Qontak WhatsApp

Skill yang Dibutuhkan untuk Bangun Tim Marketing yang Solid

Marketing Team Roles

Dalam sebuah perusahaan, keberadaan tim marketing tentu amat dibutuhkan. Mau bergerak di bidang apa pun, perusahaan tak akan dapat berkembang tanpa adanya orang-orang yang memasarkan produk atau jasa yang ditawarkan. Tim marketing ibarat kunci yang dapat membuka berbagai pintu setiap rumah.

Karena peran tim marketing bisa dibilang sangat krusial bagi perusahaan, terang saja bila tim marketing harus begitu diperhatikan. Sebab bila ada sedikit kesalahan dalam membangun tim, maka perusahaan yang akan mendapat imbas secara langsung.

Untuk itu, bila ingin tim marketing menjadi solid dan terus berkembang, dibutuhkan orang-orang kompeten sesuai dengan bidang-bidang yang dibutuhkan di dalam tim. Nah, agar tak salah dalam menentukan tim, ketahui dulu berbagai peran dan skill yang dibutuhkan dalam sebuah tim pemasaran agar menjadi solid dan berkembang.

1. Ahli Strategi Marketing

Ibarat kepala yang dapat memimpin sekaligus menentukan arah, Ahli Strategi Marketing adalah induk dari tim marketing yang harus dimiliki. Sebab sosok inilah yang akan bertanggung jawab pada pergerakan tim marketing. Sosok ini juga yang menjadi otak dan pengambil keputusan, mulai dari pemilihan konten, saluran promosi, pemilihan media sosial hingga relasi.

2. Content Creator

Bila Ahli Strategi Marketing ibarat kepala, maka Content Creator diibaratkan badan. Tanpa badan, tentu saja Ahli Strategi Marketing tak bisa berbuat apa-apa. Apalagi keberadaan Content Creator di masa ini sangat dibutuhkan.

Dengan memiliki Content Creator, maka tim marketing akan lebih efisien dalam menentukan berbagai konten promosi. Bahkan dalam menyusun berbagai konsep konten, peran Content Creator sangat dibutuhkan untuk berkolaborasi dengan bagian lain, seperti media sosial dan ahli strategi.

Tanggung jawab Content Creator di sini meliputi berbagai pembuatan konten yang dibutuhkan oleh tim marketing, mulai dari video, gambar hingga info grafis.

Marketing Team Roles
Sumber Gambar: modgirlmarketing.com

3. Manajer Media Sosial

Media sosial sudah menjadi sarana pemasaran yang penting saat ini hingga beberapa tahun mendatang. Karena itu ada baiknya sebuah perusahaan tak meremehkan dan mengesampingkan media sosial. Ini juga yang menjadi alasan mengapa di dalam tim marketing dibutuhkan seorang Manajer Media Sosial. Alasannya jelas, untuk bertanggung jawab pada media sosial perusahaan.

Selain itu, Manajer Media Sosial juga bertanggung jawab dalam memastikan bahwa strategi dan rencana pemasaran media sosial yang sudah dirundingkan dapat benar-benar dijalankan. Tentunya Manajer Media Sosial diisi oleh sosok yang juga bisa berkolaborasi dengan Content Creator dan Ahli Strategi Marketing.

4. Programmer

Bila dulu tim marketing tak terlalu memerlukan teknisi yang bisa coding, namun lain hal dengan sekarang. Keberadaan seorang programmer sangat dibutuhkan mengingat kita yang berada di era digital. Tentu saja, dengan memiliki programmer, tim marketing akan lebih leluasa dalam mengatur strategi dan bergerak.

Dengan memiliki programmer, tentu bukan hal sulit bagi perusahaan untuk mengembangkan sebuah aplikasi maupun menjalin kerja sama terkait dengan perusahaan berbasis digital.

Marketing Team Roles
Sumber Gambar: codecondo.com

5. SEO Specialist

Masih bicara tentang dunia digital, keberadaan Search Engine Optimization (SEO) Specialist juga sangat diperlukan oleh tim marketing. Sekalipun mungkin saat ini fokus pemasaran perusahaan Anda bukan di dunia digital, tapi jangan kesampingkan kebutuhan akan peran SEO Specialist. Sebab satu atau dua tahun mendatang seluruh bisnis akan tertinggal bila tak merambah dunia digital. Lebih lagi SEO Specialist akan sangat memudahkan tim marketing ketika nanti sudah benar-benar terjun ke sarana digital.

6. Data Analysis

Tim marketing tak akan bisa benar-benar tahu seberapa efektifkah strategi yang sudah dijalankan tanpa adanya data. Karena itu keberadaan seseorang yang ahli dalam mengolah data juga sangat dibutuhkan tim marketing. Seberapa efektif gaya pemasaran di media sosial, seberapa besar tanggapan masyarakat pada iklan di media lokal, atau berapa banyak dalam sehari yang mengunjungi situs perusahaan, semua data-data itu baru bisa diolah dengan baik bila adanya seorang data analysis.

Selain itu, dengan memiliki data yang lengkap dan mudah dibaca, tentunya tim marketing akan lebih efektif dalam menentukan strategi marketing ke depannya nanti.

Tim marketing yang solid tentu hanya bisa terbentuk bila diisi oleh orang-orang yang dibutuhkan keberadaannya dan berkompeten di bidangnya. Dengan tim marketing yang solid, maka perkembangan bisnis tentu akan lebih realistis untuk diraih.

You may also like

By