Qontak WhatsApp

25 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan di Tahun 2022

25 Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan

Saat ini perkembangan bisnis khususnya di bidang digital berjalan dengan cepat. Dengan begitu, kita diharuskan untuk beradaptasi dengan cepat pula.

Ide bisnis di era digital tidak hanya berkaitan dengan penjualan software atau ebook saja. Namun, segala jenis bisnis yang menjual produk atau jasanya secara online, baik melalui aplikasi ataupun situs web, misalnya melalui e-commerce.

Oleh karena itu, pada artikel ini akan diulas 24 ide bisnis yang bisa digunakan untuk memulai usaha. Selain itu juga apa saja yang perlu dipersiapkan membuka sebuah bisnis. Yuk, siap penjelasan selengkapnya disini!

Image CTA aplikasi CRM

Pilihan Ide bisnis Digital yang Menjanjikan di Tahun 2022Ide Bisnis Digital yang Menguntungkan

Menteri Perdagangan telah memperkirakan bahwa pertumbuhan ekonomi secara digital akan lebih cepat delapan kali lipat. Sebab itu, peluang bagi bisnis digital terbuka lebar.

Saat ini, khususnya di era post-pandemi, sudah banyak contoh bisnis digital yang telah berhasil. Berikut ini beberapa ide bisnis di era digital yang bisa Anda coba:

1. Berjualan melalui e-commerce atau marketplace

E-commerce merupakan sarana penjualan, pembelian, dan pemasaran produk atau jasa melalui sistem elektronik. Sistem elektronik bisa berupa internet, televisi, maupun jaringan teknologi lainnya.

Sedangkan, marketplace merupakan platform yang digunakan sebagai perantara antara pihak yang menjual dan pihak yang membeli produk atau jasa. Umumnya, marketplace dilengkapi dengan banyak fitur seperti pemilihan metode pembayaran yang variatif, estimasi pengiriman, filter produk berdasarkan harga, dan sebagainya

Beberapa contoh marketplace yang ada di Indonesia, yaitu Shopee, Tokopedia, JD.ID, Lazada, Blibli, Bukalapak, OLX, dan sebagainya.

2. Afiliasi marketing

Afiliasi marketing merupakan aktivitas untuk memasarkan produk atau jasa milik orang lain baik secara individu maupun perusahaan untuk memperoleh imbalan. Caranya cukup mudah. Anda tinggal mendaftar program afiliasi, misalnya Shopee Affiliate atau Involve Asia. Kemudian, Anda akan mendapatkan kode referal atau tautan. Setelah itu, Anda bisa memasang kode atau tautan tersebut pada media sosial atau situs web Anda.

3. Membuat Aplikasi

Aplikasi biasanya bisa diakses dengan smartphone, tablet, laptop atau perangkat lainnya. Aplikasi dirancang melalui program menggunakan bahasa tertentu. Misalnya, Anda bisa membuat aplikasi hiburan, seperti aplikasi game yang menarik. Selain itu, Anda bisa membuat aplikasi lain yang bisa memberikan manfaat bagi orang yang mengunduhnya.

4. Membuat Youtube

Ide bisnis digital lainnya adalah membuat youtube. Saat ini banyak orang membuat youtube untuk menjadi terkenal atau mendapatkan penghasilan. Membuat youtube bisa dilakukan oleh siapapun karena sebagian besar orang sudah memiliki smartphone yang bisa membuat konten.

Namun, hal yang terpenting ketika membuka konten youtube adalah selalu konsisten. Youtube akan mulai menghasilkan uang melalui Google Adsense bila sudah bisa dimonetisasi. Syaratnya, Youtube telah memiliki 1.000 pengikut dan 4.000 jam tayang.

5. Konsultan digital marketing

Jika Anda memiliki keterampilan dalam bidang digital marketing, tidak ada salahnya mencoba untuk menjadi konsultan digital marketing. Pasalnya, digital marketing saat ini sangat diperlukan untuk memajukan bisnis. Konsultan digital marketing bertugas untuk mengamati potensi pasar dan menentukan strategi marketing yang tepat untuk sebuah bisnis.

Baca juga: 15 Aplikasi Digital Marketing Terbaik untuk Bisnis Online

6. Mengadakan kursus online

Salah satu bisnis menarik lainnya yang bisa dicoba adalah mengadakan kursus secara online. Jika Anda memiliki kemampuan tertentu seperti bahasa Jepang, Anda bisa membuka kelas bahasa Jepang. Selain itu, Anda juga bisa membuka kursus untuk desain grafis, kelas menulis, dan sebagainya.

