Qontak WhatsApp

Branding dan Marketing, Apa Perbedaannya?

Color in Branding

Mengenal Perbedaan Branding dan Marketing

Branding dan marketing sangat erat hubungannya dalam pemasaran bisnis. Karena terlalu erat kaitannya, keduanya seringkali disalah artikan dan dianggap hal yang sama, padahal keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Branding adalah nama bisnis atau perusahaan. Sementara marketing adalah strategi bisnis untuk membangun nama tersebut. Simak penjelasan perbedaan branding dan marketing selengkapnya pada artikel di bawah ini:


Apa itu Branding dan Marketing?

Branding dan marketing adalah strategi yang dilakukan bisnis untuk mengenalkan citra atau merek mereka. Sementara branding adalah strategi jangka panjang untuk membangun kesadaran pelanggan tentang suatu produk, citra, layanan, atau kesan baik. Sedangkan marketing adalah strategi turunan dari branding dalam waktu pendek dan temporal.

Membangun citra baik, sangat penting bagi bisnis. Dimana seseorang biasanya akan mengingat bagaimana pengalamannya saat berinteraksi dengan brand tersebut. Oleh karenanya bisnis tidak bisa hanya menargetkan marketing jangka pendek saja, melainkan jangka panjang pula jika ingin bisnisnya bertahan lama.


Apa Perbedaan Branding dan Marketing?

Branding dan marketing kerap sekali dihubungkan, hingga sering dianggap sama. Padahal keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Membangun Branding atau citra merek adalah sebuah tahapan yang bertujuan mengenalkan merek dengan memberi ketetapan tentang karakteristik sebuah brand. Cara branding membangun merek melalui  nama brand, logo, pemilihan warna, jingle, tagline, aroma yang khas dan banyak lagi. Dimana semua elemen tersebut memiliki visi dan pesan yang selaras.

Citra brand dibutuhkan sebagai pembeda dengan kompetitor. Meski produk yang ditawarkan telah banyak dijual dipasaran. Selain itu, branding juga berguna untuk kebutuhan promosi dan menciptakan produk yang memiliki daya tarik tertentu. Citra brand yang kuat pada akhirnya dapat menjadi pengendali pasar. Sebab, konsumen akan cenderung memilih produk yang sudah dikenal.

Meski terkesan sama, dimana marketing juga bertujuan memperkenalkan produk atau jasa sehingga pelanggan tertarik. Namun dalam prakteknya, marketing lebih menekankan pada proses membuat pelanggan merespon kegiatan promosi. Itu sebabnya, marketing biasanya lebih to the point dibandingkan dengan branding

Perbedaan branding dan  marketing juga terlihat dari segi waktu. Marketing dibangun dengan instan, cukup dengan pamflet saja sudah bisa mengarahkan pelanggan untuk membeli. Berbeda dengan branding yang butuh waktu lama untuk stabil dan mendapat tempat di hati konsumen.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Apa Saja Unsur Penting yang Membangun Branding dan Marketing?

Dalam hal branding dan marketing, umumnya kita hanya mencari tahu dan mempelajari segala sesuatu tentang konsumen, entah dari kebiasaan hingga kesukaan. Hal ini tak terlepas pada tujuan awal, yakni agar strategi marketing dapat mencapai goal yang diinginkan.

Berikut unsur atau elemen penting yang perlu diperhatikan dalam membangun branding dan marketing adalah

1. Mengenalkan Nama Merek

Nama Merek Branding dan Marketing

Nama adalah hal pertama yang harus diperhatikan saat mulai melakukan branding. Tanpa sebuah nama, maka produk Anda tidak memiliki identitas yang menyulitkan mengenali produk Anda. Begitu juga saat melakukan pemasaran, Nama wajib selalu dilibatkan setiap Anda melakukan kegiatan marketing.

