Qontak WhatsApp

Blue Ocean Strategy: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui!

Panduan Lengkap Blue Ocean Strategy

Blue ocean strategy adalah salah satu buku klasik populer karya Chan Kim dan Renée Mauborgne. Buku ini membahas strategi tentang bagaimana perusahaan dapat menciptakan peluang pasar tanpa harus melakukan persaingan head-to-head dengan pesaing.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak pembahasan lengkap tentang pengertian blue ocean strategy, perbedaan blue ocean dan red ocean, strategi, dan contohnya di bawah ini!

5 Langkah Blue Ocean Strategy:

  1. Memilih tempat yang tepat untuk memulai
  2. Memahami di mana Anda berada
  3. Identifikasi pain point tertentu untuk membuka peluang pasar
  4. Secara sistematis rekonstruksi batas-batas pasar
  5. Memilih langkah blue ocean yang tepat

Image CTA aplikasi CRM


Apa Itu Blue Ocean Strategy?

Blue ocean strategy adalah strategi yang digunakan perusahaan untuk menciptakan permintaan baru melalui pengejaran simultan terhadap diferensiasi dan biaya yang rendah.

Sederhananya, blue ocean strategy adalah konsep untuk menciptakan dan menangkap ruang pasar yang dilakukan dengan membuat persaingan menjadi tidak relevan.

Dalam penerapannya, strategi blue ocean ini didasari pada pandangan yang menganggap bahwa batas-batas pasar dan struktur industri dapat direkonstruksi oleh tindakan dan keyakinan para pelaku industri itu sendiri.


Apa Perbedaan Blue Ocean dan Red Ocean?

Blue and red ocean

Dalam bukunya, Chan Kim dan Renée Mauborgne tidak hanya menciptakan istilah blue ocean, tetapi juga terdapat red ocean. Lalu, apa perbedaan blue ocean dan red ocean?

Red Ocean

Red ocean adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ruang pasar atau semua industri yang ada saat ini. Di mana batas-batas industri ditentukan dan diterima, serta terdapat aturan permainan yang kompetitif.

Dalam read ocean, perusahaan umumnya akan mencoba untuk bersaing dengan kompetitor mereka guna meraih bagian yang lebih besar dari permintaan pasar yang ada. Ketika ruang pasar semakin ramai, maka keuntungan dan pertumbuhan juga akan berkurang.

Akibatnya, produk yang ditawarkan akan berubah menjadi komoditas dan mengakibatkan adanya persaingan yang kejam atau ‘berdarah’. Ini yang kemudian memunculkan istilah red ocean atau samudra merah.

Blue Ocean

Berbeda dengan red ocean, blue ocean adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan semua industri yang tidak ada saat ini, yaitu ruang pasar yang belum dijelajahi, tidak diketahui, dan belum dinodai dengan persaingan.

Sama halnya seperti samudra biru di dunia nyata, blue ocean memiliki potensi yang sangat luas, dalam, dan kuat terkait peluang dan pertumbuhan yang menguntungkan. Di mana persaingan masih tidak relevan karena tidak adanya aturan main yang ditetapkan.


Kelebihan dan Kekurangan Blue Ocean Strategy

Sebagai sebuah strategi, blue ocean memiliki kekurangan dan kelebihannya sendiri. Lalu, apa saja kekurangan dan kelebihan strategi samudra biru ini?

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan strategi blue ocean:

Kelebihan Blue Ocean Strategy

  • Tidak ada kompetisi atau minimum kompetisi, membuat pasar menjadi kurang kompetitif, sehingga, bisnis tidak perlu khawatir dengan tingkat persaingan yang tinggi.
  • Menjadi penggerak pertama memungkinkan bisnis untuk memperoleh pelanggan dan keuntungan yang maksimal dengan strategi blue ocean.
  • Manfaat harga dapat diperoleh bisnis karena tidak adanya persaingan. Ini memudahkan bisnis untuk membuat harga yang fleksibel.

Kekurangan Blue Ocean Strategy

  • Kesulitan menemukan blue ocean yang tepat membuat bisnis sulit untuk memiliki ide-ide baru yang bisa memperoleh target audiens.
  • Memiliki risiko yang tidak kecil karena pelanggan bisa saja tidak memahami apa yang bisnis Anda tawarkan dan akhirnya menghasilkan kerugian.
  • Sulit memperoleh kepercayaan pelanggan karena risiko menjadi terlalu baru atau terlalu berbeda dari pasar lainnya.

Baca Juga: 15 Peluang Usaha yang Belum banyak Pesaing, Cocok untuk Pemula


Menerapkan 5 Langkah Blue Ocean Strategy pada Bisnis

Beralih ke samudra biru mungkin bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan, terlebih jika Anda adalah perusahaan startup atau bisnis pendatang baru.

Namun demikian, Anda tidak perlu khawatir, karena Anda dapat memasuki samudra biru dengan blue ocean shift, yaitu cara membangun kepercayaan pelanggan dan beralih red ocean yang penuh persaingan ke blue ocean yang berpeluang.

Berikut adalah 5 (lima) langkah blue ocean strategy yang dapat Anda terapkan pada bisnis Anda.

1. Memilih tempat yang tepat untuk memulai

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk beralih ke blue ocean strategi adalah dengan memulai. Di sini, Anda perlu memilih tempat yang tepat untuk memulai strategi samudra biru Anda.

