Qontak WhatsApp

Bagaimana Anda Menemukan Ide Konten Setiap Harinya

Content Ideas

Konten yang menjadi detak jantung dari digital marketing saat ini hanya akan bekerja secara efektif saat isinya menarik dan menjawab kebutuhan. Bagaimana caranya Anda setiap hari dapat secara kreatif memikirkan ide konten yang pasti viral, pasti dibaca atau pasti menjawab kebutuhan? Dibutuhkan otak yang terus berputar, yang pada dasarnya, tidak bisa selalu terjadi.

Lalu, bagaimana Anda memikirkan ide-ide konten yang brilian tersebut secara lebih konsisten? Berikut cara-caranya.

  1. Lakukan riset mengenai apa yang ditulis oleh saingan brand Anda, dan kreasikan sesuatu yang serupa, namun lebih baik dan berkualitas

Jika Anda memang serius ingin melakukan digital marketing, maka Anda pasti sudah tahu banyak soal bagaimana memulai menulis konten dan sudah melihat banyak referensi tulisan lain. Mengapa Anda tidak memulainya dari sana? Lihatlah mana saja tulisan dari situs yang Anda jadikan referensi tersebut yang menduduki ranking teratas paling banyak dilihat dan dibagikan, lalu buatlah sesuatu yang serupa namun dengan tambahan dan perbaikan. Update konten tersebut menjadi lebih baru dan lebih baik dari segi desain, serta buatlah menjadi lebih mendetail lagi. Cara ini akan dengan cepat membuat konten tersebut diakses oleh orang yang pernah membaca konten serupa sebelumnya, atau prospek yang sama sekali baru dan akan memilih konten Anda yang jelas lebih lengkap dan lebih baru. Untuk membantu Anda, Anda dapat mengetikkan ide Anda di BuzzSumo untuk melihat konten lainnya yang sejenis dan melakukan riset secara langsung.

  1. Langsung perhitungkan apa yang diinginkan oleh customer

Ide konten dapat datang dari customer Anda, jika saja Anda sebagai pemasar dan penjual brand mendengarkan apa yang mereka keluhkan dan apa yang mereka inginkan. Perhatikan, dan catat apa yang ditanyakan dan ingin diketahui oleh customer, dan buatlah konten berdasarkan jawaban dari pertanyaan tersebut. Anda dapat bertemu langsung dengan customer untuk mengetahui dan menampung pertanyaan-pertanyaan mereka lewat meeting dengan komunitas pengguna brand Anda, atau lemparkan pertanyaan lewat postingan Facebook.

Content Ideas
Sumber gambar: entrepreneur.com

 

  1. Dengarkan juga pendapat orang lain yang aktif bergerak di industri yang sama

Niche industri yang Anda wakili pastilah memiliki sosok yang menjadi pemimpin dan inspirasi bagi orang lain, dan pasti memiliki beragam komunitas online yang tersebar di media sosial seperti grup Facebook, Twitter dan forum-forum lainnya. Berpartisipasilah dalam forum-forum dan grup ini untuk selalu tahu apa yang sedang hangat diperbincangkan. Dari sana, Anda dapat membuat konten yang sekiranya menjawab diskusi hangat yang sedang terjadi berhubungan dengan bisnis Anda. Cara ini juga perlu Anda lakukan untuk meningkatkan trafik ke blog tempat Anda menyajikan konten-konten yang menjadi sarana Anda berjualan.

  1. Buatlah konten dari interview dengan orang-orang yang inspiratif dan merupakan wakil dari niche market Anda

Semua industri memiliki orang-orang top yang menjadi inspirasi bagi banyak peminatnya. Kesuksesan dan pengalaman orang-orang ini akan selalu menarik minat target market Anda, karenanya, temukan cara untuk membuat konten yang berhubungan dengan mereka, entah itu lewat interview langsung atau lewat kompilasi dari berbagai publikasi yang pernah membahas mengenai mereka. Jika Anda berhasil mendapatkan waktu untuk wawancara, tanyakan pertanyaan-pertanyaan yang belum Anda temukan dibahas di publikasi lain untuk membuat konten yang benar-benar baru.

Content Ideas
Sumber gambar: slideshare.net

 

  1. Buatlah konten yang otentik

Meski memang benar tidak ada yang baru di dunia ini, dan semuanya hanyalah pengulangan dari hal yang sebelumnya sudah ada, Anda masih bisa tetap mempertahankan sesuatu yang cukup orisinil datang dari konten Anda. Manfaatkan kesukaan orang-orang akan cerita, dan itulah yang harus brand Anda sajikan, sebuah kisah yang menarik dan bisa relevan bagi pembaca Anda. Kisah tersebut dapat diambil dari perjalanan brand serta opini yang dipegang oleh brand yang Anda wakili.

Jika kelima cara menemukan ide tulisan untuk konten tersebut sudah Anda coba, yang terakhir yang harus Anda lakukan adalah untuk selalu mengetahui tren terkini dalam industri Anda. Dengan demikian, pembaca atau calon customer Anda pasti akan kembali ke konten-konten yang Anda terbitkan untuk mengetahui apa yang terbaru dari Anda. Dan di situlah, marketing bisa dijalankan.

You may also like

By