan solusi yang ditawarkan Blibli.com tidak ada alasan lagi untuk bergabung menjadi seorang seller.

5. Hijabenka

Hijabenka

Apabila Anda menekuni fashion muslim, maka Hijabenka wajib Anda miliki. Aplikasi ini dirancang khusus untuk memasarkan produk dari berbagai gerai toko offline yang fokus pada busana muslim dengan desain yang segar sekaligus stylish.

Busana muslim mulai dari busana sehari-hari, hingga untuk acara formal. Tak luput, hijab tentunya, beserta scarf maupun aksesoris lain tersedia di sini. Terkurasi dengan baik, Hijabenka memastikan produk-produk yang dijualnya bergaya chic, mutakhir, dan terjangkau.

6. Dinomarket

dinomarket

Berbeda dengan aplikasi toko online lainnya, Dinomarketi memilh untuk memasarkan berbagai jenis produk gadget dan elektronik. Maka dari itu, target pasar Dinomarket lebih tersegmentasi yaitu para gadget freak. Hal ini memudahkan bisnis elektronik untuk menjangkau target pelanggan

Sama seperti marketplace umumnya, Dinomarket juga menawarkan berbagai promo yang diadakan secara berkala untuk meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan. Selain itu, berbagai garansi dan jaminan produk asli membuat Dinomarket dicintap pelangganya.

7. Floweradvisor

Floweradvisor-Aplikasi Toko Online

Bagi penjual bunga, Floweradvisor menjadi pilihan tepat untuk menjangkau lebih banyak pelanggan. Sebab aplikasi ini tepat berkumpulnya pelanggan yang membeli bunga maupun hadiah lainnya secara online.

Adalah Floweradvisor, aplikasi e-commerce yang fokus pada penjualan bunga sekaligus toko hadiah online yang menyediakan kado dalam bentuk karangan bunga, buket bunga, parcel dengan berbagai macam isi, boneka, dan lainnya.

Floweradvisor juga kerap menggelar promo untuk hari-hari besar di mana pemberian kado cukup lazim dan sering dilakukan seperti valentine, hari raya Idul Fitri, atau Natal.

8. OpenCart

OpenCart

Rekomendasi platform toko online selanjutnya adalah Opencart. Aplikasi ini bisa Anda manfaatkan dalam membuat web jualan apalagi sudah tersedia bagian front end dan back end sekaligus. Hal ini berhubungan dengan sisi admin bisa memasang produk di dalam website dan tampilan online shop akan terlihat oleh pengunjung ketika mereka mengakses website toko online.

9. Shopify

Shopify

Shopify membuka peluang Anda untuk menjangkau pasar lebih luar yaitu target pasar internasional. Anda bisa menggunakan cms toko online terbaik Shopify untuk toko online secara gratis. Sayangnya, fitur yang disediakan pun terbatas. Untuk mendapatkan fitur tambahan seperti menambahkan produk ke blog/website atau ingin menerima pembayaran kredit, Anda harus berlangganan paket premium.

10. Sociolla

Sociolla-Aplikasi Toko Online

Mencari berbagai referensi kecantikan secara online, Sociolla tentu tujuannya. Berbagai produk kecantikan seperti make up, perawatan kulit, perawatan rambut, parfum, dan alat-alat kecantikan menjadi andalan Sociolla. Koleksi Sociolla tidak hanya lengkap, tapi juga dijamin keasliannya dan hanya menjual produk-produk yang bersertifikasi BPOM. Oleh sebab itu, belanja di Sociolla selain praktis, tapi juga dijamin keamanan produknya.

Rekomendasi aplikasi toko online lainnya, baca: 10 Aplikasi yang Dibutuhkan Online Shop

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Strategi Meningkatkan Penjualan di Aplikasi Toko Online

Namun banyaknya aplikasi toko online dipasaran bukan semata-mata memudahkan Anda untuk menjangkau pelanggan. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membantu pemasaran di toko online Anda. Cara terbaik yang banyak digunakan bisnis saat ini adalah dengan memasarkannya melalui media sosial.

