Qontak WhatsApp

Bot Chat WhatsApp: Pengertian dan Cara Membuatnya

Pengertian-dan-cara-membuat-bot-chat-WhatsApp

Chatbot merupakan salah satu teknologi terbaik yang digunakan bisnis untuk berinteraksi dengan pelanggan. Salah satunya melalui Bot Chat WhatsApp yang memungkinkan dapat bisnis untuk memberikan pengalaman pelanggan yang tak terlupakan dengan menjalin percakapan dua arah secara real time.

Apabila sebelumnya layanan pelanggan atau customer service membutuhkan waktu 3-5 menit untuk merespon pelanggan, maka ini berbeda dengan chatbot yang mampu merespon banyak pelanggan dalam hitungan detik saja.

Untuk mengetahui informasi selengkapnya, yuk simak pembahasan tentang bot chat WhatsApp berikut ini!

4 Cara Mudah Membuat Bot Chat WhatsApp:

  1. Pastikan Akun WhatsApp API Anda Sudah Terdaftar
  2. Desain Alur Percakapan Bot Chat WhatsApp
  3. Submit Alur Percakapan ke Sistem Qontak
  4. Lakukan Uji Coba Bot WhatsApp

Image CTA for Bot Chat WhatsApp


Apa itu Bot Chat WhatsApp?

Bot chat WhatsApp adalah program kecerdasan buatan AI (artificial intelligence) yang dimiliki oleh WhatsApp Business API. Sistem bot ini mampu berperan sebagai asisten virtual yang membalas setiap pesan WhatsApp secara otomatis dalam hitungan detik.

Anda dapat memanfaatkan kecerdasan bot WhatsApp untuk meningkatkan interaksi pelanggan dengan komunikasi dua arah secara real time. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat menggunakan WhatsApp Business chatbot untuk menyelesaikan dan menjawab pertanyaan dari pelanggan Anda.


Apa Manfaat Bot Chat WhatsApp?

Aplikasi bot chat WhatsApp banyak diminati bisnis karena kemampuannya dalam merespon pesan otomatis. Dengan begitu, bisnis bisa fokus mengerjakan masalah yang lebih kompleks dan melakukan penjualan.

Selain itu, bot WhatsApp juga memiliki banyak manfaat lainnya yang dapat menguntungkan bisnis, antara lain:

– Melayani Pelanggan 24 Jam Non-Stop

Manfaat bot chat WhatsApp yang pertama adalah dapat merespon setiap pesan pelanggan yang masuk. Di mana sistem bot WhatsApp akan bekerja terus menerus hingga 24 jam nonstop, dengan catatan bahwa sistem memang diaktifkan.

Hal ini tentu dapat membantu bisnis untuk menyediakan layanan pelanggan yang maksimal tanpa ada batasan waktu, bahkan ketika agen sedang tidak tersedia sekalipun.

– Menghemat Waktu dan Biaya Operasional

Bot WhatsApp sebagai asisten virtual mampu menyelesaikan masalah sederhana pelanggan secara otomatis. Bahkan Chatbot bisa merespon banyak pelanggan dalam satu waktu.

Hal ini tentu akan meringankan beban kerja tim support bisnis Anda, sehingga mereka bisa fokus mengerjakan masalah lain yang lebih kompleks. Tak hanya itu saja, Anda juga dapat mengurangi pengeluaran biaya operasional customer service seperti biaya telepon serta gaji karyawan.

– Menjalin Kedekatan dengan Pelanggan

Aplikasi bot chat WhatsApp memungkinkan Anda dan pelanggan untuk melakukan komunikasi dua arah secara real time.

Meskipun sistem Chatbot dijalankan oleh mesin, tetapi isi percakapan bisa dibuat se-natural mungkin layaknya berinteraksi dengan manusia, termasuk membuat alur percakapan yang dipersonalisasi.

– Meminta Feedback dari Pelanggan

Komunikasi yang dilakukan secara real time oleh Chatbot bisa Anda manfaatkan untuk meminta feedback/umpan balik dari pelanggan terkait layanan maupun produk yang Anda tawarkan.

Selain itu, pelanggan juga dapat memberikan ulasan lebih baik karena masih ‘fresh’ di ingatan mereka. Masukkan tersebut tentunya akan membantu Anda dalam memahami pelanggan dengan lebih baik, serta menjadi bahan pertimbangan dalam menyusun strategi bisnis berkelanjutan.

– Keamanan yang Terjamin

Aplikasi WhatsApp dilengkapi dengan sistem enkripsi end-to-end. Artinya semua informasi atau  data yang terjadi dalam percakapan hanya bisa diakses oleh kedua pihak yang terlibat.

Bahkan pihak WhatsApp atau Facebook tidak bisa mengakses percakapan tersebut. Jadi pelanggan maupun bisnis tidak perlu khawatir tentang keamanan percakakapan yang dilakukan.

– Meningkatkan Penjualan

Aplikasi Bot chat WhatsApp dapat membantu menyelesaikan permintaan pelanggan dalam waktu cepat. Hal ini tentu akan menciptakan customer experience lebih baik.

