Qontak WhatsApp

Campaign Adalah: Pengertian, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Semua Hal Tentang Campaign!

Banyak pebisnis menerapkan berbagai macam campaign untuk memasarkan produknya. Namun pengertian hal ini secara spesifik sering kali tidak dipahami dengan baik. Padahal campaign adalah bagian strategi pemasaran yang harus difokuskan untuk memastikan peningkatan konversi pada bisnis. Sehingga seluruh pemahaman tentang kegiatan tersebut harus diketahui para pebisnis sebaik mungkin.

Oleh sebab itu artikel ini akan membantu memberikan informasi termasuk manfaat campaign maupun jenis campaign pada umumnya. Supaya setidaknya terdapat gambaran hal ini sebelum memastikan perencanaan campaign bisnis yang tepat. Agar lebih jelas, segera simak informasi yang tertera di bawah ini.

Image CTA for Campaign adalah

Pengertian Campaign

Campaign adalah upaya untuk mempromosikan produk pada konsumen melalui berbagai macam media. Misalnya saja menggunakan media internet, media massa, dan lain sebagainya.

Di satu sisi beberapa pengusaha mendefinisikan hal ini sebagai salah satu aktivitas yang merupakan proses untuk merencanakan hingga melaksanakan pemasaran sebuah produk.

Sementara hasil akhir yang ingin dicapai tentu saja untuk memberikan kesempatan bisnis berkembang lebih baik. Dengan kata lain campaign adalah bagian dari pemasaran produk itu sendiri.

Manfaat Campaign

Tentu saja ada banyak manfaat campaign yang bisa diperoleh para pebisnis yang melakukan aktivitas ini. Secara umum biasanya manfaat campaign terdiri dari poin-poin berikut ini.

– Membangun Brand Image

Salah satu manfaat yang bisa didapatkan yaitu membantu untuk membangun image dari brand produk yang dimiliki. Dengan melakukan aktivitas tersebut, tentunya brand dapat dikenal lebih luas di masyarakat dengan pandangan yang lebih baik. Sehingga makin banyak konsumen yang mempercayai brand tersebut.

Mendatangkan Konversi

Manfaat berikutnya dari campaign adalah untuk mendatangkan lebih banyak konversi dari konsumen.

Mengenalkan produk secara langsung dapat menimbulkan ketertarikan pada konsumen. Sehingga pada akhirnya melakukan konversi dapat berjalan lebih efektif. Akibatnya akan lebih mudah untuk membuat konsumen yakin dalam mendapatkan produk tersebut.

Meningkatkan Penjualan

Salah satu manfaat campaign adalah secara tidak langsung dapat membuat penjualan meningkat menjadi lebih baik. Sehingga di sisi lain hal ini dapat membantu memberikan peningkatan pendapatan bisnis yang lebih optimal.

Meningkatkan Loyalitas

Dengan melakukan campaign, maka hal ini juga dapat membantu untuk mempertahankan loyalitas konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Berkat melakukan pengenalan produk via campaign, umumnya konsumen dapat lebih yakin dan akhirnya bertahan untuk tetap loyal menggunakan produk tersebut. Sehingga dengan demikian campaign adalah salah satu langkah meningkatkan kesetiaan pelanggan terhadap produk dan merek yang ditawarkan.

Jenis Campaign

Adapun jenis campaign sendiri ada beberapa, sehingga mengetahui informasi tentang hal ini juga menarik untuk diketahui. Biasanya jenis campaign ini meliputi beberapa jenis yang tertera di paragraf berikut ini.

1. Brand Awareness Campaign

Jenis campaign yang pertama adalah brand awareness campaign. Di mana sesuai dengan kata-kata yang menyusunnya, hal ini berfokus untuk membantu konsumen mengenali produk dan merek yang dibangun lebih cepat.

Sehingga nantinya konsumen akan segera mengetahui brand pada produk tertentu sesuai yang dipromosikan.

