Qontak WhatsApp

Begini Cara Menyusun Kisah Pelanggan yang Relevan!

Relevant Content Marketing

Kisah atau cerita yang dikemas dengan tujuan marketing atau mempromosikan sesuatu bukanlah hal yang asing lagi dalam content marketing. Penyampai kisah dalam hal ini sering disebut sebagai content marketer dan tujuan dari sebuah konten dengan adanya elemen promosi yang diharapkan akan viral adalah untuk menyediakan informasi yang relevan bagi customer untuk membuat mereka memutuskan untuk melanjutkan proses pembelian dan terjadinya transaksi.

Kekuatan dari content marketing sendiri terletak pada kemampuannya uuntuk menginspirasi dan menciptakan motivasi, dan tentunya tidak ada trigger pembelian yang lebih kuat dibandingkan dengan motivasi yang datang dari inspirasi. Untuk membangun kisah relevan yang menginspirasi, berikut ini elemen penting yang sebaiknya ada dalam proses pembuatan konten Anda.

  1. Jangan membuat orang bosan

Membuat orang bosan dengan tulisan merupakan hal yang sangat rentan terjadi dan jelas ingin Anda hindari jika Anda adalah seorang penulis konten. Hal ini dapat dihindari jika Anda memperhatikan apa topik yang tengah Anda bahas dan melakukan riset berdasarka pertanyaan yang Anda ajukan pada diri sendiri, yaitu “Mengapa pembaca Anda harus peduli akan hal ini?”. Jika Anda akan memproduksi konten yang Anda harapkan berhasil viral, maka jangan membuat sesuatu yang tidak menarik dan tidak menginspirasi.

Relevant Content Marketing
Sumber gambar: insegment.com
  1. Tunjukkan adanya perubahan

Konten yang berhasil hampir selalu memiliki formula perubahan dari buruk ke baik, negatif ke positif, serta perjalanan yang menginspirasi. Cobalah menulis sesuatu yang ada hubungannya dengan bisnis Anda dan ceritakan tentang perubahan dari yang tadinya kurang baik hingga menjadi bagus, dan apa saja pengaruhnya. Postingan seperti inilah yang akan membuat trafik berdatangan, karena itulah yang diinginkan oleh semua orang: menjadi lebih baik. Jangan hanya terus-menerus mengulang mengenai kisah sukses, dan bagikan kiat-kiat untuk menjadi sukses.

Relevant Content Marketing
Sumber gambar: aroundtownimagery.com
  1. Bagikan konten yang jujur

Apapun konten yang Anda buat dan bagikan, pastikan isinya benar dan berdasarkan kenyataan serta apa adanya. Anda tidak bisa membagikan atau menceritakan sesuatu yang tidak berdasarkan kenyataan karena hal ini akan membuat kredibilitas Anda diragukan. Buat konten menjadi lebih berpengaruh dengan mendiskusikan kesalahan-kesalahan yang pernah dibuat dan bagaimana Anda menyadari kesalahan tersebut serta memperbaikinya. Membuat sesuatu yang otentik akan menjadi investasi yang penting untuk keabsahan bisnis Anda.

Yang membuat kisah atau sebuah konten menarik dan lebih viral terkait dengan perusahaan, brand, bisnis atau bahkan suatu sosok. Konten adalah pusat dari segalanya saat ini, dan memastikan adanya tiga elemen ini akan membuat konten Anda berhasil.

You may also like

By