Qontak WhatsApp

Pengertian Big Data, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Big data atau mahadata kini menjadi salah satu istilah yang tak asing didengar di era digital seperti sekarang. Pesatnya perkembangan teknologi telah membawa kita ke zaman di mana kumpulan informasi menjadi aset yang sangat penting.

Namun apa itu big data? Apa manfaatnya untuk bisnis? Bagaimana cara kerjanya? Seberapa penting penggunaannya untuk bisnis?

Untuk mengetahui jawabannya, yuk simak terus pembahasan mahadata di bawah ini!

Image CTA aplikasi CRM


Apa Itu Big Data?

Big data adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan volume data yang besar dengan variasi yang kompleks dan sulit untuk dikelola, baik itu data yang terstruktur maupun tidak terstruktur.

Di sisi lain, kumpulan data ini terus bertambah setiap harinya dengan kecepatan yang sangat tinggi. Sehingga software data processing konvensional pada umumnya tidak dapat mengelolanya.

Namun demikian, volume data yang sangat besar ini dapat digunakan untuk mengatasi sejumlah masalah bisnis yang sebelumnya tidak dapat diselesaikan. Misalnya untuk membantu pengguna website mengumpulkan data seperti tingkat pembelian atau traffic website dengan mudah.

Lalu, dari mana data-data ini berasal? Mahadata bersumber dari aktivitas internet yang secara terus menerus dilakukan, baik oleh individu maupun bisnis. Di mana data dan informasi yang ada terus meningkat tajam seiring banyaknya pengguna internet, sehingga menghasilkan kumpulan data yang besar yang disebut dengan mahadata.

Baca Juga: 10 Data Management Platform (DMP) Terbaik 2022


Seperti Apa Karakteristik Big Data?

Kumpulan data dapat disebut dengan istilah mahadata apabila memenuhi sejumlah kriteria yang menjadi karakteristik dari data itu sendiri.

Berikut adalah 5 (lima) karakteristik mahadata yang disebut dengan 5V:

  • Volume

Seperti namanya, salah satu karakteristik utama dari mahadata adalah volume atau jumlah mahadata yang sangat besar. Apabila sebuah data tidak memiliki kuantitas yang besar, maka data tersebut tidak dapat dikategorikan sebagai mahadata.

  • Velocity

Karakteristik berikutnya adalah velocity atau kecepatan produksi data, yang meliputi input hingga penggunaan data.

Dengan adanya pertumbuhan internet of things (IoT), proses perpindahan data dapat berlangsung dengan sangat cepat dan dapat berubah secara real-time.

  • Variety

Kemudian ada karakteristik variety atau variasi. Maksudnya adalah data tersebut memiliki bentuk yang bervariasi dan datang dengan berbagai format, seperti email, video, gambar, suara, hingga transaksi keuangan sekalipun.

Variasi bentuk data ini pun dapat dibagi lagi menjadi beberapa jenis data, yaitu data terstruktur, semi terstruktur, dan tidak terstruktur,

  • Veracity

Karakteristik veracity mengacu pada kualitas mahadata. Keakuratan mahadata menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Ini karena data-data yang diperoleh dapat berasal dari berbagai jenis sumber yang berbeda.

Dengan demikian, akan sulit untuk menautkan, mencocokkan, membersihkan, ataupun mengubah data di seluruh sistem. Sehingga pengelola mahadata harus menghubungkan dan mengkorelasikan hubungan, hierarki, serta banyaknya hubungan yang ada.

Apabila hal tersebut tidak dilakukan, maka data-data yang diperoleh dapat dengan cepat lepas kendali dan menimbulkan error atau kesalahan pada proses yang akan berdampak cukup besar.

  • Value

Karakteristik yang terakhir adalah value atau nilai. Dalam hal ini, mahadata memiliki nilai dan peran penting untuk memudahkan pengguna dalam mengakses informasi dan data dengan cepat.


