Qontak WhatsApp

Pengertian Augmented Product dan Contohnya

Pengertian Augmented Product dan Contohnya_

Semua Hal Tentang Augmented Product yang Perlu Anda Ketahui!

Apakah Anda pernah mendengar istilah augmented product? Istilah ini mungkin akan terdengar mirip dengan teknologi augmented reality, namun keduanya adalah hal yang sangat berbeda.

Augmented product merupakan produk yang ditingkatkan dengan manfaat atau layanan tambahan, guna memberikan nilai tambah pada produk. Untuk informasi selengkapnya, simak pembahasan di bawah ini!

Pelajari Semua Tentang Augmented Product_

Apa Itu Augmented Product?

Pengertian augmented product adalah produk yang telah ditingkatkan oleh penjual dengan manfaat tambahan atau layanan khusus yang dapat mendukung produk. Ini termasuk penambahan manfaat tidak berwujud atau tambahan yang dapat melampaui produk itu sendiri.

Adapun tujuan dari penambahan tersebut bukanlah untuk memenuhi kebutuhan dasar konsumen, namun memberikan nilai tambah yang dapat membuat produk tersebut lebih disenangi. Sehingga memungkinkan penjual untuk menetapkan harga premium.

Selain itu, fitur dan layanan yang ditambah juga dapat membantu membedakannya dari produk yang sama atau yang ditawarkan oleh penjual lain.

Bagaimana Cara Kerja Augmented Product?

Menurut professional marketer, setiap produk hadir setidaknya dalam tiga versi yang berbeda. Versi setiap produk dapat disesuaikan dengan berbagai elemen dan fitur yang diperlukan saat membuat dan mengembangkan produk.

Berikut adalah 3 (tiga) versi tingkatan produk:

1. Actual product

Actual product merupakan bentuk produk sebenarnya yang menggambarkan komponen fisik dari suatu produk. Ini termasuk merek, desain, dan kemasan unik yang melekat pada produk.

Lebih lanjut, fitur-fitur yang ditawarkan harus memenuhi harapan produk inti yang diinginkan konsumen dari produk tersebut.

Misalnya, smartphone yang harus berfungsi mulus dengan semua fitur yang dapat menghadirkan manfaat inti produk dan menciptakan nilai bagi pelanggan.

2. Core product

Core product tidak mengarah kepada bentuk objek fisik produk, namun ini lebih mengarah pada manfaat dasar produk yang dirasakan oleh konsumen.

Misalnya payung yang digunakan untuk melindungi penggunanya dari hujan atau sinar matahari, atau jam tangan yang membantu penggunanya untuk mengetahui waktu dengan mudah.

3. Augmented product

Berbeda dengan core product yang memberikan manfaat dasar bagi konsumen, augmented product merupakan produk yang diberikan fitur atau layanan tambahan yang membedakannya dari produk serupa yang ditawarkan oleh pesaing.

Tambahan ini tidak mengubah bentuk produk yang sebenarnya dan mungkin berdampak minimal pada biaya produksi produk. Namun ini memungkinkan penjualnya untuk menetapkan harga yang lebih premium.

Misalnya seperti tambahan garansi, layanan pengiriman, free upgrade, dan lain sebagainya.

Apa Manfaat Augmented Product?

Sebuah perusahaan atau bisnis umumnya menggunakan augmented product untuk memberikan nilai tambah bagi pelanggan mereka. Ini berarti pelanggan akan mendapatkan produk utama bersama dengan beberapa layanan tambahan dengan harga yang sama.

Hal ini tentunya akan membantu perusahaan untuk mendapatkan keunggulan kompetitif dan meningkatkan pangsa pasar mereka.

Dengan demikian, penggunaan augmented product dapat dipahami sebagai win-win solution untuk bisnis dan pelanggan.

Di mana pelanggan dapat memeroleh manfaat dengan membayar harga produk yang sama. Akibatnya, perusahaan berhasil memberikan pengalaman dan perjalanan pelanggan yang luar biasa dan dapat meningkatkan jumlah pelanggan loyalitas mereka.

Sederhananya, perusahaan atau marketer dapat menggunakan ini untuk meningkatkan pemasaran dan menarik lebih banyak target audiens.

Seperti Apa Contoh Augmented Product?

Untuk membantu Anda lebih memahami apa itu augmented product, berikut kami jabarkan beberapa contoh augmented product yang perlu Anda ketahui.

E-commerce

Contoh Augmented Product_E-commerce

Saat ini berbagai platform e-commerce menawarkan promo menarik untuk pelanggan mereka, termasuk gratis ongkir dan voucher diskon.

Dengan penawaran tersebut, pelanggan dapat membeli produk dengan harga yang sama seperti di toko tanpa harus mengeluarkan biaya pergi ke toko, mereka hanya perlu menunggu paket produk mereka datang ke rumah.

Selain itu, mereka juga dapat memeroleh harga yang lebih murah dengan menggunakan voucher diskon yang diberikan.

– Sephora

Sephora

Sephora merupakan salah satu beauty retail ternama di dunia. Dalam hal ini, Sephora menawarkan augmented product berupa makeover gratis yang tersedia di beberapa gerai Sephora.

Di mana Anda dapat melakukan makeover gratis selama 15-20 menit yang dilakukan oleh beauty expert Sephora tanpa perlu melakukan janji temu.

Hal ini mungkin tidak terlihat berarti bagi sebagian orang, namun bagi sebagian lainnya ini bisa menjadi layanan yang berkesan dan memberikan pengalaman pelanggan yang sangat berarti.

Pahami Augmented Product dan Terapkan Pada Bisnis Anda Sekarang!

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa augmented product merupakan manfaat atau layanan tambahan yang diberikan oleh penjual untuk memberikan nilai tambah pada suatu produk.

Sebuah bisnis akan menggunakan ini untuk memberikan nilai tambah dan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Di mana pelanggan dapat memeroleh beberapa manfaat tambahan hanya dengan membayar harga yang sama.

Dengan demikian, bisnis tersebut dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan mengoptimalkan pemasaran, yang dapat berdampak pada peningkatan penjualan.

Selain itu, Anda juga dapat mengoptimalkan pemasaran bisnis Anda dengan menggunakan aplikasi CRM terbaik. Aplikasi CRM dapat membantu meningkatkan pemasaran dan penjualan Anda melalui satu platform terpadu.

Qontak by Mekari menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia, untuk membantu Anda mengoptimalkan pemasaran dan pengalaman pelanggan Anda.

Sementara itu, Qontak by Mekari telah dipercaya lebih dari 1000+ perusahaan terkemuka untuk membantu mengelola hubungan bisnisnya secara efisien dan efektif.

Jadi tunggu apa lagi? Coba gratis aplikasi CRM selama 14 hari dari Qontak by Mekari, atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Qontak by Mekari.

Hubungi Qontak by Mekari sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By