2. Rebranding Campaign

Ada juga rebranding campaign yang berfokus pada produk yang diluncurkan ulang namun dengan brand berbeda. Melalui hal ini tentu saja membuat konsumen mengenali produk baru yang di-rebranding dengan baik. Sehingga nantinya penjualan tetap tinggi sesuai harapan meskipun diluncurkan dengan merek baru yang berbeda.

3. Marketing Campaign

Marketing campaign adalah salah satu strategi pemasaran untuk memastikan bahwa produk dikenali oleh para target konsumen dengan baik. Di mana hasil akhir yang diharapkan tentu saja konversi sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

4. SEO Campaign

Adapun jenis campaign berikutnya yaitu SEO campaign yang banyak dilakukan di dunia maya melalui mesin pencari. Sehingga nantinya konsumen yang mencari kata kunci tertentu akan menemukan produk yang ingin ditampilkan.

5. Referral Campaign

Kemudian juga ada referral campaign yang umumnya ditujukan pada konsumen via program referral. Sehingga dalam metode ini ada beberapa pihak yang mendapatkan keuntungan.

Contoh Campaign yang Sukses

Saat ini ada beberapa contoh campaign yang sukses di pasaran. Beberapa di antaranya cukup viral dan banyak dikenal oleh masyarakat luas. Hal ini menandakan bahwa aktivitas tersebut berhasil dan sesuai dengan ekspektasi bisnis yang diinginkan.

Adapun beberapa contoh campaign yang sukses tersebut adalah sebagai berikut.

– BTS Meal by McDonald

Pasti banyak yang masih ingat dengan keseruan campaign BTS meal yang dilakukan oleh McDonald Indonesia beberapa waktu yang lalu. Rupanya ini merupakan contoh campaign yang sukses di Indonesia. Di mana-mana penjualan BTS meal meledak hebat, bahkan banyak konsumen yang gagal mendapatkannya karena edisi terbatas.

Hebohnya lagi, beberapa orang menjual ulang produk tersebut dengan harga yang sangat tinggi. Sehingga tidak heran jika BTS meal by McDonald cukup viral dan berhasil menarik perhatian para penggemar BTS di Indonesia.

– Slogan Teh Botol Sosro

Pernah dengar “Apapun makanannya, minumnya teh botol Sosro”? Ini merupakan contoh campaign yang sukses berikutnya. Slogan ini sangat terkenal dan seketika langsung mengingatkan konsumen pada produk minuman yang satu ini.

Bahkan slogan tersebut memiliki banyak versi lainnya yang diplesetkan oleh beberapa orang. Namun tidak mengubah esensi masyarakat untuk kembali teringat pada produk minuman teh botol milik Sosro.

Cara Membuat Campaign

Setelah mendapatkan informasi menarik tentang campaign, tentu saja tidak heran jika banyak yang tertarik untuk mencoba membuatnya. Sebenarnya cara membuat campaign bukan hal yang sangat sulit. Beberapa langkah yang dapat dikerjakan untuk melakukan aktivitas ini antara lain sebagai berikut.

1. Menetapkan Tujuan

Menetapkan Tujuan

Cara membuat campaign pertama tentu saja menerapkan tujuan dari aktivitas campaign itu sendiri. Supaya nanti ke depannya dapat diperoleh hasil akhir sesuai dengan tujuan tersebut. Maka dari itu menetapkan tujuan adalah hal penting yang harus dilakukan pertama kali.

2. Melakukan Riset

Cara Membuat Campaign

Selanjutnya penting juga untuk melakukan riset yang tepat sebelum melaksanakan campaign. Supaya nantinya hal ini berhasil dan dapat meraih tujuan yang diinginkan sejak semula. Tanpa melakukan riset tentu saja sulit untuk mencari apa media yang tepat dan mana konsumen yang ingin ditargetkan pada akhirnya.