Apa Saja Manfaat Big Data untuk Bisnis?

Mahadata menawarkan berbagai manfaat yang dapat diperoleh oleh banyak kalangan, terutama bisnis. Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan mahadata.

1. Meningkatkan efisiensi

Penggunaan alat teknologi digital yang menggunakan mahadata seperti Google Search Engine, Google Maps, Google Earth, hingga berbagai platform media sosial, dapat meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Dengan menggunakan alat-alat tersebut, Anda dapat dengan mudah melakukan banyak tugas sekaligus langsung dari meja Anda tanpa harus mengeluarkan waktu atau biaya lebih untuk melakukan hal-hal yang berkaitan dengan bisnis Anda.

2. Membantu bersaing dengan bisnis besar

Anda dapat menggunakan alat yang sama dengan yang digunakan bisnis besar untuk memungkinkan Anda berada di tingkatan yang sama.

Dengan memanfaatkan alat teknologi canggih berbasis mahadata, bisnis Anda dapat menjadi lebih canggih dan dapat bersaing dengan bisnis yang lebih besar.

3. Memungkinkan Anda untuk fokus pada preferensi lokal

Apabila Anda memiliki usaha kecil, maka Anda dapat menggunakan mahadata untuk fokus pada lingkungan lokal yang Anda layani. Misalnya seperti memperbesar kesukaan atau ketidaksukaan, serta preferensi klien di sekitar Anda dengan lebih jauh lagi.

4. Meningkatkan penjualan dan loyalitas

Jejak digital dapat mengungkapkan banyak hal tentang preferensi orang-orang terkait belanja, kepercayaan, dan lain sebagainya.

Mahadata dapat memungkinkan bisnis untuk menyesuaikan produk dan layanan mereka dengan apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh para pelanggannya.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Kerja Big Data?

Sebelum Anda menggunakan mahadata untuk bisnis, Anda harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerjanya agar data yang anda gunakan nantinya tidak menjadi sia-sia.

Berikut adalah 5 (lima) cara kerja  yang dilakukan untuk mengimplementasikan mahadata:

  • Menetapkan strategi

Dalam hal ini, strategi yang dimaksud adalah rencana yang dirancang untuk membantu Anda dalam mengawasi dan meningkatkan cara memperoleh, menyimpan, mengelola, berbagai, dan menggunakan mahadata, baik di dalam maupun di luar bisnis Anda.

Strategi ini nantinya dapat mengatur kesuksesan bisnis Anda di tengah banyaknya mahadata yang ada. Kemudian, ketika sedang mengembangkan strategi, sangat penting untuk mempertimbangkan tujuan dan inisiatif bisnis Anda dengan teknologi yang ada.

  • Identifikasi sumber

Mahadata yang diperoleh berasal dari internet dan perangkat terhubung lainnya yang mengalir ke sistem teknologi informasi dari perangkat yang dipakai, seperti komputer, laptop, ponsel pintar, dan lain sebagainya.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui sumber mahadata yang diperoleh dan memutuskan data mana yang akan disimpan dan tidak, serta mana yang perlu dianalisis lebih lanjut.

  • Mengakses, mengelola, dan menyimpan

Sistem komputasi modern dapat memungkinkan Anda untuk memiliki kecepatan, daya, dan fleksibilitas yang dibutuhkan untuk mengakses sejumlah besar mahadata yang akan digunakan.

Seiring dengan akses yang andal, Anda juga membutuhkan metode untuk mengintegrasikan, memastikan kualitas, menyimpan, mengelola, dan menyiapkan mahadata yang nantinya akan digunakan untuk analisis.

  • Melakukan analisis

Analisis sangat dibutuhkan untuk mendapatkan nilai dan wawasan dari mahadata yang diperoleh. Anda dapat melakukan analisis dengan berbagai alat teknologi canggih yang memungkinkan analisis big data bagi bisnis Anda.