7. Membuat Website

Banyak perusahaan yang memerlukan website untuk menjalankan bisnisnya. Jadi, di era digital saat ini, mempunyai situs web yang profesional menjadi keharusan bagi para pelaku bisnis. Situs web yang menarik bisa digunakan sebagai alat promosi, portofolio, alat komunikasi, dan sebagainya.

8. Dropship

Bisnis dropship dilakukan dengan cara menjual produk tanpa perlu memusingkan gudang maupun pengiriman. Jadi, ketika menjalankan bisnis ini, Anda memerlukan kemampuan untuk menjual saja.

Pada bisnis dropship, Anda akan menjual barang milik orang lain tanpa perlu menyetoknya. Harga jualnya lebih tinggi dari harga jual sebelumnya. Bila ada yang memesan produk, Anda akan menghubungi pemilik barang untuk mengirimkan barang sesuai dengan pesanan. Selisih antara harga jual yang Anda tetapkan dengan harga jual dari pemilik baranglah yang akan menjadi keuntungan bagi Anda.

9. Membuat blog

Membahas tentang blog tidak lepas dari sosok Raditya Dika. Penulis kondang ini memulai karirnya dari menulis blog. Bila Anda memiliki blog, Anda bisa menulis konten-konten yang menarik di dalamnya.

Jika Anda mempunyai konten yang menarik, hal ini bisa menarik perhatian audiens sehingga menaikkan traffic Anda. Seperti youtube, blog juga bisa dijadikan sumber penghasilan. Misalnya, Anda bisa memasang iklan dengan mendaftar Google Adsense atau Anda bisa menyediakan space untuk disewakan oleh orang yang ingin memasang iklan.

10. Menjadi influencer instagram

Bila Anda memiliki akun instagram dengan jumlah follower yang banyak, Anda bisa menjadikannya sebagai sumber penghasilan. Salah satu influencer yang telah berhasil di platform instagram, yaitu food vlogger Magdalena. Di akun youtube-nya, Magdalena sering mengunggah kontennya ketika makan makanan yang pedas.

Konten serupa yang dibuat Magdalena banyak membuat orang tertarik dan akhirnya jumlah pengikutnya di Instagram bertambah pesat. Pada tahap awal, sebaiknya Anda fokus pada kualitas konten yang Anda sajikan. Bila jumlah follower Anda sudah cukup banyak nanti, pastinya akan banyak tawaran kerja sama yang datang.

11. Menulis konten

Jika Anda memiliki keahlian untuk menulis, Anda bisa menggunakannya untuk melakukan bisnis digital. Saat ini sudah banyak website yang membayar penulisnya. Misalnya, Writers Weekly dan BaBe.

Jika Anda sudah memiliki blog sendiri, Anda juga bisa menawarkan keahlian Anda melalui blog tersebut. Semakin menarik blog Anda, pastinya semakin banyak orang yang tertarik untuk menggunakan jasa Anda.

12. Menjual produk digital

Produk digital yaitu produk yang tidak punya wujud secara fisik dan biasanya dijual secara online. Produk digital bisa berupa ebook, audio, maupun video. Misalnya, bila Anda punya keahlian bermusik, Anda bisa membuat lagu. Karya tersebut bisa Anda jual secara online di website tunecore dan songcast.

Bila Anda menulis buku, Anda bisa menjual bukunya di Apple Book atau Amazon. Produk digital yang telah Anda buat juga bisa dijual di situs web milik Anda sendiri.

13. Menjadi konsultan SEO

SEO merupakan upaya untuk memperoleh kedudukan terbaik di mesin pencari. Untuk website yang dibuat dengan tujuan bisnis, peran SEO sangat penting. Banyak orang saat ini selalu mengandalkan mesin pencari untuk mencari dan membeli produk.

SEO bisa mendatangkan pengunjung website yang meningkatkan traffic. Bila Anda memiliki keahlian di bidang SEO, Anda bisa membantu website milik klien untuk memperoleh posisi terbaik di mesin pencari.

14. Membuat podcast

Selain platform youtube, kini sudah ada platform lainnya yang tidak kalah terkenal, yaitu podcast. Podcast merupakan konten berupa audio yang bisa diakses secara online. Untuk membuat podcast, Anda bisa menggunakan Spotify dan Anchor. Namun, sebelum memulainya, sebaiknya temukan dulu niche yang tepat untuk dibahas.

15. Menjual jasa desain grafis

Jika Anda memiliki keahlian dalam bidang desain grafis, Anda bisa melakukan bisnis digital dengan menjual jasa untuk mendesain. Dengan menjual jasa ini, selain memperoleh penghasilan, Anda juga bisa meningkatkan skill dan menambah relasi.

