Qontak WhatsApp

Pengertian Brand Awareness, Tujuan, dan Contohnya

Pengertian Brand Awareness, Tujuan, dan Contohnya

Panduan Lengkap Brand Awareness yang Perlu Anda Ketahui!

Untuk Anda yang berkecimpung di dunia bisnis atau marketing, Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah brand awareness atau kesadaran merek. Namun, apa yang sebenarnya dimaksud dengan brand awareness ini?

Lalu, apa saja tujuan dari brand awareness ini? Bagaimana cara membangun dan meningkatkan kesadaran merek?

Untuk membantu Anda menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut, berikut kami jabarkan panduan lengkap tentang brand awareness yang perlu Anda ketahui!

Panduan Lengkap  Brand Awareness

Apa Itu Brand Awareness?

Pengertian brand awareness adalah istilah marketing yang menggambarkan tingkat pengenalan pelanggan terhadap suatu merek dan produknya. Brand awareness atau kesadaran merek dapat mewakili seberapa akrab (aware) audiens dengan merek bisnis Anda, dan seberapa baik mereka dapat mengenalinya.

Lebih lanjut, membangun kesadaran merek merupakan salah satu strategi pemasaran yang dapat mengarahkan konsumen untuk mengembangkan preferensi mereka terhadap merek dan produk yang mereka ingin.

Kesadaran merek tidak hanya dapat membantu audiens untuk mengenali dan mengingat merek Anda, tetapi ini juga dapat membantu Anda mendapatkan kepercayaan merek, dan akhirnya menghasilkan dan meningkatkan penjualan.

Apa Tujuan Brand Awareness Untuk Bisnis?

Brand awareness menjadi salah satu strategi yang dapat memainkan peran penting untuk mencapai kesuksesan bisnis dan mencapai tujuan pemasaran secara keseluruhan. Adapun tujuan dari brand awareness antara lain:

– Menumbuhkan Kepercayaan Pelanggan

Tujuan brand awareness yang pertama adalah menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap merek Anda. Bagaimana caranya kesadaran merek dapat menumbuhkan kepercayaan merek?

Hal ini dapat berkaitan karena umumnya pelanggan akan mengandalkan penelitian ekstensif dan pendapat orang lain sebelum membeli sebuah produk dari suatu merek tertentu.

Untuk itu kesadaran merek menjadi salah satu hal penting yang patut diperhatikan oleh bisnis atau perusahaan untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggannya.

Di sisi lain, pelanggan yang sudah mempercayai suatu merek umumnya akan cenderung melakukan pembelian dengan sedikit pertimbangan atau bahkan tanpa pemikiran sebelumnya. Ini kemudian dapat menjembatani kesenjangan antara kepercayaan dan loyalitas dalam bisnis.

– Menciptakan Brand Association

Kesadaran merek yang tepat dapat menciptakan brand association untuk pelanggan. Brand association sendiri merupakan istilah yang mengacu pada segala sesuatu yang melekat dalam ingatan tentang suatu merek.

Misalnya adalah air mineral, orang Indonesia cenderung menyebutkan “Aqua” yang merupakan merek air mineral dibandingkan dengan istilah air mineral ketika mereka ingin membeli air mineral kemasan.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda pemilik bisnis atau marketer untuk membangun kesadaran merek yang tepat, agar pelanggan Anda dapat mengasosiasi merek tersebut dalam ingatan mereka.

– Membangun Ekuitas Merek

Ekuitas merek merupakan nilai tambah yang diberikan oleh pelanggan atas pengalaman dan persepsi keseluruhan dari suatu merek. Apabila pelanggan memiliki pengalaman dan persepsi merek yang positif, maka ekuitas merek juga akan menjadi positif, begitu juga sebaliknya.

Oleh sebab itu, kesadaran merek yang baik sangat dibutuhkan untuk membangun ekuitas merek yang positif dari pelanggan Anda. Dengan demikian, pelanggan akan dengan mudah mengenali merek Anda, menyukainya, dan membangun loyalitas terhadap merek bisnis Anda.

Bagaimana Cara Membangun Brand Awareness?

Setelah mengetahui pengertian dan tujuan brand awareness, kini saatnya untuk mengetahui bagaimana cara membangun kesadaran merek yang tepat untuk bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk membangun fondasi brand awareness yang kuat.

1. Membuat Brand Personality

Ilustrasi Membuat Brand Personality

Cara pertama untuk membangun brand awareness adalah dengan menempatkan bisnis sebagai pribadi, bukan sebagai perusahaan. Sama halnya ketika Anda ingin berkenalan dengan seseorang, Anda mungkin ingin mengetahui lebih banyak tentang kepribadian mereka, seperti apa yang mereka suka dan tidak suka, hobi, dan sebagainya.

Selain itu, Anda mungkin juga akan mencari tahu bagaimana mereka berbicara, apa yang mereka suka bicarakan, dan hal apa saja yang membuat mereka bersemangat. Hal-hal tersebut biasanya menjadi acuan apakah Anda akan cocok dengan orang tersebut atau tidak.