3. Mengadakan Campaign Secara Konsisten

Mengadakan Campaign Secara Konsisten

Ingatlah bahwa salah satu cara membuat campaign yang efektif adalah melakukan campaign tersebut secara konsisten. Jangan sampai melakukan dalam kurun waktu yang tidak sama dan berubah-ubah. Karena hal ini dapat membuat aktivitas campaign jauh dari kata efektif.

4. Melakukan Evaluasi

Cara Membuat Campaign

Terakhir harus selalu melakukan evaluasi terhadap aktivitas campaign yang telah dilakukan. Sehingga hal ini dapat memberikan masukan untuk aktivitas yang akan datang. Maka dari itu agendakan evaluasi berkala secara rutin saat melaksanakan program campaign produk.

Tips Membuat Campaign yang Efektif

Adapun untuk bisa membuat sebuah campaign yang berhasil tentu saja membutuhkan metode yang tepat. Oleh sebab itu diperlukan beberapa tips dalam menghasilkan hal ini.

Bukan hanya terbatas mengetahui cara membuatnya saja. Apalagi keberhasilan campaign adalah keberhasilan produk dan perusahaan juga. Sehingga tentu saja tips untuk menghasilkan campaign yang efektif diperlukan. Misalnya dengan jalan berikut ini.

  • Pilih campaign yang cocok, ini sangat penting. Sesuaikan dengan apa yang menjadi tujuan, strategi serta target konsumen dari produk yang ditawarkan. Supaya nantinya hal ini akan dapat membawa hasil sesuai kebutuhan dengan baik dan efektif.
  • Lakukan partnership dengan produk lain. Campaign adalah aktivitas yang tidak hanya dapat dilakukan seorang diri, melainkan bisa dilakukan via kolaborasi dengan merek yang lainnya. Bisa jadi dengan menggaet produk lain maka akhirnya campaign dapat berhasil secara maksimal.
  • Pastikan ukuran kesuksesan, setiap perusahaan atau merek memiliki parameternya sendiri. Sangat penting bagi pebisnis menetapkan tolok ukur ini sehingga dapat mengetahui apakah strategi yang telah diterapkan berhasil atau tidak.
  • Pastikan skala prioritas dari campaign yang dilakukan. Dengan demikian maka aktivitas tersebut akan dilaksanakan secara terfokus pada apa yang ingin diraih. Sehingga hal ini secara tidak langsung membantu keberhasilan campaign menjadi lebih efektif.

Tingkatkan Pemasaran Anda dengan Campaign Terbaik Sekarang!

Omnichannel CRM Qontak by Mekari

Dengan informasi di atas, tentu saja dapat disimpulkan bahwa campaign adalah sebuah proses yang cukup penting dalam berbisnis. Oleh sebab itu, memahami pengertian campaign hingga cara membuat campaign yang baik sangat penting. Sehingga nantinya diharapkan pebisnis bisa meraih kesuksesan melalui campaign produk yang tepat. Dengan demikian tentu secara tidak langsung mendorong usaha menjadi lebih meningkat.

Sementara itu, Anda dapat meningkatkan strategi campign dengan menggunakan Omnichannel CRM terbaik yang dapat memberikan Anda informasi berharga terkait prospek dan calon pelanggan potensial. Adapun salah satu penyedia Omnichannel CRM terbaik di Indonesia adalah Mekari Qontak.

Mekari Qontak telah dipercaya lebih 3000+ perusahaan untuk membantu mereka meningkatkan tahapan bisnis secara keseluruhan. Tidak hanya itu saja, Mekari Qontak juga telah tersertifikasi ISO 27001 untuk memastikan keamanan informasi data pelanggan.

Jadi tunggu apa lagi?Yuk, coba demo Aplikasi CRM Mekari Qontak dan dapatkan FREE TRIAL selama 14 hari sekarang!

Hubungi Mekari Qontak sekarang atau dengan mengisi form coba gratis di bawah ini:

0 comments

By