Anda bisa menawarkan jasa tersebut pada situs-situs freelancer, seperti Fastwork, Upwork, dan situs lainnya. Pastikan Anda membuat portofolio desain Anda dengan baik agar klien bisa melihat karya-karya Anda yang sebelumnya.

16. Menjadi translator

Jika Anda memiliki kemampuan bahasa asing, Anda bisa menawarkan jasa sebagai translator. Saat ini ada banyak perusahaan yang memerlukan translator untuk menerjemahkan dokumen penting mereka.

Anda bisa menawarkan jasa penerjemahan di internet atau situs-situs freelance. Peluangnya semakin besar jika Anda menguasai bahasa selain bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

17. Menjual stok foto

Bisnis digital yang satu ini cocok bagi Anda yang gemar fotografi. Saat ini ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk menjual stok foto, contohnya Shutterstock, Contributor by Getty Images, dan aplikasi lainnya. Sebelum menjual foto di aplikasi tersebut, pastikan foto yang Anda ambil memiliki kualitas yang bagus.

18. Membuat website majalah

Selain itu, Anda bisa menjual wajah dengan sistem berlangganan. Anda bisa memuat berita yang premium pada website. Sediakan majalah versi tercetak yang akan disebarkan melalui nawala berlangganan. Gunakan website untuk mengumpulkan pelanggan. Contoh website majalah adalah The Economist dan Tempo.

19. Berjualan template dan plugin premium WordPress

Saat ini sudah banyak orang menggunakan WordPress untuk membuat situs web mereka. Biasanya, ketika membuat WordPress, mereka memerlukan template dan plugin. Anda bisa membuka bisnis menjual template dan plugin premium tersebut. Agar bisnis ini berhasil, sebaiknya Anda menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti HTML, PHP, CSS, dan JavaScript.

20. Menjual jasa voice over

Di era digital sekarang ini, banyak pihak memerlukan jasa voice over. Khususnya pada perusahaan yang bergerak di bidang film, iklan, radio, dan sebagainya. Penjual jasa voice over umumnya mempunyai suara yang khas dan bisa menyesuaikannya dengan karakter yang dimainkan.

21. Thrift shop online

Bisnis thrift shop adalah ide usaha digital yang dilakukan dengan menjual barang bekas yang kondisinya masih bagus. Bisnis ini sudah menjamur di Indonesia, karena demand-nya yang tinggi. Pasalnya, membeli barang di thrift shop memungkinkan seseorang mendapat barang bermerek dengan harga yang lebih ekonomis. Hal ini bisa membuka peluang yang besar apabila Anda memiliki follower media sosial yang cukup banyak.

22. Menjadi content creator Tiktok

Saat ini Tiktok menjadi salah satu aplikasi yang digemari banyak orang. Oleh karena itu, Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat konten. Jika Anda bisa membuat konten yang menarik di Tiktok, ini bisa menarik banyak pengikut pada akun Tiktok Anda. Bila jumlah pengikutnya sudah tinggi, akan ada banyak bisnis menggunakan jasa Anda melalui endorsement.

23. Joki game

Salah satu bisnis lain yang cukup populer sekarang ini adalah menjadi joki game. Joki game dilakukan dengan membantu klien menaikkan level atau peringkat mereka di dalam game. Untuk menjalankan bisnis ini, Anda perlu menguasai game dan karakter-karakternya.

Sememtara untuk mendapatkan banyak klien, coba promosikan melalui berbagai platform yang Anda miliki. Misalnya, Anda bisa menawarkan jasa ini di Facebook melalui Facebook Ads.

24. Jasa admin media sosial

Banyak bisnis yang memiliki media sosial untuk menarik perhatian audiensnya. Media sosial biasanya memerlukan admin untuk mengelolanya.
Admin bertugas untuk meningkatkan branding online shop atau perusahaan tertentu. Modal yang harus dimiliki untuk ide usaha digital ini adalah sikap kreatif untuk membuat konten sesuai dengan platform yang Anda kelola.

25. Web development

Contoh ide usaha digital lainnya yaitu web development. Sekarang ini, ada banyak orang yang memiliki situs web namun belum bisa mengelolanya. Untuk itu, diperlukan peran web developer untuk membantu pengelolaannya. Jika Anda memiliki keahlian di bidang ini, tidak ada salahnya untuk mencoba menjual jasa web development.

Baca juga: 17 Ide Bisnis Digital yang Menghasilkan Keuntungan Besar

Kelebihan Bisnis Digital

Tren bisnis digital saat ini meningkat pesat. Hal ini wajar mengingat jenis usaha ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan bisnis konvensional.