Selain itu, masih banyak saluran pemasaran lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk menarik perhatian pelanggan seperti berikut:

– WhatsApp Business API

WhatsApp Business API merupakan produk yang khusus diluncurkan WhatsApp untuk memudahkan pelaku bisnis berkomunikasi dengan pelanggan. Tidak hanya itu saja, WhatsApp API juga didukung dengan fitur canggih seperti chatbot dan WhatsApp blast yang memudahkan Anda untuk merespon pesan pelanggan, bahkan melakukan jual beli dengan cepat.

Terlebih trend bisnis saat ini banyak memanfaat WhatsApp untuk menjangkau dan berkomunikasi dengan pelanggan. Kemudian untuk proses pembayaran dan pengiriman produk memanfaatkan aplikasi toko online seperti Shoppe.

– Media Sosial

Selain WhatsApp, Media sosial seperti Instagram dan Facebook sering digunakan sebagai media pemasaran bisnis saat ini. Media sosial dipilih karena kemampuannya untuk menjangkau masyarakat lebih luas. Namun banyaknya media sosial membuat sebagian bisnis kewalahan untuk merespon pesan pelanggan.

Maka dari itu, sebagian mengakalinya dengan meng-upgrade Instagram mereka menjadi Instagram API. Seperti di WhatsApp, Fungsi API pada Instagram juga kurnag lebih sama. Dengan Instagram API, Anda dapat merespon pelanggan lebih cepat. Selain itu, juga bisa menghubungkan Instagram Anda dengan berbagai aplikasi bisnis lainnya untuk memudahkan dalam mengelolanya.

– Email Marketing

Salah satu teknik pemasaran yang masih banyak diterapkan oleh bisnis adalah email marketing. Melalui email marketi, Anda dapat mengirimkan pesan penting berisi informasi penting atau produk terbaru. Hal ini tujuannya untuk menarik pelanggan agar mau bertransaksi atau membeli produk Anda. Selain itu, pada email marketing juga dapat Anda sisipkan tautan yang mengarahkan ke aplikasi toko online Anda. Hal ini membantu pelanggan untuk bertansaksi.

Ketiga platform tersebut dapat Anda integrasikan dalam satu platform melalui omnichannel CRM. Dimana dengan omnichannel, Anda bisa melacak seluruh interaksi pelanggan diberbagai saluran hanya dari satu tampilan dasbor. Hal ini memastikan tidak ada satu pun pelanggan yang terabaikan.


Tingkatkan Penjualan dengan Aplikasi untuk Online Shop!

Omnichannel Communications Qontak.com

Tren perkembangan online shop di Indonesia terus mengalami peningkatan tajam setiap tahunnya. Sebagai salah satu bisnis online, Anda juga perlu mengikuti tren tersebut. Anda tidak perlu khawatir untuk mulai membuka toko online, sebab banyak aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk mengelola toko online Anda seperti: aktivitas pemasaran, penjualan dan manajemen hubungan pelanggan.

10 aplikasi online shop di atas dapat Anda download melalui Play Store atau Apple Store pada smartphone maupun komputer Anda. Sayangnya, untuk mengelola semua aplikasi toko online tersebut memakan waktu lama, yang kemungkinan menurunkan produktivitas bisnis Anda. Oleh karena itu, Anda perlu mendukungnya dengan strategi pemasaran seperti yang disebutkan sebelumnya.

Mekari Qontak membantu mengordinasi aplikasi tersebut dengan penerapan Omnichannel CRM pada aplikasi toko online.  Selain itu, aplikasi untuk online shop Qontak menyimpan seluruh data dari berbagai saluran dalam satu sistem. Fitur unggulan Qontak membantu Anda mengoperasikan bisnis online lebih efektif dan efisien.

Coba GRATIS integrasi aplikasi untuk online shop Anda dalam satu platform menarik. Atau dengan mengisi form di bawah ini:

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah!

You may also like

By