Hal yang sama juga berlaku untuk sebuah merek, pelanggan Anda mungkin akan mencari tahu apakah kepribadian bisnis Anda sama dengan kepribadian mereka.

Untuk itu, Anda harus mendefinisikan diri Anda lebih dari sekadar sebuah perusahaan atau bisnis yang menjual barang saja. Anda harus menunjukkan brand personality yang sesuai dengan target audiens Anda.

2. Memilih Gambar atau Simbol yang Mewakili Merek

Ilustrasi memilih gambar atau simbol yang mewakili brand awareness

Saat berbicara gambar atau simbol, Anda mungkin akan teringat dengan logo. Namun, ini tidak hanya tentang logo yang tepat saja. Ini juga terkait dengan berbagai gambar atau simbol yang Anda pilih untuk mempromosikan atau menggambarkan merek Anda.

Misalnya adalah gambar apel yang digigit, Anda mungkin akan langsung teringat dengan merek Apple bukan? Atau tanda centang yang mengingatkan Anda dengan logo Nike?

Pemilihan gambar dan simbol merek-merek tersebut membantu audiens mereka dengan mudah mengenali produk dari merek mereka.

Untuk itu, sangat penting bagi Anda memilih gambar atau simbol yang dapat mewakili merek bisnis Anda.

3. Membuat Slogan Pendek yang Menarik

Membuat Slogan Pendek yang Menarik

Selain gambar dan simbol, slogan juga menjadi salah satu hal penting yang dapat Anda gunakan untuk membangun kesadaran merek bisnis Anda.

Misalnya adalah slogan “i’m lovin’ it” yang akan langsung mengingatkan Anda dengan merek restoran ayam cepat saji yang terkenal dengan logo huruf M-nya, yaitu McDonald’s. Atau slogan “Just Do It” dari merek pakaian olahraga ternama Nike.

4. Melakukan Sosialisasi

Melakukan Sosialisasi Adalah Cara Membangun Brand Awareness

Bersosialisasi merupakan hal penting yang harus Anda lakukan ketika ingin membangun brand awareness merek Anda. Anda bisa melakukan sosialisasi dengan memposting hal-hal yang berkaitan dengan produk atau layanan Anda di media sosial.

Kemudian, Anda juga bisa berinteraksi dengan audiens Anda dengan mengajukan pertanyaan, mengomentari postingan, atau me-repost atau retweet berbagai konten yang Anda suka.

Hal ini juga diperkuat dengan penelitian yang menunjukkan bahwa lebih dari 50% reputasi merek berasal dari keramahan online. Untuk itu, bersosialisasi dapat membantu mengarahkan Anda pada brand awareness yang lebih besar.

5. Menceritakan Sebuah Narasi

Ilustrasi Menceritakan Sebuah Narasi

Cara yang berikutnya adalah dengan membuat narasi seputar merek Anda. Narasi tersebut bisa menceritakan apapun, selama itu nyata dan tidak menggunakan fakta yang tidak benar.

Misalnya adalah dengan membuat narasi tentang bagaimana brand Anda dibangun, kisah tentang bagaimana Anda memiliki ide produk, atau kisah tentang bagaimana bisnis Anda bisa berhasil tumbuh dan bersaing.

Narasi ini dapat memberikan dampak yang nyata bagi kesadaran merek Anda. Ini karena orang-orang suka mendengar cerita tentang satu sama lain. Menceritakan kisah Anda dapat membuat merek Anda menjadi lebih dekat dengan audiens Anda.

6. Mempermudah Sharing

Mempermudah Sharing Adalah Cara Membangun Brand Awareness

Apa pun industri atau strategi pemasaran Anda, Anda perlu mempermudah audiens Anda untuk membagikan konten Anda, baik itu artikel blog, konten video, postingan media sosial, atau bahkan halaman produk sekali pun.

Ini karena pemasaran pemasaran dari mulut ke mulut menjadi salah satu cara paling efektif untuk membangun kepercayaan dan keakraban yang ada di antara pelanggan.

Seorang pelanggan akan cenderung lebih tertarik dan percaya dengan produk atau layanan yang direkomendasikan oleh seorang teman atau keluarga.

Bagaimana Cara Meningkatkan Brand Awareness?

Apakah Anda sudah membangun brand awareness namun tidak mendapatkan timbal balik yang Anda inginkan? Mungkin ini saat yang tepat untuk meningkatkan brand awareness merek Anda!

Untuk meningkatkan kesadaran merek, Anda membutuhkan strategi yang kuat agar dapat menarik perhatian pelanggan Anda. Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan brand awareness bisnis Anda.

– Melakukan Kolaborasi

Salah satu cara yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan kesadaran merek adalah dengan melakukan kolaborasi. Anda dapat melakukan kolaborasi dengan artis, influencer, atau bahkan bisnis dan merek lainnya.