2. Menonjolkan Logo

qontak-logomark-branding dan marketing

Selain nama, biasanya bisnis memiliki logo tersendiri sebagai identitas. Pada kegiatan pemasaran, logo harus ditonjolkan sehingga meninggalkan kesan tak terlupakan bagi pelanggan.

3. Membuat Tampilan Visual Menarik

Tampilan visual Brandinf dan Marketing

Setiap kampanye yang dibuat harus menampilkan visual yang menarik banyak orang. Tampilan visual ini bisa diaplikasikan pada desain produk, desain kemasan, desain seragam, dan lain sebagainya dengan warna-warna yang cerah atau elegan. Tujuannya untuk menambah pencitraan terhadap sebuah produk.

4. Menunjuk juru bicara

Branding and Marketing Ambasador

Selain tampilan, komunikasi juga menjadi hal penting saat melakukan promosi. Gunakan juru bicara yang pandai mempengaruhi banyak orang. Anda dapat menunjuk orang tersebut brand ambassador, maskot, tokoh perusahaan, atau orang terkenal untuk meningkatkan pemasaran produk.

5. Menciptakan Slogan Unik

Branding dan Marketing kata-kata

Slogan yang cerdas akan meninggalkan kesan mendalam. Dalam proses pembuatan brand, gunakan kata- kata yang memiliki unsur ceria dan positif, mudah diingat, dan beda dari brand lain.


Bagaimana Branding Mendukung Kesuksesan Strategi Marketing?

Kunci kesuksesan dalam marketing adalah menemukan metode pemasaran yang meninggalkan kesan atau mempengaruhi pelanggan untuk melakukan sebuah action pada tempat dan momen yang tepat. Pada akhirnya action yang diharapkan adalah membeli produk barang atau jasa yang Anda tawarkan.

Pada hakikatnya branding dan marketing memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membangun kesuksesan dalam dunia bisnis  dan menciptakan bisnis yang bertahan lama. Keduanya harus bersatu dan memiliki visi misi yang sama. Bekerja sama untuk kesuksesan bisnis yang akan dibangun.

Dengan perkembangan teknologi saat ini. Anda bisa melakukan aktivitas keduanya dalam kanal digital. Branding marketing digital ini sudah banyak membantu bisnis melihat keberhasilan kampanye. Salah satunya adalah melalui aplikasi marketing dari Qontak.com. Dimana Qontak.com menghubungkan semua aktivitas yang dilakukan bisnis mulai dari sales, customer service hingga marketing. Semua aktivitas tersebut dapat terpantau jelas sehingga memudahkan Anda memantau keberhasilan branding yang Anda bangun.

Jadi, manfaatkanlah perkembangan teknologi tersebut untuk berkomunikasi mencapai tujuan branding marketing digital. Buatlah produk sebagus mungkin, dan inovatif, hingga masyarakat sangat cinta bahkan sangat butuh dengan produk yang kamu miliki.

Saya Mau Coba Gratis Qontak.com Sekarang!

atau

Saya Mau Bertanya Ke Sales Qontak.com Sekarang!


Jalin Hubungan Branding dan Marketing Anda Sekarang!

Seperti yang diketahui, branding dan marketing tidak bisa dipisahkan. Keduanya harus terhubung untuk meningkatkan perkembangan bisnis Anda. Cara paling mudah menghubungkan keduanya melalui branding marketing digital menggunakan Aplikasi marketing.

Qontak.com menyediakan aplikasi marketing yang terhubunh saluran bisnis penting lainnya, seperti WhatsApp atau sosial media karena dijalankan menggunakan sistem CRM Omnichannel. Selain itu, dengan menggunakan sistem CRM Qontak.com, Anda dapat mengoptimalkan dan mengotomatisasi penggunaan semua aplikasi bisnis Anda serta menyimpan dan mengolah datanya dalam satu platform. Hal ini tentu saja juga dapat meningkatkan kinerja tim marketing Anda.

Hubungi Qontak.com sekarang atau dengan mengisi form COBA GRATIS dibawah ini:

By