Di sisi lain, penggunaan bot WhatsApp juga membukan kesempatan pelanggan untuk melakukan transaksi yang lebih besar. Di mana chatbot akan secara otomatis meneruskan permintaan sulit untuk segera ditangani oleh tim support sehingga mempercepat close deal.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!


Bagaimana Cara Membuat Bot Chat WhatsApp?

Setelah mengetahui apa itu bot chat WhatsApp dan apa saja manfaatnya, kini saatnya untuk Anda mengetahui bagaimana cara membuat bot WhatsApp.

Berikut adalah beberapa langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat bot chat WA:

1. Pastikan Akun WhatsApp API Anda Sudah Terdaftar

WhatsApp API Qontak by Mekari

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk membuat chat bot WhatsApp adalah dengan memastikan bahwa akun WhatsApp Anda telah terdaftar sebagai akun WhatsApp API. Mengapa demikian?

Ini karena fitur chatbot WA hanya dapat Anda peroleh dan gunakan dengan menggunakan WhatsApp Business API resmi. Apabila Anda belum memiliki akun API WhatsApp, Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda ke Official Business Partner of WhatsApp API terbaik di Indonesia seperti Qontak by Mekari.

Tim Qontak nantinya akan membantu Anda untuk memeroleh akun WhatsApp API dan fitur chatbot yang dapat Anda gunakan untuk mengelola pesan otomatis yang akan diterima pelanggan.

Anda juga tidak perlu khawatir dengan proses yang membingungkan, karena semua proses sepenuhnya akan dibantu oleh tim Qontak, termasuk proses verifikasi Facebook Business Manager.

2. Desain Alur Percakapan Bot Chat WhatsApp

alur-percakapan-Bot-Chat-WhatsApp

Setelah memiliki akun WhatsApp Business API, Anda dapat melanjutkan dengan mendesain alur percakapan yang akan digunakan pada bot chat WA Anda.

Buatlah jawaban bot dari pertanyaan yang sering diajukan pelanggan. Siapkan juga jawaban untuk bot merespon pertanyaan pelanggan yang mungkin diluar dari yang sudah Anda buat sebelumnya.

Apabila Anda merasa kesulitan dalam proses pembuatan alur percakapan ini, Anda juga bisa meminta tim Qontak untuk memandu Anda dalam membuat alur percakapan bot WhatsApp.

3. Submit Alur Percakapan ke Sistem Qontak

Unggah-templat-Bot-Chat-WhatsApp

Setelah menyelesaikan alur percakapan bot, unggah template tersebut pada sistem Qontak. Namun, apabila Anda masih ragu dengan alur yang telah dibuat, Anda dapat berkonsultasi dengan tim Qontak. Tim Qontak akan selalu siap membantu Anda untuk membuat bot chat WhatsApp Anda bekerja secara optimal.

Selain itu, tim Qontak juga akan membuatkan alur percakapan tersebut sesuai dengan apa yang telah disepakati. Dengan begitu Anda tidak perlu repot mengunggah atau membuatnya sendiri.

Saya Mau Coba Gratis Qontak Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak Sekarang!

4. Lakukan Uji Coba Bot WhatsApp

Trial-and-Error-Bot-Chat-WhatsApp

Apakah Anda sudah melakukan ketiga langkah di atas? Jika iya, ini saatnya untuk melakukan langkah yang terakhir, yaitu menguji coba chatbot WhatsApp yang Anda buat sebelum dioperasikan untuk pelanggan.

Dalam hal ini, Anda perlu berpura-pura menjadi seorang pelanggan yang mengirimkan pesan ke kontak atau nomor akun WhatsApp API bisnis Anda.

Apabila chatbot memberikan jawaban seperti yang Anda inginkan artinya Chatbot WhatsApp siap digunakan. Namun apabila sebaliknya, konsultasikan langsung dengan tim Qontak untuk mencari tahu letak permasalahan dan memperbaikinya.

Baca Juga: WhatsApp Blast: Pengertian dan Cara Mendapatkannya


Tingkatkan Layanan Pelanggan Anda dengan Bot Chat WhatsApp Sekarang!

Logo Qontak by Mekari

Dengan menggunakan chat bot WhatsApp, Anda dapat meningkatkan layanan pelanggan yang optimal dan memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi pelanggan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan bot WhatsApp untuk memaksimalkan kinerja tim customer service Anda, sehingga tidak ada lagi pelanggan yang akan merasa kecewa.

Salah satu penyedia bot WhatsApp terbaik di Indonesia adalah Qontak by Mekari. Qontak memiliki solusi end-to-end yang dapat menghubungkan akun WhatsApp API Anda dengan omnichannel dan aplikasi CRM. Dengan demikian, seluruh proses bisnis Anda dapat terotomatisasi dan bekerja secara maksimal.

Selain itu, Qontak by Mekari telah dipercaya lebih dari 3000+ perusahaan untuk meningkatkan layanan pelanggan. Tak hanya itu saja, Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan. Jadi tunggu apa lagi?

Yuk, coba demo Chat Bot WhatsApp Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Qontak by Mekari sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

You may also like

0 comments

By