Hal ini dapat membantu Anda untuk memanfaatkan audiens pihak yang berkolaborasi dengan Anda untuk mengetahui keberadaan merek Anda dan apa produk yang Anda tawarkan di pasaran.

– Beriklan di Banyak Tempat

Membuat iklan di mana-mana menjadi salah satu cara terbaik yang dapat Anda gunakan untuk membuat orang-orang mengetahui merek Anda.

Anda bisa membuat kampanye iklan di media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook atau Meta, Twitter, dan lain sebagainya. Ini akan membantu orang-orang untuk mengetahui keberadaan merek Anda dengan mudah.

Selain melakukan iklan secara online, Anda juga dapat memasang iklan billboard yang terletak di berbagai sudut strategis, seperti persimpangan jalan, lampu merah, area publik, transportasi publik, atau gedung-gedung tinggi yang memiliki digital billboard.

– Menggunakan Brand Ambassador

Selain kedua cara di atas, Anda juga bisa menggunakan brand ambassador yang menjadi wajah atau maskot merek bisnis Anda. Misalnya seperti menyewa aktor, tokoh ternama, atau influencer untuk mewakili perusahaan atau bisnis Anda.

Namun, Anda perlu memastikan bahwa ambassador yang Anda pilih memiliki citra atau kepribadian yang sesuai dengan visi, misi, dan nilai perusahaan Anda. Sehingga ini dapat membantu Anda untuk meningkatkan kesadaran merek bisnis Anda.

Ini Contoh Brand Awareness yang Perlu Anda Ketahui!

Apakah Anda masih bingung tentang apa itu brand awareness? Jika iya, Anda tidak perlu khawatir, contoh-contoh brand awareness dari beberapa merek di bawah ini dapat membantu Anda lebih memahami apa itu brand awareness dan bagaimana cara penerapannya.

1. Kylie Cosmetics

Untuk Anda pecinta makeup mungkin sudah tidak asing lagi dengan merek satu ini bukan? Yap, Kylie Cosmetics merupakan merek produk kecantikan milik Kylie Jenner, salah satu artis ternama dan terpopuler di dunia saat ini.

Tak kalah dengan pemiliknya, Kylie Cosmetics juga menjadi salah satu merek kecantikan populer dunia. Saat ini Instagram Kylie Cosmetics sendiri sudah memiliki 25,4 juta followers sejak awal perilisannya di tahun 2015.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa kepopuleran merek ini tidak dikenal oleh banyak orang dalam waktu semalam saja. Kylie membangun brand awareness mereknya dengan memposting produk kecantikannya di media sosial.

Selain itu, dia juga membagikan kisah pembangunan merek tersebut melalui reality show ‘Keeping Up With The Kardashians’ dan channel YouTube miliknya.

Di sisi lain, ia menjadikan dirinya sendiri sebagai brand ambassador yang dapat sangat berpengaruh. Salah satu produknya yang hampir selalu habis dalam waktu singkat adalah Lip Kits & Sets, yang sering ia promosikan sendiri di akun media sosialnya.

2. Indomie

Contoh berikutnya datang dari salah satu merek makanan instan ternama Indonesia, yaitu Indomie. Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan merek mie instan satu ini bukan?

Di tengah kerasnya persaingan pasar, Indomie tetap dapat bersaing dengan merek-merek mie instan lainnya. Cita rasa Indomie yang tetap mendapatkan tempat tersendiri di ingatan penikmatnya.

Selain cita rasanya yang nikmat, Indomie juga memiliki brand awareness yang tepat. Meskipun bukan pelopor mie instan di Indonesia, namun hingga saat ini banyak orang yang masih menjadi pelanggan setianya, bahkan di tengah banyaknya merek-merek mie instan lainnya.

Di sisi lain, Indomie juga memiliki slogan khas yang selalu mengingatkan penggemarnya dengan cita rasanya yang nikmat, yaitu “Indomie, seleraku”.

Kembangkan Brand Awareness Bisnis Anda dan Tingkatkan Penjualan!

Qontak.com

Brand awareness menjadi salah satu strategi pemasaran yang patut diperhatikan dan diterapkan. Dengan brand awareness yang baik, anda dapat memasarkan, mempromosikan, dan meningkatkan penjualan.

Selain menggunakan strategi brand awareness, Anda juga dapat meningkatkan penjualan bisnis Anda menggunakan aplikasi marketing terbaik yang dapat memudahkan Anda dalam melakukan pemasaran. Salah satu penyedia aplikasi marketing terbaik di Indonesia adalah Qontak.com.

Qontak.com menyediakan aplikasi marketing yang terintegrasi dengan CRM dan Omnichannel. Aplikasi CRM Qontak.com dapat dengan mudah digunakan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis Anda.

Adapun hingga saat ini Qontak.com telah membantu lebih dari 1000 perusahaan meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan mereka.

Jadi tunggu apalagi coba gratis aplikasi CRM gratis selama 14 hari dari Qontak.com, atau konsultasikan kebutuhan bisnis Anda bersama tim support Qontak.com.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form coba gratis dibawah ini:

0 comments

By