Berikut kelebihan bisnis digital yang perlu Anda ketahui adalah

– Memiliki opsi yang beragam

Seiring dengan berjalannya waktu, kemajuan teknologi juga turut berkembang. Hal ini membuka peluang untuk terus berinovasi dalam mengembangkan, terutama bisnis digital. Dengan catatan Anda hanya perlu mengikuti tren pasar melalui mengeluarkan produk yang dibutuhkan masyarakat.

– Menjangkau pasar yang lebih luas

Keunggulan bisnis digital yang tak ada tandingannya adalah Anda bisa menjangkau pasar tanpa batasan wilayah. Selain itu, Anda juga tetap bisa melakukan penjualan meski tidak berada di toko atau rumah. Hal ini memperbesar peluang Anda untuk meningkatkan penjualan.

– Memiliki tujuan jangka panjang

Pengguna internet terus meningkat di Indonesia. Hal ini yang mendorong banyak bisnis untuk melakukan transformasi digital mengikuti trend. Tidak hanya itu, bisnis online juga membuka kesempatan Anda untuk berkembang dalam jangka panjang.

– Memberikan kenyamanan pelanggan

Perilaku pelanggan saat ini sebagian besar lebih menyukai berbelanja online. Dimana hal ini dinilai bisa lebih banyak menghemat waktu. Dengan menawarkan berbelanja online, artinya bisnis Anda memberikan kenyamanan untuk pelanggan bertransaksi.

– Meningkatkan penjualan

Kelebihan bisnis digital sebelumnya secara tidak langsung akan berpengaruh pada peningkatan penjualan. Hal ini juga akan berpengaruh pada pendapatan bisnis Anda.

Hal yang Perlu Disiapkan untuk Memulai Bisnis Digital

Setelah melihat kelebihan bisnis digital diatas, mungkin Anda tertarik untuk memulainya sendiri. Namun sebelum itu, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal seperti dibawah ini:

1. Menentukan Niche yang tepat

Niche merupakan jenis bisnis atau ide bisnis digital yang akan digeluti. Disini dibutuhkan kejelian Anda untuk membaca pasar sehingga niche yang Anda pilih memang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu, peluang Anda untuk mendapatkan keuntungan terbuka lebar.

2. Investasikan waktu untuk mengembangkan usaha

Setiap usaha pasti membutuhkan waktu untuk berkembang. Bahkan legenda Bandung Bondowoso tidak bisa membangun 1000 Candi dalam semalam. Apalagi bisnis online dibutuhkan waktu agar bisa menghasilkan keuntungan.

3. Memiliki channel pemasaran yang menarik

Bagian terpenting dari bisnis adalah memasarkan produk. Bagaimana pelanggan akan mengenal produk Anda tanpa melalui pemasaran. Di era digital saat ini, banyak sekali platform yang bisa Anda manfaatkan untuk memasarkan produk secara online seperti media sosial dan aplikasi pesan instan.

Sayangnya, banyaknya saluran pemasaran yang digunakan, kerap membuat bisnis kewalahan untuk mengelolanya. Maka dari itu, sebagian dari mereka memilih memanfaatkan teknologi Omnichannel CRM untuk mempermudah dalam mengelola saluran pemasaran.

Ayo Mulai Bisnis Digital Anda Sekarang Juga!

Kembangkan bisnis digital bersama Mekari Qontak

Di era digital saat ini, menjalankan ide bisnis secara digital memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan pendapatan. Kami telah membahas berbagai ide bisnis digital yang bisa Anda pertimbangkan. Anda bisa menjalankan ide bisnis di era digital sesuai dengan keinginan dan kemampuan. Namun, perlu diingat, bahwa sebuah bisnis bisa berhasil bila Anda melakukan strategi pemasaran dan mengatur pendapatan secara tepat dan akurat.

Oleh karena itu, banyak bisnis memilih untuk memasarkan produknya melalui berbagai platform digital. Dimana untuk mempermudah dalam mengelolanya, sebagian besar dari mereka memanfaatkan Omnichannel CRM dari Mekari Qontak.

Omnichannel mampu menghubungkan berbagai saluran pemasaran bisnis dalam satu platform terpadu. Semua interaksi pelanggan dari berbagai saluran seperti WhatsApp, Instagram dan lainnya akan ditampilkan dalam satu dasbor Mekari Qontak.

Selain itu, masih banyak fitur-fitur unggulan yang ditawarkan oleh Mekari Qontak untuk mempermudah aktivitas bisnis digital Anda. Salah satunya, WhatsApp blast mampu mengirimkan pesan siaran ke banyak kontak sekaligus.

Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan Anda. Jadi tunggu apa lagi?

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By