  • Membuat keputusan yang cerdas

Langkah yang terakhir adalah membuat keputusan yang cerdas dari hasil analisis mahadata yang telah diperoleh dari mahadata sebelumnya. Untuk itu, mahadata harus dikelola dengan baik, dengan menggunakan mahadata terpercaya yang dianalisis dengan terpercaya untuk dapat memberikan keputusan yang tepat.


Apa Pentingnya Big Data bagi Bisnis?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa mahadata penting penting untuk bisnis.

1. Membantu Anda mengenali siapa saja prospek potensial

Membantu Anda mengenali siapa saja prospek potensial

Informasi yang dikumpulkan dari jaringan media sosial dapat menjadi sumber informasi detail mengenai calon customer. Misalnya seperti perilaku dan apa saja yang menjadi minat mereka. Hal ini akan sangat bernilai dan membantu marketer untuk menargetkan customer potensial.

Selain itu, marketer dan salesperson juga dapat memperoleh informasi mengenai lokasi, usia, level pendidikan, dan info demografis untuk bisa membentuk kampanye promosi yang efektif. Salah satu contoh platform yang menyediakan jasa ini adalah Facebook dengan Facebook Insight.

2. Memungkinkan brand untuk ditemukan

Memungkinkan brand untuk ditemukan

Produk maupun jasa Anda harus terus dikembangkan, dan penggunaan mahadata dapat membantu hal ini. Marketers dapat melihat pola konsumer di mana produk mereka masih membutuhkan perbaikan demi sesuai dengan kebutuhan customer.

3. Menyediakan apa yang dibutuhkan customer secara lebih akurat

Menyediakan apa yang dibutuhkan customer secara lebih akurat

Mahadata memungkinkan Anda memberikan penawaran yang sesuai dengan kebutuhan customer yang membuatnya sulit ditolak. Pada online retail sekelas Amazon.com, 35% penjualannya berasal dari rekomendasi produk yang ditayangkan oleh search engine, yang berasal dari pemanfaatan mahadata yang maksimal.

4. Untuk membantu para marketer membuat ads yang benar-benar menghasilkan keuntungan

Untuk membantu para marketer membuat ads yang benar-benar menghasilkan keuntungan

Mahadata dan analisisnya diperlukan untuk meningkatkan penargetan customer agar lebih efektif. Dengan informasi yang disediakan, Anda dapat menggunakan media sosial dan search engine secara lebih efektif dengan mendesain kampanye dan iklan yang menarik.

Dengan begitu, Anda pasti membuat banyak orang memperhatikan sehingga memperluas sales. Platform yang dapat digunakan antara lain adalah Google Adwords dan Facebook Ads.

5. Adanya pengukuran akurat terhadap hasil kampanye

big data kampanye

Anda juga dapat mengukur kesuksesan dan performa keseluruhan sebuah iklan atau kampanye yang Anda jalankan di berbagai media sosial. Dengan hasil yang akurat, otomatis uang yang dikeluarkan juga bisa lebih diatur secara bijaksana dan efisien demi mencapai performa tertinggi.

Baca Juga: 12 Cara Mendapatkan Database Pelanggan


Pilih Aplikasi Big Data Terbaik untuk Memenuhi Kebutuhan Perusahaan Anda!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dalam memilih aplikasi mahadata, sangat penting untuk mempertimbangkan fitur-fitur yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Untuk memudahkan Anda dalam memilih, Anda bisa mencoba aplikasi CRM yang dilengkapi dengan fitur dan fungsi CRM yang dapat mendukung manajemen data Anda.

Mekari Qontak menyediakan aplikasi CRM terbaik di Indonesia. Aplikasi ini juga menggunakan big data untuk menyimpan database pelanggan. Pasalnya, aplikasi CRM Qontak didukung fitur canggih yang memudahkan Anda untuk mengelola pemasaran, penjualan, dan customer service dalam satu platform. Selain itu, Mekari telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan dari berbagai bidang. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS di bawah ini:

You may also like

By