Caranya, Anda perlu fokus pada area yang paling sesuai, sehingga zona transformasi Anda tidak akan terlalu ambisius. Mengingat, Anda mungkin akan menghadapi kendala organisasi yang tidak menginginkan adanya transformasi.

2. Memahami di mana Anda berada

Yang kedua, Anda perlu memperjelas tentang status permainan saat ini serta menciptakan keselarasan nyata dan kemauan kolektif terkait transformasi.

Langkah ini bertujuan untuk membuat perubahan dengan membangun gambaran yang jelas tentang lanskap kompetitif Anda saat ini.

3. Identifikasi pain point tertentu untuk membuka peluang pasar

Kemudian, Anda dapat melanjutkan dengan mengidentifikasi titik-titik kesulitan tertentu dan membuka nilai yang belum pernah ada sebelumnya bagi pembeli.

Langkah ini akan membantu Anda untuk mulai membuat perubahan dari apa yang ada menjadi apa yang bisa terjadi.

Di sisi lain, ini juga akan membantu Anda untuk menghindari pemahaman yang terlalu sempit tentang siapa pelanggan industri dengan menjelajahi lanskap permintaan total di luar pemahaman industri saat ini.

4. Secara sistematis rekonstruksi batas-batas pasar

Langkah keempat adalah mendefinisikan ulang bidang strategi serta bagaimana merumuskannya ke dalam strategi yang dibangun dengan baik.

Ini akan menunjukkan kepada Anda tentang bagaimana menciptakan ruang pasar baru yang menarik secara komersial.

5. Memilih strategi blue ocean yang tepat

Yang terakhir adalah memungkinkan proses yang adil yang mengkonsolidasikan komitmen dan dukungan orang-orang terhadap strategi yang dipilih.

Sehingga, perusahaan Anda dapat memiliki keselarasan yang memungkinkan manajemen puncak untuk memilih opsi yang tepat untuk bergerak maju.


Contoh Blue Ocean Strategy yang Sukses

– Marvel

Contoh Blue Ocean Strategy yang Sukses Marvel

Marvel adalah perusahaan besar yang menciptakan berbagai komik, film, dan media menakjubkan lainnya. Di saat yang bersamaan, Marvel juga merupakan salah satu transformasi blue ocean yang sukses dalam sejarah bisnis modern. Bagaimana mungkin?

Awalnya, Marvel berdiri sebagai perusahaan buku komik yang bekerja keras pada beberapa tahun pertamanya, karena cerita pahlawan super dianggap sudah ketinggalan zaman.

Namun, perjalanan itu tidak berjalan mulus dan membuat Marvel harus menghadapi red ocean yang berujung pada kebangkrutan.

Akan tetapi, pada tahun 1999, Marvel dan Peter Cuneo (ahli turnaround terkenal dunia) mengambil langkah blue ocean strategy dan memasuki industri film. Langkah tersebut akhirnya membuat perusahaan kembali meraih kesuksesan hingga saat ini.

Tidak hanya itu, Marvel dan Cuneo mengubah seluruh model produksi film. Ini berarti, Marvel tidak hanya memasuki bidang baru, tetapi juga merekonstruksi bidang itu untuk membuka blue ocean.

– Nintendo

Contoh Blue Ocean Strategy yang Sukses Nintendo

Perusahaan video game Jepang, Nintendo, menjadi terkenal secara internasional setelah merilis game Donkey Kong pada tahun 1981 dan Super Mario Bros pada tahun 1985.

Namun, pada awal 2000-an, Nintendo berjuang, dengan raksasa industri Sony dan Microsoft yang mendominasi pasar.

Kemudian pada tahun 2006, Nintendo mulai melakukan blue ocean strategy dengan mempelajari konsol non-gamer.

Mereka melihat adanya elemen yang direkonstruksi melintasi batas pasar untuk menciptakan Wii (konsol sederhana yang fokus pada fungsionalitas dan interaktivitas), dengan game yang secara dramatis meningkatkan utilitas untuk konsumen non-gamer.

Sebagai hasil dari penerapan blue ocean strategy, Nintendo Wii membuka pasar baru dengan menarik non-gamer tradisional dan mengalahkan semua gabungan produk game Sony dan Microsoft hingga saat ini.

Baca Juga: 4 Cara Analisis Peluang Usaha Agar Bisnis Berkembang!


Pelajari Blue Ocean Strategy dan Tingkatkan Bisnis Anda Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan, blue ocean strategy adalah strategi yang dilakukan untuk memasuki samudra biru yang memiliki potensi peluang yang tinggi, tingkat persaingan yang rendah, namun risiko yang tidak kecil.

Sebelum melakukan blue ocean strategi, ada baiknya Anda dan tim untuk melakukan analisis dan penelitian terlebih dahulu terkait siapa yang ingin dijadikan target audiens Anda. Hal ini dapat Anda lakukan dengan mudah menggunakan aplikasi CRM dari Mekari Qontak.

Aplikasi CRM Mekari Qontak dilengkapi dengan fitur analisis dan laporan yang memungkinkan Anda untuk memiliki wawasan dan perspektif holistik terkait pelanggan dan bisnis Anda.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan Omnichannel dan fitur bisnis lainnya untuk mengetahui lebih banyak tentang bisnis dan pelanggan Anda.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk menangani layanan dan hubungan pelanggan mereka. Tidak hanya itu, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Yuk, coba demo aplikasi CRM terbaik dari Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By